Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Keyboard Laptop tidak Berfungsi

Fimela.com, Jakarta Jika kamu pernah mengalami keyboard laptop yang tiba-tiba tidak berfungsi atau rusak total, pernahkah kamu menyadarinya bahwa banyak hal yang dapat membuat keyboard laptop rusak atau eror? Salah satu penyebab keyboard laptop kamu rusak adalah software mauapun hardware.

Kamu juga jangan khawatir, karena banyak cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian atau rusak. Akan tetapi keyboard salah satu hal yang penting jika kamu menggunakannya pada laptop maupun komputer.

Fungsi keyboard sendiri adalah untuk mengetik tombol angka, huruf dan simbol, dan akan memabntu mempermudah dalam mengoperasikan laptop. Jika kamu merasa keyboard laptop kamu tidak berfungsi atau rusak. Yuk, cari tahu apa saja penyebab keyboard laptop tidak berfungsi yang harus diketahui.

1. Penuh debu atau sisa makanan

Kita jarang sekali untuk mmbersihkan keyboard pada laptop dan mmebuat keyboard laptop kita banyak debu dan sisa makanan yang jatuh di sela-sela keyboard juga dapat menjadi faktor penyebab keyboard kamu tidak berfungsi

2. Gangguan Hardware

Bantalan keyboard yang sudah tidak sensitif ataupun longga, dapat menjadi penyebab keyboard laptop kamu tidak berfungsi.

3. Gangguan Software

Tak hanya memperhatikan bagian hardware, kamu juga perlu untuk memperhatikan software, beberapa software pada laptop atau komputer yang tidak cocok digunakan dengan keyboard bisa menjadi salah satu penyebabnya.

4. Tersiram Air

Jika kamu sering makan atau minum saat menggunakan laptop, mulai sekarang untuk berhati-hati. Lebih baik jika kamu akan makan dan minum, singkirkan laptop terlebih dahulu. Keyboard yang tersiram air atau terkena tumpahan benda cair tentu akan berdampak pada bagian dalam keyboard yang mmebuatnya menjadi rusak.

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi

1. Memastikan kerusakan laptop

Kerusakan keyboard laptop juga dapat dikarenakan kerusakan laptop, yaitu bagian software maupun hardwarenya. Nah untuk mengetahuinya kamu perlu megakses BIOS laptop kamu, tetapi apabila masuk dan menggunakan keyboard, maka dapat dikatakan bahwa kerusakan tersebut karena ada pada software.

2. Membersihkan Keyboard

Penyebab kerusakan keyboard laptop selanjutnya adalah, adanya debu atau sisa makanan. Jika kamu mmebersihkan keyboard laptop secara rutin, akan membuat tombol keyboard berfungsi dengan baik. Cara untuk membersihkan debu maupun kotoan dengan menngunakan selotip pada sela-sela keybord atau kamu dapat menggunakan slime untuk mengatasinya.

3. Restart Laptop

Jika tiba-tiba keyboard laptop kamu tidak berfungsi sama sekali, maka salah satu penyebabnya adalah bagia software/driver. Kamu dapat mencobanya dengan merestart laptop kamu, terkadang software laptop yang mengalamiu eror juga dapat disebabkan karena perangkat yang keras terhubung dengan laptop yang mmebuat laptop tidak berfungsi seperti biasanya.

Itulah beberapa penyebab laptop kamu tidak berfungsi dengan baik, walaupun sering menggunakan laptop alangkah baiknya jika memperhatikan kebersihan laptopmu. Selain itu Sahabat Fimela juga dapat mencegahnya dengan mengatasi beberapa permasalahan yang dapat membuat keyboard laptopmu tidak berfungsi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading