Sukses

Lifestyle

Investasi adalah Bentuk Penanaman Modal untuk Mendapatkan Keuntungan, Pahami Jenisnya

Fimela.com, Jakarta Menurut KBBI, investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Misalnya, salah satu tujuan kamu berinvestasi adalah ingin membangun rumah, menyekolahkan anak, atau membuka usaha.

Investasi adalah penanaman dana atau aset yang dilakukan secara perorangan atau suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar nantinya. Kamu perlu memahami jenis dan manfaatnya agar tidak salah dalam penerapannya.

Investasi adalah penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Modal ini tidak melulu harus uang, namun juga bisa sumber daya yang lain. Investasi juga termasuk meluangkan atau mamanfaatkan waktu dan tenaga demi keuntungan di masa yang akan datang, contohnya investasi dengan bersekolah atau belajar.

Untuk kamu yang penasaran dengan investasi, berikut Fimela.com akan bagikan ulasannya lengkap beserta jenisnya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Investasi

Investasi adalah kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. Sederhanya, investasi adalah cara mengembangkan jumlah uang atau modal yang kamu miliki saat ini.

Secara umum investasi adalah meluangkan atau memanfaatkan waktu, uang atau tenaga demi keuntungan atau manfaat pada masa yang akan datang. Jadi, investasi adalah kegiatan membeli sesuatu yang diharapkan di masa yang akan datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi dari semula.

Jenis – Jenis Investasi

Setelah mengenali investasi adalah, selanjutnya kamu bisa mengenali beberapa jenis investasi. Ada dua golongan investasi yang dibagi berdasarkan jangka waktunya, yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek memungkinkan kamu sebagai penanam modal mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu satu tahun hingga tiga tahun. Jadi, kamu akan memperoleh keuntungan dengan cepat atau dalam jangka waktu yang cukup pendek. Namun, investasi jangka pendek juga memberikan untung yang lebih kecil.

Investasi jangka pendek cocok untuk kamu yang berencana pulang kampung dan ingin membeli segala akomodasi yang dibutuhkan, misalnya untuk membeli tiket, oleh-oleh, hingga mentraktir keluarga dan teman-teman.

Investasi adalah cara yang tepat juga agar kamu bisa berlibur ke tempat yang kamu inginkan. Ada berbagai instrumen investasi jangka pendek yang bisa kamu coba, yaitu investasi reksa dana dan investasi P2P Lending.

Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang beda dengan jangka pendek, investasi ini membutuhkan waktu lebih lama agar kamu mendapatkan hasilnya. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu tiga tahun, lima tahun, atau belasan hingga puluhan tahun yang akan datang. Namun, investasi jangka panjang ini juga akan memberikan hasil yang lebih besar dibandingkan investasi jangka pendek.

Investasi jangka panjang ini contohnya cukup banyak, seperti dana pensisun, investasi jangka panjang untuk dana pernikahan, hingga investasi saham. Selain saham, kamu juga bisa mencoba berinvestasi logam mulia seperti investasi emas batangan.

Menilik Manfaat Investasi

Investasi memiliki sejumlah manfaat, beberapa diantaranya ialah: 

Aset Bernilai Tetap Meski Sedang Inflasi

Manfaat investasi adalah aset kamu akan bernilai tetap walaupun sedang inflasi. Jika tidak berinvestasi dan menumbuhkan uang, kamu akan kehilangan uang seiring waktu. Hal ini disebabkan oleh inflasi.

Inflasi adalah kenaikan umum harga yang terjadi setiap tahun dan penurunan daya beli uang. Tingkat inflasi dapat bervariasi namun secara historis inflasi rata-rata sekitar 3%. Jika kamu menginvestasikan uang, kamu akan mendapatkan tingkat pengembalian rata-rata 7%, maka kamu akan tetap jauh di depan inflasi dan akan meningkatkan nilai uang.

Membangun Kekayaan

Investasi adalah cara membangun kekayaan. Ada seratus satu cara untuk berinvestasi dan menumbuhkan uang. Jika serius membangun kekayaan, maka kamu perlu membuat rencana investasi yang sesuai dengan tujuan kamu.

Investasi untuk Memenuhi Tujuan Keuangan Lainnya

Kamu juga dapat berinvestasi untuk memenuhi tujuan keuangan lainnya, seperti berinvestasi untuk dana kuliah anak. Ketika kamu memiliki tujuan jangka panjang sepuluh tahun atau lebih, masuk akal untuk menginvestasikan uang itu untuk membantu kamu mencapai tujuan lebih cepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading