Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Noda Bekas Adonan Kue

Fimela.com, Jakarta Memasak adalah kegiatan atau hobi yang sangat menyenangkan, apalagi jika memasak kue dengan kreasi yang bermacam-macam. Memasak kue juga bisa dilakukan bersama anak-anak.

Adonan kue terbuat dari berbagai macam bahan, serta menggunakan peralatan baking yang bermacam-macam. Namun sayangnya, adonan kue sering menempel di alat masak, dan jika tidak segera dihilangkan bisa menyebabkan jamur.

Sebagian orang memilih untuk menggosok noda kue dengan benda yang tajam, seperti pisau, garpu atau sabut besi untuk mencuci piring. Benda tajam ini kurang efektif kalau digunakan untuk menghilangkan noda bekas adonan kue di loyang atau alat masak lainnya, karena bisa merusak lapisan alat masak dan menjadi kurang bagus jika digunakan untuk membuat kue.

Untuk menghindari kerusakan alat masak akibat noda kue, berikut cara menghilangkan noda bekas adonan kue, dilansir dari berbagai sumber:

 

Baca juga:

 

1. Amonia

Cara menghilangkan noda bekas adonan kue yang pertama adalah dengan amonia. Amonia adalah zat kimia yang biasanya digunakan sebagai obat-obatan, asam nitrat, zat pendingin dan bisa digunakan untuk mencuci alat masak.

Menggunakan amonia untuk menghilangkan noda bekas kue harus sangat berhati-hati. Jika amonia mengenai kulit tangan, maka akan menyebabkan luka bakar yang ringan dan radang dingin pada kulit. Sehingga saat membersihkan amonia ini, harus menggunakan sarung tangan dan jangan sampai terkena kulit.

Cara menggunakan amonia adalah mencampurkan air dan amonia, lalu rendam loyak atau alat masak yang terkena bekas adonan kue semalaman. Kemudian bilas alat masak dengan sabun dan air hangat.

 

Baca juga:

 

2. Baking Soda dan Cuka

Selain bisa digunakan untuk membuat kue, ternyata baking soda atau soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda bekas adonan kue, yang menempel pada loyang atau alat masak.

Bahkan cuka yang biasanya digunakan untuk penyedap rasa pada makanan, juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda bekas adonan kue. Hal ini disebabkan karena zat yang terkandung di dalam baking soda dan cuka, bisa membantu mengangkat noda membandel dan membersihkan alat masak dari bakteri atau jamur yang menempel.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup mencampur cuka dengan baking soda sampai membentuk pasta, lalu oleskan pasta ke noda bekas adonan kue dan biarkan semalaman. Kemudian cuci dengan sabun dan air hangat di keesokan harinya.

 

Baca juga:

 

3. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida yang memiliki rumus H2O2, merupakan zat kimia berwarna biru muda ini, yang biasanya digunakan sebagai disinfektan dan untuk membersihkan luka.

Zat kimia yang biasanya mudah ditemukan di apotek ini, ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda bekas adonan kue yang menempel di alat masak, jika hidrogen peroksida dicampurkan dengan baking soda.

Cara menggunakannya yaitu menaburkan baking soda ke alat masak, kemudian semprotkan hidrogen peroksida sampai baking soda menjadi pasta. Biarkan semalaman, lalu bilas dengan air panas dan sabun cuci.

4. Pembersih Oven

Cara menghilangkan noda bekas adonan kue yang mudah, yaitu menggunakan cairan khusus pembersih oven. Cairan pembersih oven ini biasanya digunakan untuk mengangkat minyak yang menempel di oven.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu hanya menyemprotkan cairan ke loyang atau alat masak yang terdapat noda adonan kue yang menempel. Kemudian diamkan selama 30 menit, gosok dengan spons yang tidak terlalu kasar, bilas dengan air hangat dan sabun cuci piring.

5. Saos Tomat

Saos tomat adalah bahan makanan yang memiliki rasa manis campur asam. Berbeda dengan saos yang lainnya, saos tomat ini juga bisa digunakan untuk membersihkan loyang atau alat masak, yang habis digunakan untuk membuat adonan kue.

Kandungan asam yang terdapat di dalam saos tomat ini, mampu mengangkat noda bekas adonan kue yang menempel, serta menghilangkan jamus dan bakteri yang ada di loyang atau alat masak.

Cara menghilangkan noda bekas adonan kue dengan saos tomat, yaitu dengan mengoleskan saos tomat ke area yang terdapat noda adonan kue, biarkan semalaman dan bilas di keesokan harinya.

 

Baca juga:

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading