Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Review Buku dengan 6 Langkah Mudah dan Sederhana

Fimela.com, Jakarta Baik kamu seorang pelajar, blogger pemula, atau hanya seseorang yang ingin menjadi pengguna Goodreads yang lebih aktif, menulis review atau ulasan buku adalah keterampilan penting yang harus dimiliki.

Menulis ulasan buku bisa menjadi pengalaman yang berharga. Sebagai pecinta buku, ini adalah kesempatan bagus untuk membantu membimbing pembaca ke judul favorit mereka berikutnya.

Membuat review atau ulasan buku juga bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah yang dapat dipraktikkan secara langsung. Untuk itu, berikut Fimela.com akan mengulas cara membuat review buku dengan 6 langkah mudah dan sederhana. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Memahami Kegiatan Review Buku

Resensi, ulasan, atau review buku umumnya ditugaskan siswa untuk memungkinkan mereka menunjukkan pemahaman yang jelas tentang buku. Dan untuk memeriksa apakah siswa benar-benar membaca buku.

Cara review buku ditugaskan untuk memungkinkan siswa untuk menyampaikan pendapat mereka sendiri tentang ide-ide penulis yang termasuk dalam buku atau bagian. Mereka adalah bentuk kritik sastra yang menganalisis ide-ide penulis, teknik menulis, dan kualitas.

Analisis buku sepenuhnya didasarkan pada pendapat, yang relevan dengan buku tersebut. Itu adalah praktik yang baik bagi mereka yang ingin menjadi editor, karena fakta mengedit memerlukan banyak kritik.

Ulasan buku juga banyak ditulis untuk menanggapi atau mengkritik buku yang baru diterbitkan, biasanya ulasan atau resensi buku bisa dibaca di surat kabar, majalah, situs berita digital maupun sejenisnya.

Cara Membuat Review Buku dengan 6 Langkah Mudah

1. Mulailah dengan Ringkasan Buku

Ini mungkin cara terbaik untuk memperkenalkan ulasan apa pun karena memberikan konteks. Tapi pastikan untuk tidak terlalu detail. Tetap singkat dan manis karena ringkasan resmi dapat ditemukan melalui pencarian google cepat!

2. Pilihlah Aspek Terpenting dari Buku

Kamu bisa memulai dengan memecah ini dengan karakter, pembangunan dunia, tema, dan plot. Tetapi ini mungkin berbeda antara buku satu dan lainnya, juga genre, dan selera yang kamu sukai.

Dedikasikan paragraf untuk masing-masing aspek penting ini, membahas seberapa baik penulis menanganinya, bersama dengan apa yang kamu nikmati dan apa yang tidak kamu nikmati.

3. Sertakan Kutipan Singkat Sebagai Contoh

Mengutip selalu merupakan ide bagus, karena memberikan contoh untuk semua yang kamu katakan! Jika ulasan kamu berbicara tentang karakter yang sangat jenaka, garis jenaka dari karakter memungkinkan pembaca melihat dengan tepat karakter jenaka yang sedang kamu hadapi di sini.

Tapi hati-hatilah, kutipan panjang bisa memakan banyak ruang dan mengalahkan ulasan. Kutipan pendek biasanya akan menyampaikan poin sambil membiarkan pekerjaan bersinar.

4. Tulis Kesimpulan yang Merangkum Semuanya

Seperti pengantar, buat kesimpulan singkat dan manis. Ini harus memunculkan poin utama ulasan, bersama dengan keseluruhan opini tentang buku ini.

5. Temukan Buku Serupa

Cara review buku terbaik adalah menemukan buku yang mirip dengan buku yang sedang kamu periksa. Jadi kamu bisa mengatakan, "jika kamu adalah penggemar buku X, saya pikir kamu pasti akan menyukai buku ini!"

Kamu juga bisa lebih spesifik, melihat hal-hal yang mungkin membuat dua buku serupa. Jadi kamu dapat menyarankan sesuatu seperti ... "Jika kamu suka bahwa karakter utama dalam buku X adalah pahlawan super yang hebat, maka kamu akan menyukai karakter utama dari buku ini !"

6. Berikan Peringkat Bintang

Peringkat bintang jelas didorong di banyak situs ulasan, tetapi tidak perlu! Jika kamu tidak ingin memberikan rating bintang, kamu bisa melakukannya secara konvensional “dari lima / sepuluh”. Kamu juga dapat mencoba sesuatu yang sedikit kurang konvensional, dan memecah peringkat bintang ke dalam kategori yang berbeda untuk karakter / plot / pembangunan dunia, dll.

CTA (Call to Action)

Ajakan bertindak untuk membaca atau membeli, perlu diletakkan di akhir. Banyak pembaca yang main scroll melihat seperti apa ending tulisan. Isi bagian akhir itu dengan "ajakan bertindak" (CTA, call to action) atau alamat link di mana mereka bisa membeli dan melihat tulisan lain.

Jika kamu menggunakan website berbasis Wordpress, bisa menggunakan (atau membuat) "template" postingan berbentuk book review atau mengaktifkan "rich text format" standar Schema, agar tulisan review buku keluar di Google sebagai tulisan berbentuk review buku, bukan berita atau artikel.

Buatlah catatan selama membaca buku. Apa yang kamu ingat dari buku, bisa jadi itu "ingatan palsu" (false memory), namun tidak jika berbentuk tulisan. Dan, itulah cara review buku yang mudah dilakukan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading