Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Push Up untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Salah satu olahraga yang mudah dilakukan setiap saat adalah push up. Karena push up bisa dilakukan dimana saja, tanpa menggunakan alat bantu olahraga atau menggunakan tempat yang khusus.

Push up adalah olahraga yang bisa dilakukan perempuan atau laki-laki, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit dan meningkatkan energi untuk beraktivitas harian.

Olahraga ini termasuk salah satu jenis senam kekuatan, yang bisa membantu menguatkan otot bisep dan trisep. Rutin melakukan push up setiap hari juga bisa memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat push up yang lainnya, dilansir dari berbagai sumber:

Jenis Push Up

Wall Push Up

Jenis push up yang pertama adalah wall push up. Berbeda dengan push up yang biasanya, wall push up dilakukan dengan posisi tubuh menghadap ke dinding dan kedua tangan digunakan untuk mendorong badan ke dinding. Gerakan wall push up memerlukan kekuatan otot tangan, otot perut dan otot bahu.

Intermediate Push Up

Intermediate push up adalah push up dengan posisi berlutut, dengan bentuk tubuh tengkurap tetapi tumpuannya ada di lutut kaki. Untuk melakukan push up ini, kamu bisa mendorong tubuhmu ke arah lantai dengan posisi 90 derajat.

Advanced Push Up

Advanced push up adalah bentuk push up yang sempurna. Push up ini dilakukan dengan tangan terbuka sejajar dengan bahu, kemudian bertumpu pada ujung kaki yang lurus.

Cara Push Up yang Benar

Wall Push Up

Cara melakukan wall push up adalah dengan berdiri menghadap ke dinding, dengan jarak tubuh dan dinding kurang lebih 90cm hingga 120cm. Biarkan tangan di dinding dan tubuh condong ke depan, lalu tekuk kedua siku dengan mendekatkan tubuh ke arah dinding secara perlahan, kemudian dorong tubuh untuk menjauh dari dinding dengan posisi tangan lurus.

Intermediate Push Up

Untuk melakukan intermediate push up, letakkan telapak tangan dan lutut ke matras. Posisikan telapak tangan ke bagian depan dan silangkan betis lalu angkat telapak kaki dari lantai. Kemudian luruskan punggung dan turunkan tubuh atas ke lantai hingga siku berbentuk segitiga. Setelah itu angkat kembali tubuhmu dengan posisi tangan lurus.

Advanced Push Up

Advanced push up bisa dilakukan dengan cara posisi tubuh tengkurap, dengan meletakkan kedua telapak tangan di bawah ketiak, lalu kaki lurus ke belakang dengan tumpuan ujung kaki. Angkat tubuh dengan tangan hingga berbentuk seperti papan, lalu turunkan tubuh dengan posisi tangan berbentuk segitiga.

Manfaat Push Up untuk Kesehatan

Menguatkan Otot Bahu dan Tangan

Manfaat push up yang pertama adalah membantu menguatkan otot bagian bahu, trisep dan bisep, karena tumpuan push up ini ada di tangan.

Saat melakukan gerakan push up, tubuh melibatkan banyak otot yang bekerja secara bersamaan seperti otot dada, lengan, punggung, pinggul dan kaki. Sehingga membantu mengencangkan otot, membuat otot lentur dan meringankan gerakan tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Push up juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung, karena rutin melakukan push up bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, mengontrol tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian, orang yang melakukan 40kali push up bisa terhindar dari penyakit jantung sebanyak 96%. Tetapi kalau kamu hanya bisa push up sebanyak 11 kali, bisa membantumu terhindar dari penyakit jantung sebanyak 64%.

Mengontrol Hormon

Hormon adalah zat yang penting di dalam tubuh, yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan sel tubuh, mengendalikan organ di dalam tubuh dan metabolisme tubuh.

Namun seiring bertambahnya usia, produksi hormon di dalam tubuh akan semakin berkurang. Rutin melakukan push up bisa membantu mengontrol produksi hormon di dalam tubuh, yang penting untuk membesarkan otot.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat push up yang selanjutnya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga orang yang rajin melakukan push up, akan terhindar dari penyakit yang menyerang tubuh yang disebabkan oleh virus.

Menghilangkan Stres

Manfaat yang terakhir adalah membantu menghilangkan stres. Karena olahraga bisa meningkatkan hormon endorfin, yang bisa membuat suasana hati seseorang terasa lebih bahagia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading