Sukses

Lifestyle

7 Manfaat Buah Kesemek yang Jarang Diketahui, Bisa Membantu Program Diet

Kamu pasti mendengar buah unik yang satu ini, buah kesemek atau yang memiliki nama latin Diospyros kaki ternyata merupakan buah dengan banyak manfaat dan khasiat. Buah kesemek kaya akan kandungan nutrisi sehingga manfaat buah kesemek amat baik untuk kesehatan.

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang paling umum adalah menyehatkan mata. Buah kesemek dengan berbagai manfaat ini berasal dari Tiongkok, dan mulai menyebar di seluruh penjuru Asia.

Buah ini dapat langsung dikonsumsi ketika matang, akan tetapi jangan lupa untuk mengolesi buah ini menggunakan garam agar rasa sepat pada buah hilang. Kesemek dapat ditemukan dengan mudah di daerah Sumatera Utara khususnya wilayah Brastagi, kemudian di Jawa Barat dan Jawa Jawa Timur, dan ditanam pada daerah-daerah tinggi seperti pegunungan.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas 7 manfaat buah kesemek yang jarang diketahui, salah satunya bisa membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Efektif dalam Mencegah Kanker Sekaligus Meningkatkan Aktivitas Metabolik

Manfaat buah kesemek yang pertama ialah dapat mencegah pertumbuhan kanker. Perlu diketahui bahwa buah kesemek banyak sekali mengandung antioksidan. Dengan kandungannya ini manfaat buah kesemek untuk kesehatan adalah berguna menjadi anti kanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Vitamin yang terkandung dalam kesemek yaitu A dan C dengan kadar cukup tinggi, didukung dengan senyawa fenolik yang berguna untuk mencegah banyak jenis kanker.

Tidak hanya itu saja, manfaat buah kesemek yang kedua dapat meningkatkan aktivitas metabolik karena mengandung unsur vitamin B kompleks yaitu asam folat dan tiamin. Unsur tersebut penting untuk bagian dalam metabolisme pada seluruh tubuh. Unsur ini akan memastikan sistem tubuh sudah berfungsi dengan benar, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat buah kesemek yang ketiga ialah dapat membantu menurunkan berat badan. Buah kesemek dengan berukuran sedang memiliki berat sekitar 168 gram dan mengandung karbohidrat sekitar 31 gram. Kesemek merupakan buah yang rendah kalori, sehingga manfaat buah kesemek untuk kesehatan sangat cocok dan ideal untuk dijadikan konsumsi ketika Anda sedang diet.

Keempat, manfaat buah kesemek yang lainnya ialah dapat menjaga kesehatan hati. Karena kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal adanya radikal bebas berbahaya dari oksigen. Antioksidan juga berfungsi dalam menurunkan efek bahan beracun serta mencegah kerusakan sel dalam tubuh, atau detoksifikasi pada hati.

Mengurangi Risiko Kolesterol dan Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Manfaat buah kesemek yang kelima ialah dapat menurunkan kadar risiko kolesterol dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah kesemek dapat mengurangi kadar kolestrol pada tubuh. Dengan mengonsumsi buah kesemek setiap hari secara teratur merupakan ide bagus untuk membantu mengurangi tingkat kolesterol.

Selanjutnya, manfaat buah kesemek yang keenam ialah kaya akan kandungan antioksidan. Menurut sebuah studi yang sudah dilakukan, jus kesemek kaya akan asam galat dan epicatechin gallate. Keduanya merupakan senyawa yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas berbahaya, sehingga akan mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko terserang penyakit kronis.

Menjaga Kesehatan Mata

Terkahir, manfaat buah kesemek yang ketujuh ialah dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini karena buah kesemek ternyata kaya akan vitamin A. seperti yang diketahui bahwa vitamin A sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata.

Setiap buah kesemek mampu menyediakan 55 persen vitamin A dari kebutuhan harian. Itu sebabnya penting mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin A, karena jika kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun di malam hari, mata kering, dan penyakit kronis mata lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading