Sukses

Lifestyle

5 Cara Membangun Mental yang Lebih Kuat untuk Kesehatan Diri

Fimela.com, Jakarta Setiap orang akan memiliki kekuatan mental yang berbeda-beda karena banyaknya situasi dan pengalaman yang telah dihadapi dalam kehidupan. Situasi tersebut bisa melatih seseorang untuk menjadi lebih tangguh lagi dan memahami bahwa hidup tidak selalu berjalan sesuai dengan yang dipikirkan. Kekuatan mental tiap orang pun seakan-akan dapat diuji setiap saat, tanpa mengenal waktu. 

Dikutip dari situs Very Well Mind, kekuatan mental dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengatasi emosi negatif dengan cara yang sehat. Kesehatan mental yang baik akan memengaruhi mental seseorang. Kekuatan mental akan melibatkan bagaimana seseorang berpikir, merasakan, dan melakukan tindakan. 

Orang dengan mental yang kuat dapat bertahan dalam segala kondisi. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara melawan setiap pengaruh yang bisa melemahkan kemampuan dan kepercayaan diri. Lalu, bagaimana cara seseorang agar bisa tetap kuat secara mental? Diketahui dari beberapa sumber, berikut untuk penjelasannya:

1. Berpikir Secara Positif

Kekuatan mental akan dipengaruhi pada pemikiran dan cara pandang seseorang. Maka dari itu, terdapat latihan kognitif yang bisa dikembangkan sebagai strategi untuk berpikir secara lebih positif. Melalui cara ini, seseorang bisa mengatasi pikiran negatif dengan mengembangkan pola pikir yang lebih baik untuk perkembangan diri.

Tuliskan kata afirmasi yang bisa mengubah pandangan terhadap diri sendiri atau menulis jurnal berupa rasa syukur atas segala hal yang dimiliki. Meski terdengar sepele, cara ini dapat meningkatkan rasa percaya pada diri sendiri. Cobalah untuk tetap menanamkan pikiran positif bahwa segala sesuatu akan berjalan dengan baik. 

2. Mengakui Apa yang Telah Dirasakan dengan Baik

Kondisi emosional dapat dikendalikan dengan mengidentifikasi apa yang dirasakan. Akui setiap perasaan tersebut dan cobalah untuk memperhatikan diri sendiri. Sangat penting untuk memeriksa dan memberikan apa yang dibutuhkan, terutama untuk diri sendiri. Lakukan beberapa cara untuk bisa mengatasi masalah emosional tersebut secara sehat. Hal ini bisa membangun mental agar semakin kuat. 

Lebih baik untuk dikeluarkan secara keseluruhan dibandingkan harus memendamnya sendirian. Dengan bercerita pada seseorang yang tepat atau melakukan kegiatan yang disukai, maka kamu dapat meringankan emosi yang menyakitkan. Tidak apa-apa untuk berhenti sejenak karena pada hakikatnya setiap orang juga membutuhkan istirahat. 

3. Ambil Langkah yang Kecil untuk Sesuatu yang Dihindari

Saat sedang merasa cemas atau tertekan, mungkin kamu ingin menghindari banyak hal bahkan menunda-nundanya. Menenangkan diri dalam beberapa waktu dapat membuat perasaan pun berubah menjadi membaik. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang sering kali dihindari atau tidak ingin dilakukan. Dengan berlatih melakukan hal kecil tersebut, rasa cemas dapat terobati dan dapat mengubah suasana hati. 

4. Menetapkan Tujuan yang Realistis

Salah satu strategi penting untuk membangun mental yang kuat adalah dengan menetapkan tujuan yang jelas dan tetap realistis. Dengan adanya tujuan, maka seseorang bisa menetapkan rencana yang lebih terarah. Tujuan bisa memotivasi tiap orang untuk mengambil tindakan selanjutnya dan memantau sejauh mana langkah yang telah di lakukan. Setiap orang akan memiliki rencana dan timeline yang berbeda-beda. Maka, kamu bisa menetapkan rencanamu sendiri sesuai dengan yang diinginkan. 

5. Lakukan Kegiatan Positif atau Menjalani Hobi

Kegiatan positif akan memacu pikiran yang semakin positif. Tingkatkan kesehatan mental dengan meluangkan waktu untuk hal-hal yang bisa memberikan kebahagiaan. Sisihkan waktu tersebut untuk memberikan kepuasan atas pencapaian diri sendiri, seperti melakukan hobi yang tidak membuatmu merasa terbebani. 

Membangun mental agar semakin kuat dapat diwujudkan melalui kebiasan dan pola pikir yang sehat. Tumbuhkan pemikiran yang lebih positif dan terapkan kebiasaan yang sehat dari sekarang. Seiring berjalannya waktu, kamu pun bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih tangguh dan kuat. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading