Sukses

Lifestyle

7 Manfaat Kemangi yang Berkhasiat bagi Kesehatan Tubuh

Kemangi ternyata bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Kemangi merupakan jenis tumbuhan yang daunnya sering digunakan sebagai lalapan oleh masyarakat Indonesia.

Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Meski memiliki bau yang cukup kuat, kemangi ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.

Di dalam daun kemangi segar terkandung air, karbohidrat, antioksidan, protein, lutein, serat, dan zeaxanthin. Tak hanya itu, kemangi juga mengandung berbagai macam vitamin kalium, serta folat.

Lalu, apa sajakah manfaat kemangi bagi kesehatan? Berikut Fimela.com telah merangkum 7 manfaat kemangi yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kemangi dikatakan mampu membantu mencegah gejala yang timbul karena adanya luka di lambung. Kemangi juga dikatakan mampu menurunkan kadar asam lambung serta meningkatkan pelepasan lendir yang melindungi dinding lambung.

Efektif Mencegah Bau

Daun kemangi yang terkenal memeiliki aroma khas ini bisa membantu mencegah bau badan dan bau mulut. Mengonsumsi daun kemangi secara rutin dikatakan mampu mencegah badan mengeluarkan bau tidak sedap.

Jika tidak suka disantap secara langsung, kamu juga bisa membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari.

Mengobati Luka Infeksi

Sifat anti-bakteri yang dimiliki kemangi mampu membantu untuk mengobati luka infeksi. Menggunakan daun kemangi pada kulit sangat membantu bagi orang-orang yang mengalami eksim pada kulit.

Caranya dengan membuat pasta dari daun kemangi, yang dicampur dengan yoghurt murni lalu oleskan pada kulit yang terkena infeksi dan diamkan sampai kering sebelum dibilas.

Memiliki Sifat Anti-Radang dan Anti-Kanker

Kandungan antioksidan di dalam daun kemangi diduga berperan penting sebagai antiradang dan antikanker.

Selain itu, daun kemang juga memiliki zat yang membantu tubuh beradaptasi dengan hormon stres. Zat tersebut mampu membuat tubuh merasa rileks dan membantu mengatasi gangguan tidur.

Bisa Mencerahkan Wajah

Daun kemangi mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menjadikan kulit sehat dan cerah. Caranya, dengan membuat pasta dari ekstrak daun kemangi. Lalu, tambahkan satu sendok gliserin dan pijat wajah dengan masker ini setiap hari. Ulangi proses ini dua kali atau tiga kali sehari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah.

Mengendalikan Diabetes

Konsumsi kemangi secara rutin bida menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah. Minyak esensial terdapat dalam kemangi juga membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko terus-menerus di antara penderita diabetes.

Mengatasi Jerawat

Daun kemangi yang diubah menjadi minyak, dipercaya memiliki sifat anti-bakteri yang bisa menghambat tumbuhnya bakteri penyebab jerawat. Minyak kemangi yang dicampurkan dengan bahan lain seperti ekstrak lemon atau asam asetat ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading