Sukses

Lifestyle

7 Manfaat Hidup Rukun dalam Bermasyarakat, Ketahui Pengertian dan Bentuknya

Fimela.com, Jakarta Dalam bermasyarakat, kita mengenal adanya konsep hidup rukun antar sesama, hal ini karena hidup rukun antar masyarakat akan membuat hubungan sosial menjadi harmonis. Hidup rukun yang tercipta antar masyarakat dapat memunculkan bahkan meningkatkan rasa saling memiliki satu sama lainnya.

Manfaat hidup rukun yang tercipta di lingkungan masyarakat, ataupun lingkup kecilnya yakni keluarga membuat hubungan satu sama lainnya menjadi lebih harmonis. Manusia sendiri merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan bantuan baik dari keluarga dan juga masyarakat itu sendiri.

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan pasti membutuhkan bantuan dari masyarakat ataupun keluarga ketika tengah dihadapi masalah. Selain itu, manusia tentunya membutuhkan ruang untuk membagi cerita terkait kesedihan ataupun kebahagiaan yang tengah dialami. Oleh sebab itu manfaat hidup rukun dapat membantu satu sama lainnya dalam setiap kondisi.

Selain mengetahui manfaat hidup rukun, hidup rukun sendiri memiliki beberapa bentuk yang juga perlu untuk dipahami. Tak hanya di lingkungan masyarakat, hidup rukun juga memiliki tingkatannya masing-masing.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas 7 manfaat hidup rukun beserta pengertian dan bentuknya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Hidup Rukun

Sebelum menelaah lebih jauh tentang manfaat hidup rukun hingga bentuk-bentuknya, penting untuk kamu memahami pengertian dari hidup rukun itu sendiri. Hidup rukun adalah hidup yang saling hormat menghormati dan saling menyanyangi di antara sesama manusia. Hal ini dapat ditunjukan dari perilaku manusia itu sendiri terhadap manusia lainnya.

Kondisi kehidupan yang rukun akan tampak saling bahu membahu, saling tolong menolong, menjauhi perselisihan, menjauhi pertikaian. Kehidupan masyarakat penuh kedamaian dan ketentraman. Jika hidup rukun ini sudah tercipta dalam lingkungan masyarakat tentunya hubungan antar masyarakat terlihat damai dan sudah seperti keluarga sendiri.

Hidup rukun yang tercipta tentunya membuat kehidupan masyarakat menjadi tentram dan damai karena antar masyarakat saling memahami.

Ragam Bentuk Hidup Rukun

Beberapa contoh bentuk hidup rukun yang dekat dengan kehidupan dan lingkungan kita sehari-hari: 

1. Rukun Keluarga

Bentuk hidup rukun yang pertama yakni kerukunan dalam keluarga. Rukun keluarga ini yang menjadi pondasi dasar untuk bentuk kerukunan-kerukunan lainnya yang lebih besar. Hubungan antara ayah dan ibu yang harmonis, saling menghargai, saling memahami, saling melengkapi merupakan bentuk rukun keluarga. 

2. Rukun Tertangga

Bentuk hidup rukun selanjutnya yakni rukun tetangga. Rukun tetangga ini juga sebagai dasar pembentukan kerukunan berskala besar selanjutnya. Kerukunan tetangga bisa dilihat dari hubungan saling menghormati antara tetangga satu dengan lainnya. 

3. Rukun Warga

Tingkatan bentuk hidup rukun ini tentunya akan membantu kamu lebih memahami tentang makna hidup rukun itu sendiri. Adanya kerukunan antar tetangga yang kuat akan membentuk kerukunan warga. Hubungan antar warga masih terjalin kuat sehingga kerukunan yang tercipta juga kuat. 

4. Rukun Desa

Apabila hidup rukun antar desa sudah tercipta tentunya akan membuat antar desa atau kampung bisa saling menghormati dan saling tenggang rasa. Dengan demikian, jauh dari kasus tawuran antar kampung, misalnya.

5. Rukun Sekolah

Kerukunan yang tercipta karena adanya kesamaan visi misi dalam hal pendidikan. Dengan adanya hubungan yang saling harmonis dan saling mendukung menjadikan visi dan misi institusi sekolah bisa tercipta.

6. Rukun Tempat Kerja

Kerukunan yang tercipta di tempat kerja tentunya akan membuat seseorang merasa nyaman di tempat kerjanya. Bentuk rukun ini juga tercipta karena adanya kesamaan visi dan misi di tempat kerja. Saling kerja sama yang baik dibutuhkan supaya mencapai tujuan perusahaan. Salah satu cara untuk mencapai tujuannya yaitu dengan terciptanya kerukunan antar individu yang ada  di dalamnya.

7. Rukun Alam

Bentuk hidup rukun selanjutnya yakni rukun alam. Bila ada kerukunan yang baik antara manusia dengan alam akan tercipta lingkungan dan ekosistem yang sehat.

8. Rukun Beragama

Bentuk kerukunan hidup beragama tak hanya untuk yang seiman saja, tapi juga yang memiliki keyakinan lain. Saling memahami perbedaan agama dan keyakinan merupakan pondasi dasar hidup rukun beragama. Sikap toleransi dengan agama dan keyakinan lain juga menjadi pondasi dasar hidup yang rukun.

Nilai - Nilai Hidup Rukun

Setelah menelaah tentang pengertian hingga bentuk hidup rukun itu sendiri, berikut ini ulasan mengenai nilai-nilai yang tercipta dari hidup rukun tersebut.

1. Kebersamaan

Nilai kebersemaan akan terlihat sangat jelas hal tersebut dapat dilihat dari kekompakan dalam bertindak antara tiap tiap individu dengan individu yang lain. Adanya rasa saling memiliki dan juga rasa saling senasib sepenanggunan.

2. Kekuatan

Nilai hidup rukun selanjutnya yakni kekuatan. Hidup rukun akan memperlihatkan nilai kekuatan yang sangat besar. Bersatunya dua atau lebih komponen akan membuat kekuatan yang besar. 

3. Toleransi Tinggi

Nilai hidup rukun berikutnya yakni terciptanya toleransi yang tinggi. Menunjukkan toleransi tinggi akan membuat seseorang memahami tiap-tiap perbedaan dari tiap individu tentu hal tersebut akan memiliki perbedaan kepribadian unik. Hal ini akan membuat kita tidak akan memandang suatu perbedaan.

4. Persatuan

Mununjukkan nilai persatuan serta kesatuan yang kuat di antara komponen-komponen yang terdapat di dalamnya. Nilai persatuan dan juga kesatuan ini tentu menjadikan jati diri masyarakat dan bangsa.

5. Asah, Asih, Asuh

Nilai hidup rukun selanjutnya yakni asah, asih, dan asuh. Nilai asah, asih, dan asuh tersebut akan tercipta dengan sendirinya karena setiap individu akan merasa saling membutuhkan antara satu dengan yang lain.  Saling dapat mengasuh dan mengkoreksi di antara individu.

Manfaat Hidup Rukun

Ada beberapa manfaat hidup rukun yang didapatkan dan dirasakan oleh masyarakat jika hidup rukun ini tercipta.

1. Menghasilkan Komunikasi yang Baik

Manfaat hidup rukun yang pertama yakni menghasilkan komunikasi yang baik. Kerukunan di dalam suatu keluarga maupun masyarakat sendiri bisa dibangun secara sederhana yaitu dengan komunikasi yang baik, untuk menjaga hubungan kekeluargaan. Komunikasi yang baik akan menghindari adanya pertengkaran. Pertengkaran sendiri merupakan suatu hal yang sangat tidak nyaman untuk semua pihak terutama, jika itu terjadi dalam keluarga dan masyarakat.

Oleh sebab itu penting untuk menjaga komunikasi antar masyarakat agar terciptanya saling memahami. Menjaga lisan juga sangat penting agar tidak timbul rasa sakit hati diantara masyarakat. Lisan kerap menjadi salah satu timbulnya perselisihan.

2. Keadaan Lebih Aman

Manfaat hidup rukun yang selanjutnya yakni terciptanya keadaan yang lebih aman dan tentram antar masyarakat. Apabila hidup rukun dan saling memahami antar masyarakat sudah tercipta, tentunya akan membuat keadaan menjadi lebih aman dan tentram karena tidak adanya pertengkaran.

Jika kita hidup menjaga hubungan baik, tentu saja tidak ada ancaman dari pihak lain. Hal tersebut karena hubungan baik itu sendiri akan memberikan dampak yang sangat positif di dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Mempererat Tali Persatuan

Manfaat hidup rukun yang selanjutnya yakni mempererat tali persatuan. Hidup rukun yang sudah tercipta tentunya membuat satu dengan yang lainnya merasa saling memiliki. Hal tersebutlah yang kemudian mempererat tali persatuan itu sendiri. Manfaat hidup rukun akan memperkokoh hubungan dan juga kesatuan antar masyarakat. Hidup dengan tentram bersama keluarga dan juga masyarakat tentu saja akan memberikan banyak manfaat dan juga kebahagiaan.

4. Kehidupan Lebih Harmonis

Manfaat hidup rukun selanjutnya yakni menciptakan kehidupan yang lebih harmonis. Hidup rukun dalam menjalani kehidupan akan membuat keadaan menjadi lebih harmonis. Hubungan keluarga dan juga masyarakat yang baik tentu saja nantinya akan memberikan hasil yang sangat baik, sehingga jika suatu saat menghadapi masalah keluarga akan sangat senang untuk membantunya.

semua orang akan memiliki kesadaran untuk membantu orang lain jika hubungan komunikasi yang sudah baik dan juga kehidupan harmonis baik dengan keluarga maupun masyarakat.

5. Menghindari Perselisihan

Manfaat hidup rukun yang selanjutnya yakni menghindari perselisihan. Kehidupan yang rukun dalam keluarga dan bermasyarakat akan menghindari perselisihan. Perselisihan pada dasarnya dimulai dari kesalahpahaman antar keluarga maupun masyarakat sehingga nantinya akan menimbulkan komunikasi yang tidak baik, yang menjadi penyebab munculnya perselisihan. Jika ini sudah terjadi, maka nantinya kehidupan pun menjadi kurang rukun sehingga jika terdapat suatu masalah kecil akan menjadi besar.

Oleh sebab itu penting untuk menjaga komunikasi dan menciptakan hidup rukun agar terhindar dari perselisihan yang dapat menyebabkan perpecahan dalam keluarga ataupun bermasyarakat.

6. Memiliki Banyak Teman

Manfaat hidup rukun berikutnya yakni membuat seseorang akan memiliki banyak teman dan relasi. Teman yang baik tentunya akan membantu kamu ketika sedang dalam kesusahan. Hubungan yang damai ini, menciptakan suasana keakraban dengan siapapun, sehingga akan mudah memiliki teman.

Kerukunan sendiri merupakan salah satu perilaku yang mana mencerminkan tentang adanya saling pengertian agar nantinya tercipta perdamaian, persaudaraan dan juga persahabatan. Dengan demikian hal ini akan memberikan kesan yang lebih baik di dalam suatu keluarga serta masyarakat itu sendiri.

7. Menciptakan Kemakmuran

Manfaat hidup rukun berikutya yakni dapat menciptakan kemakmuran. Baik itu kemakmuran untuk diri sendiri, orang lain, dan lain sebagainya. Hal tersebut karena mereka akan fokus pada pembenahan serta juga perbaikan-perbaikan yang akan terus menerus supaya kehidupan ini lebih baik dan juga sejahtera. Tidak terfokus pada kesalahan ataupun kekurangan tanpa memberikan solusi yang menyelesaikan suatu masalah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading