Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Laptop Tidak Bisa Konek Wifi dan Cara Memperbaikinya dengan Efektif

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu sedang mengerjakan tugas, meonton film, atau steraming tapi tiba-tiba buffering. Hal ini akan membuat kamu terkendala untuk melakukan pekerjaan saat menggunakan laptop. Ketika laptop kamu tidak terhubung Wifi maka kamu akan membatasi metode tersebut untuk mengakses internet.

Masalah inilah yang akan membuat koneksi kamu menjadi lambat, terganggu secara berkala, atau bahkan akan membuat laptop kamu mati total. Jika kamu mengalami beberapa masalah ini maka kamu dapat mencoba untuk memperbaikinya.

Ternyata ada banyak masalah yang akan membuat internet kamu tidak berfungsi secara baik. Kamu dapat menghubungkan modem atau router pada Wifi yang menjadi masalahnya. Nah berikut beberapa penyebab laptop tidak bisa konek wifi yang membuat kamu sulit mengerjakan tugas:

1. Adapter Belum di Aktifkan

Penyebab internet Wifi yang tidak mau terhubung ke laptop biasanya disebabkan oleh adaptor Wifi yang belum dinyalakan. Kamu jangan gegabah dulu jika tidak bisa konek wifi, bisa jadi hal ini kelupaan dan membuat kamu tidak mengaktifkan laptop. Kamu dapat klik gambar wifi, kemudian mencari permasalah di ikon tersebut. pada ikon tersebut aka nada 3 pilihan yaitu Wifi, Airplane Mode, dan Hotspot.

2. Driver Belum di Install

Penyebab lain dari wifi yang tidak bisa konek ke laptop adalah driver yang belum terinstall. Perangkat modem  Wifi yang terpasang pada laptop akan membutuhkan perangkat lunak untuk mengoperasikannya dengan baik. Mungkin kamu belum mengerti atau lupa untuk menginstall driver Wifi tersebut.

3. Driver Wifi Kadaluarsa

Selanjutnya masalah lainnya yaitu driver adaptor Wifi yang sudah kadaluarsa. Masalah ini hampir sama dengan drivr wifi yang belum terinstall. Namun, jika kamu mengetahui perangkat tersebut sudah kadaluarsa maka tidak akan berjalan dengan baik. Kamu dapat melakukan update driver dengan masuk ke Device Manager – Networks Adapter – “Nama Modem” – Update Driver.

4. Pengaturan yang Tidak Tepat

Pernah mengalami pengaturan network yang tidak tepat? Hal ini akan terjadi jika laptop pernah diubah pada pengaturan jaringan agar mendapatkan koneksi internet yang cepat dengan mengubah Ip/DNS.

5. Laptop Mode Power Saving

Penyebab yang terakhir laptop kamu tidak dapat terhubung dengan laptop dapat dikarenakan masalah Power Saving Mode atau mode penghematan daya. Laptop akan mengurangi performa keseluruhan, prosesor, tingkat kecerahan, background running dan koneksi internet. Dengan melakukan mode spower saving tentu akan membuatnya menjadi lebih lambat.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek Wifi

  • Cek Pengaturan Internet di Laptop : Kamu dapat melakukan cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect pada laptop dengan memeriksa pengaturan yang tersedia. Perhatikan pada ikon notifikasi area pada laptop.
  • Mengubah Salurannya : Melakukan cara untuk mengubah salurannya, seperti pada Control Panel – Network and Internet – Network and Sharing Centre – Change Adapter Setting – Wireless Connection – Properties – Networking – Internet Protocol Version 4 – Obtain IP Address Automatically – OK.
  • Reset Koneksi Laptop : Hal lain yang perlu kamu lakukan dengan mereset koneksi laptop agar dapat terkoneksi dengan Wifi. Ada beberap masalah yang dapat membuat Wifi menjadi Limited Access, kamu dapat mereset laptop.

Beberapa cara diatas perlu kamu coba untuk mengatasi laptop yang tidak bisa konek ke wifi. Semoga beberapa penyebab dan cara mengatasinya diatas dapat menambah informasi kamu. Namun, jika hal diatas tidak bisa lakukan kamu dapat mendatangi orang yang ahli memperbaiki masalah laptop.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading