Sukses

Lifestyle

4 Faktor Penyebab Masalah Sosial yang Berdampak di Lingkungan Masyarakat

Fimela.com, Jakarta Faktor penyebab masalah sosial sering terjadi di lingkungan masyarakat. Penyebabnya sering kali tidak disadari oleh masyarakat. Masalah sosial ini bisa disebabkan karena faktor individu maupun kelompok, yang memiliki dampak besar di lingkungan masyarakat.

Faktor penyebab masalah sosial yang paling utama adalah karena adanya perkembangan zaman dan ada budaya baru masuk di lingkungan masyarakat. Tentu saja faktor penyebab masalah sosial ini bisa membawa dampak negatif di lingkungan masyarakat. Karena masalah sosial menimbulkan kesenjangan di masyarakat, baik secara individu maupun kelompok.

Sebenarnya masalah sosial juga bisa berdampak positif bagi masyarakat. Tergantung cara kita menghadapi faktor penyebab masalah sosial yang sedang dialami saat ini. Berikut faktor penyebab masalah sosial, yang dilansir dari Liputan6.com:

Faktor Penyebab Masalah Sosial

1. Perbedaan Kebudayaan

Faktor penyebab masalah sosial yang pertama adalah karena adanya perbedaan kebudayaan di masyarakat. Dengan adanya perbedaan kebudayaan, sehingga masyarakat memiliki perilaku dan pola pikir yang berbeda-beda. Perbedaan kebudayaan ini bisa menyebabkan perdebatan dan memicu masalah sosial. Awalnya perbedaan kebudayaan ini didasari oleh konflik kecil, yang kemudian memicu konflik besar karena meremehkan kebudayaan lainnya.

Contohnya, ada kelompok masyarakat yang membebaskan aturan menggunakan pakaian. Tetapi kebebasan berpakaian ini, dianggap tidak sopan dan tidak beretika, menurut kelompok masyarakat yang lainnya. Sehingga perbedaan kebudayaan ini menimbulkan masalah sosial dan menyebabkan konflik di lingkungan masyarakat.

2. Perbedaan Individu

Setiap individu pasti memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri. Sebenarnya hal ini bisa membuat lingkungan masyarakat menjadi lebih beragam dan menyenangkan. Tetapi perbedaan individu justru menyebabkan masalah sosial di lingkungan masyarakat.

Perbedaan individu didasari dengan adanya perbedaan perasaan, pendapat, tujuan, dan keinginan sehingga muncul masalah sosial di lingkungan masyarakat. Sebagai contoh, ada individu yang ingin menikah di usia 30 tahun. Namun hal ini menjadi perdebatan dan masalah sosial, karena ada individu lainnya yang menganggap bahwa pernikahan harus dilakukan di usia 20an.

Faktor Penyebab Masalah Sosial

3. Perbedaan Kepentingan

Individu maupun kelompok pasti memiliki perbedaan kepentingan masing-masing. Perbedaan ini sering kali menjadi faktor penyebab masalah sosial. Karena ada pihak yang ingin didahulukan kepentingannya, daripada pihak lainnya.

Perbedaan kepentingan sering terjadi di bidang ekonomi, politik, budaya, dan sebagainya. Individu maupun kelompol saling berlomba-lomba dan melakukan konflik, sampai mendapatkan pemenangannya. Contohnya adalah kampanye pemilihan umum. Para calon melakukan kampanye besar-besaran dan saling berlomba dengan sengit.

4. Perkembangan Zaman

Faktor penyebab masalah sosial yang terakhir, yaitu karena adanya perkembangan zaman yang semakin pesat. Perkembangan zaman ini mengakibatkan munculnya teknologi canggih, sehingga masyarakat harus mulai beradaptasi dengan situasi modern. Perkembangan zaman bisa menyebabkan masalah sosial, karena ada sebagian masyarakat yang belum siap menghadapi dunia modern.

Contohnya adalah di masa pandemi ini, sekolah maupun kuliah dilakukan secara daring atau online yang dapat diakses menggunakan internet. Namun tidak semua orang bisa mengakses internet, karena terkendala sinyal maupun kuota. Kemudian hal ini dijadikan masalah sosial dan konflik terjadi.

Dampak di Lingkungan Masyarakat

Dampak Positif di Lingkungan Masyarakat

Masalah sosial memiliki dampak positif di masyarakat, seperti berkembangnya teknologi dan industri secara pesat, yang bisa mendukung aktivitas manusia. Dengan adanya perkembangan zaman, maka sistem pendidikan menjadi semakin meningkat, dan banyak generasi yang bisa bersekolah atau menyelesaikan pendidikan di jenjang yang tinggi. Bahkan pendidikan tinggi, bisa membuat masyarakat lebih paham mengenai ilmu pengetahuan, ilmu sosial maupun ilmu teknologi.

Tak hanya itu saja. Masalah sosial juga bisa membuat norma dan aturan baru di lingkungan masyarakat. Masyarakat semakin sadar dengan politik dan kesetaraan gender. Masyarakat juga mendapatkan perlindungan penuh dari pemerintah.

Dampak Negatif di Lingkungan Masyarakat

Walaupun memiliki dampak positif, tetapi masalah sosial juga bisa menyebabkan dampak negatif di lingkungan masyarakat. Masalah sosial bisa membuat suatu kelompok memiliki hubungan yang erat, tetapi ada kesenjangan yang kuat dengan kelompok lainnya. Masalah sosial ini bisa meningkatkan konflik sosial antara individu dengan individu, indivu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading