Sukses

Parenting

3 Pilihan Bacaan Doa Untuk Bayi yang Baru Lahir

Fimela.com, Jakarta Salah satu momen paling mengesankan dalam hidup seorang perempuan adalah melahirkan bayi yang telah dikandungnya selama 9 bulan. Pastinya momen tersebut sangat membahagiakan serta penuh harap bahwa bayi yang telah dilahirkannya kelak akan tumbuh menjadi anak yang sholeh dan berbakti pada orangtua.

Untuk menjadikan bayi yang baru lahir tumbuh besar sebagai anak yang sholeh maka, orangtua sepatutnya memberikan doa-doa yang baik. Doa tersebut diberikan ketika bayi baru saja dilahirkan. Bacaan doa bisa dilantunkan oleh kedua orangtua dan juga keluarga agar anak senantiasa mendapatkan kebaikan.

Doa – doa baik yang dilantunkan saat bayi baru lahir merupakan perwujudan sebuah harapan besar dari orangtua dan keluarga yang menginginkan agar dalam tumbuh kembang bayi selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Orangtua yang telah diberikan amanah berupa anak memiliki tanggungjawab besar untuk menjaga, merawat, dan mendidik anak dengan benar. Oleh karena itu, salah satu contoh menjaga anak ialah dengan membacakannya doa.

Adapun beberapa pilihan doa yang bisa dibacakan oleh orangtua untuk anaknya yang baru lahir. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 3 pilihan bacaan doa untuk bayi yang baru lahir. Simak semua pilihan doanya berikut ini.

Doa agar Anak Tumbuh Sehat

Pilihan bacaan doa yang pertama untuk bayi yang baru lahir ialah bacaan doa agar anak selalu tumbuh dengan sehat. Doa ini baiknya dibacakan oleh sang ibu sehingga akan lebih mudah diijabah atau dikabulkan. Berikut doa agar anak senantiasa tumbuh dengan sehat:

Allâhummaj’alhu bârran taqiyyan rasyîdan wa-anbit-hu fil islâmi nabâtan hasanan

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam Islam dengan pertumbuhan yang baik.”

Setelah membacakan doa ini, jangan lupa iringi juga dengan surat Al-Ikhlash dan Al-Qadr di telinga kanan bayi.

Doa agar Anak Dijauhkan dari Hal Buruk

Kedua, pilihan bacaan doa lainnya untuk bayi yang baru lahir ialah doa untuk memohon perlundungan agar anak selalu dalam lindungan Allah SWT dan dijauhkan dari hal-hal yang buruk. Dengan membacakan doa yang juga potongan dari Surat Ali Imran ini dapat membuat anak terjaga dari godaan setan yang terkutuk. Berikut bacaan doanya:

Wa innî u’îdzu bika wadzurriyyatahâ minasysyaithânir rajîm (Q.S. Ali Imran (3: 36))

Artinya:

“Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk.”

Seperti yang diketahui, hal-hal buruk akan selalu juga mengiringi kehidupan seseorang. Diharapkan dengan membacakan doa ini kelak anak dan orangtua akan selalu berada dalam perlindungan Allah SWT.

Membaca Surat Al-Fatihah

Terakhir, pilihan bacaan doa yang baik untuk anak ialah membacakan surat Al-Fatihah oleh kedua orangtuanya. Doa pembuka Al-quran, surat Al Fatihah juga bisa menjadi doa pembuka rezeki dan membawa kebaikan bagi kehidupan. Berikut bacaan surat Al-Fatihah:

Alhamdulillahi rabbil alamin. Arrahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin. Ihdinashirratal mustaqim. shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada Engkau-lah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau anugrahkan nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat. (QS Al Fatihah: 1-7)

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Penyebab Bayi Susah Tidur dan Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
Deretan Arti Nama Populer untuk Bayi Laki-Laki dan Perempuan