Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Aromaterapi yang Bisa Membantu Menghilangkan Stres

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini aromaterapi sangat digemari banyak orang. Karena aromaterapi memiliki aroma yang menenangkan dan menyegarkan, yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Aromaterapi memiliki beberapa jenis, mulai dari dupa, garam, sabun mandi, minyak esensial, minyak pijat dan lilin, yang aromanya ada bermacam-macam, seperti aroma bunga lavender, bunga kenanga, mawar, melati, daun mint, lemon, apel, daun sage dan lain sebagainya.

Aromaterapi ini bisa digunakan untuk wangi-wangian pakaian atau ruangan, dan juga bisa digunakan untuk bahan pembuatan skincare. Berikut manfaat aromaterapi yang perlu diketahui, dilansir dari berbagai sumber:

BACA JUGA

Manfaat Aromaterapi

Menurut beberapa penelitian, aromaterapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti menghilangkan stres, karena aromaterapi memiliki kandungan yang bisa menenangkan pikiran dan menaikkan suasana hati. Aromaterapi juga bisa meningkatkan kualitas tidur, sehingga gangguan tidur atau insomnia bisa teratasi.

Selain itu, aromaterapi juga bisa membantu meredakan rasa nyeri, yang disebabkan karena nyeri haid, migrain, meredakan mual, bahkan bisa membantu menyembuhkan nyeri akibat batu ginjal.

Aromaterapi juga bisa dioleskan ke kulit, karena memiliki sifat sebagai antiseptik, antimikroba dan antijamur. Aromaterapi memiliki manfaat untuk menyembuhkan jerawat dan mempercepat menutupnya luka.

Cara Kerja Aromaterapi

Aromaterapi berbentuk dupa, garam, sabun mandi, minyak esensial, minyak pijat dan lilin, dengan cara kerja yang berbeda-beda.

Aromaterapi ini mengeluarkan aroma yang berbentuk uap, yang bisa merangsang saraf hidung dan otak, sehingga bisa menaikkan suasana hati dan menenangkan pikiran.

Aromaterapi ini terbuat dari ekstraksi bahan-bahan alami yang terbuat dari tanaman, yang bekerja untuk menaikkan hormon serotonin, mengatur detak jantung dan melancarkan sistem pernapasan.

Kemudian cara kerja aromaterapi bisa dengan dioleskan ke kulit, yang membantu meredakan rasa gatal, meredakan peradangan kulit dan menghilangkan rasa nyeri.

Rekomendasi Minyak Aromaterapi

1. The Bathaholic Thyme Aromatherapy Pure Essential Oil

Rekomendasi minyak aroamterapi yang pertama adalah The Bathaholic Thyme Aromatherapy Pure Essential Oil. Aromaterapi ini terbuat dari daun thyme adalah salah satu jenis tanaman herbal, yang bisa mengobati rasa nyeri akibat haid dan menaikkan suasana hati. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 100ribuan.

2. Nusaroma Ginger Essential Oil

Nusaroma Ginger Essential Oil adalah minyak aromaterapi yang memiliki kandungan rempah-rempah, yang berfungsi untuk membantu meredakan sakit flu dan melancarkan sistem perenapasan. Minyak aromaterapi ini dijual dengan harga Rp 85ribuan.

3. Young Living Peppermint Essential Oil

Aromaterapi yang selanjutnya adalah Young Living Peppermint Essential Oil. Produk ini bisa menyejukkan ruangan, menghilangkan stres dan bisa membangkitkan semangat. Produk ini dijual dengan harga Rp 330ribuan.

4. Happy Green Lavender Essential Oil

Happy Green Lavender Essential Oil adalah aromaterapi yang diperkaya dengan kandungan bunga lavender, yang bisa membuat pikiran lebih tenang, tidur lebih nyenyak dan terhindar dari gigitan nyamuk. Aromaterapi ini dijual dengan harga Rp 140ribuan.

5. Darjeeling Coffee Essential Oil

Rekomendasi minyak aromaterapi yang terakhir yaitu Darjeeling Coffee Essential Oil. Minyak aromaterapi ini terbuat dari ekstraksi biji kopi, yang aromanya menenangkan dan menetralkan bau ruangan. Harga minyak aromaterapi ini sekitar Rp 120ribuan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading