Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Kompor Gas Tidak Menyala yang Harus Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Kompor gas merupakan salah satu barang yang ada saat berumah tangga. Hal ini tentunya akan memudahkan kita untuk memasak dan lainnya. Namun jika kompro gas tidak mau menyala pasti sangat menganggu pekerjaan rumah

Terlebih jika memiliki kompor gas baru da nisi gas masih banyak, tetap tidak mau menyala. Semakin lama kompor gas yang sering digunakan tentu akan berkurang kualitasnya dan mungkin akan rusak.

Namun kamu jangan khawatir jika kompor gas tidak mau menyala. Kamu juga harus mengetahui penyebab-penyebabnya, Nah berikut beberapa penyebab kompor gas tidak menyala:

1. Kompor Tersumbat

Kompor gas yang tidak mau menyala juga dapat terjadi setelah memasang gas. Biasanya dapat terjadi karena aliran gas dari tabung menuju kompor gas itu tersumbat.

Hal ini juga dapat terjadi karena regulator dan selang kompor yang sedang mengalami kerusakan. Kamu juga dapat mengatasinya dengan mengatur ulang pemasangan regulator selang kompot.

2. Pematik dan Knob yang Tidak Berfungsi

Penyebab kompor gas tidak menyala selanjutnya pematik dan knob yang tidak berfungsi. Hal ini juga dapat kamu lihat kondisi pematik api.

Setelah itu jika pematik api yang tersumbat, kamu juga dapat membersihkan kotorannya. Namun pematik api juga tidak terlihat rusak atau tersumbat, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru.

3. Gas Sudah Habis

Gas elpiji yang habis juga dapat menyebabkan kompor gas tidak menyala. Meskipun sepele, namun sebagian orang tidak menyadarinya. Biasanya gas yang habis akan bau menyengat, kamu juga dapat mengatasinya dengan menggantinya dengan gas yang baru.

4. Kompor Lembab dan Terkena Air

Mungkin saat kamu memasak tidak memperhatikan air yang masuk atau tumpah pada bagian tungku kompor, hal ini otomatis akan membuat api akan mati. Ketika dihidupkan kembali, api akan sulit menyala karena masih terdapat sisa-sisa air dalam tungku kompor.

5. Regulator Bermasalah

Regulator merupakan salah satu hal yang penting ketika menghubungkan anatar selang, kompor, dan tabung gas elpiji. Jik hal ini bermasalah maka akan menghambat aliran gas yang menuju kompor sehingga api pun tidak menyala.

Nah itulah beberapa masalah penyebab kompor gas tidak menyala. Jika kamu mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya, ada baiknya atasi masalah tersebut. Namun jika tidak alangkah baiknya memanggil teknisi untuk mengatasi kompor gas tidak menyala.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading