Sukses

Lifestyle

Ketahui Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Keyboard menjadi salah satu perangkat paling penting dalam penggunaan laptop maupun komputer. Meski begitu, keyboard juga kerap tiba-tiba tidak berfungsi yang merepotkan bagi para penggunanya. Tentu saja, hal ini bisa menghambat pekerjaan dan sangat mengganggu.

Secara umum, keyboard merupakan perangkat keras pada komputer atau laptop yang berfungsi sebagai alat untuk input data berupa huruf, angka, dan simbol. Fungsi keyboard sangat penting karena sebagian perintah yang berupa teks dan kontrol lain dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui keyboard. Tak heran, jika keyboard tidak berfungsi dengan baik kerap membuat penggunanya sangat kesal.

Melansir dari Merdeka.com, setidaknya ada dua penyebab keyboard laptop tidak berfungsi, yaitu terjadi gangguan pada software dan hardware. Untuk mengetahui penyebab kerusakan ini, caranya dengan mematikan dan menyalakan kembali perangkat laptop. Setelah itu, tekan F2 atau Delete berulang kali saat laptop sedang proses boating.

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com telah merangkum penyebab keyboard laptop tidak berfungsi beserta cara mengatasinya. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Seperti yang sudah diketahui, keyboard merupakan perangkat penting yang digunakan pada sistem komputer untuk melaksanakan tugas input. Biasanya, keyboard laptop kerap mengalami gangguan yang sering menghambat pekerjaan. Adapun beberapa gangguan pada laptop yang sering dialami para pengguna, seperti tombol sangat keras ketika ditekan, keyboard tidak bisa terdeteksi, hingga keyboard mati atau tidak berfungsi.

Beberapa kerusakan keyboard tersebut memang sangat mengganggu pekerjaan dan sering membuat kesal. Ada dua faktor utama yang menjadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik, yakni gangguan pada hardware dan software, lebih jelasnya sebagai berikut:

Gangguan Keyboard pada Hardware

Salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi yang paling sering terjadi ialah adanya gangguan pada hardware. Beberapa hal yang kerap menghambat respons pada keyboard seperti adanya debu atau kotoran, terkena cairan, terlalu sering menekan salah satu tombol, hingga gangguan driver keyboard.

Di samping itu, baterai laptop juga terkadang bisa menyebabkan gangguan fungsi pada keyboard, terlebih saat baterai laptop terlalu panas. Hal ini kerap menyebabkan keyboard tidak merespons secara tiba-tiba.

Gangguan Keyboard pada Software

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi berikutnya, yaitu terjadi kerusakan pada perangkat lunak atau software. Biasanya, seluruh keyboard tidak merespons secara tiba-tiba. Hal ini bisa terjadi karena terjadi masalah pada software atau driver laptop.

Selain itu, keyboard juga kerap mengalami gangguan ketika kamu sering menginstal perangkat lunak pihak ketiga dan sering mematikan laptop tanpa perintah Shut Down. Sehingga, akan menyebabkan keyboard tidak bisa merespons atau tidak berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Ketika keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik memang sangat mengganggu pekerjaan. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan ini, di antaranya seperti berikut:

Membersihkan Keyboard dari Debu

Seperti yang sudah diketahui, salah satu faktor utama penyebab keyboard laptop tidak berfungsi ialah adanya debu yang terselip di keyboard. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa membersihkan keyboard tersebut dari debu. Caranya cukup mudah, matikan laptop terlebih dahulu, kemudian miringkan laptop pada sudut 75 derajat dan goyang-goyangkan laptop untuk menyingkirkan debunya.

Restart Laptop

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi berikutnya dengan restart laptop. Ketika tiba-tiba laptop tidak berfungsi sama sekali, biasanya kerusakannya ada di software atau driver. Hal ini bisa menyebabkan perangkat keras yang terhubung dengan laptop tidak berfungsi dengan baik.

Perbaiki Driver Keyboard

Keyboard laptop tidak berfungsi juga bisa disebabkan driver keyboard tidak diperbarui. Selain itu, adanya aplikasi perusak yang juga biasa memicu keyboard kurang responsif. Cara untuk mengatasi gangguan ini cukup mudah, kamu dapat memeriksa dan memastikan masalah tersebut dari Device manager.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading