Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Laptop Cepat Panas yang Sering Menganggu

Fimela.com, Jakarta Bermain laptop sepanjang waktu, melakukan streaming, atau pekerjaan yang membutuhkan laptop tentu akan membuatnya semakin cepat panas. Kita pasti akan menghadapi sebuah masalah yang sama jika memakai laptop berlebihan dan saat laptop panas terkadang kita akan dihadapkan oleh beberapa kesulitan lainnya.

Overheating atau laptop panas tidak hanya mempengaruhi komponen perangkat keras tetapi juga akan merusak beberapa komponen internal yang akan memperlambat proses dan fungsionalitas.

Selain itu saat kamu mengetahui laptop yang semakin panas maka akan lebih sulit untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sanhgat penting dan hal ini akan menghambat. Hal ini sangat kamu perlukan untuk memiliki pendingin laptop. Berikut beberapa penyebab dasar laptop cepat panas yang sering menganggu:

1. Terdapat Kotoran di Ventilasi

Ventilasi pada laptop terletak pada sisi laptop dan mungkin beberapa laptop akan memiliki ventilasi pembuangan di bagian belakang. Nah, kumpulan beberapa kotoran di ventilasi inilah yang akan menjadi salah satu penyebab utama panas berlebih. Kotoran yang menymbat ventilasi udara di laptop juga akan membatasi panas untuk keluar dari laptop .

2. Suhu Ruangan

Penyebab lainnya ternyata adalah suhu ruangan. Ada salah satu kemungkinan laptop kamu tidak dapat menampung dengan suhu ruangan yang membuatnya panas. Suhu yang hangat tentu akan meniingkatkan panas secara konstan. Untuk menghilangkan suhu ruangan yang panas, maka kamu dapat mencari lokasi atau membuat ruanganmu menjadi lebih sejuk.

3. Pengisian Daya Laptop Berlebihan

Salah satu penyebab paling umum dan bahkan tidak kita sadari adalah pengisian daya yang berlebih. Overcharging inilah yang akan menghasilkan lebih banyak panas dan memperlambat proses serta kinerja laptop, jika kamu memiliki kebiasaan buruk ini, cobalah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

4. Sistem Operasi yang Tidak Cocok

Setelah kamu menginstal sistem operasi yang baru tak jarang membuat laptop kamu semakin cepat panas. Namun, terkadang kita jarang mengetahui penyebab lainnya tapi alangkah baiknya jika terus memeriksa dan mendeteksi penyebab ini.

5. Penempatan Laptop yang Tidak Tepat

Mungkin ada alasan lain, bahwa kamu meletakkan laptop di tempat yang salah ventilasi pembuangan karena dapat terganggu pada area aliran udara sekitarnya. Penempatan laptop yang benar adalah pada permukaan yang keras dan bersih dengan ventilasi yang lengkap dan memungkinkan aliran udara masuk. Ada banyak dudukan untuk laptop yang dapat membantu laptop mengalirkan udara.

6. Bermain Game Berat untuk Waktu Lama

Bermain game dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat tentu akan menyebabkan peningkatan suhu komponen ekstrim yang terdapat didalamnya. Apalagi jika program yang dijalankan sangat berast, seperti beberapa game yang memiliki grafis tinggi. Pada intinya jika kamu semakin lama dan berat pekerjaan yang dilakukan pada laptop maka laptop panas akan semakin meningkat.

7. Virus dan Malware

Selain faktor hardware overheating pada laptop, juga dapat disebabkan oelh software yang berbahaya yang memacu pada CPU untuk bekerja sangat keras dan terus menerus. Sedangkan laptop yang terinfeksi virus juga akan terlihat menggunakan resource yang tidak wajar, meskipun tidak ada program yang berjalan.

Kamu dapat memulai memeriksa ventilasi pada laptop yang tertutup debu, jika kamu perlu bukalah casing laptop dan bersihkan apa yang ada didalamnya. Selain itu kamu dapat menggunakan cooling pada untuk mencegah laptop panas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading