Sukses

Lifestyle

3 Kitchen Hacks untuk Menjaga Kebersihan agar Dapur tetap Kinclong

Fimela.com, Jakarta Dapur adalah pusat kegiatan di rumah, tempat di mana kita menyiapkan makanan yang sehat dan lezat untuk keluarga kita. Namun, seringkali dapur bisa menjadi lokasi rentan cipratan minyak alhasil dapat membuat dapur terlihat kusam. Untunya FIMELA memiliki kitchen hack yang dapat mempermudah pekerjaan kamu khususnya dalam membersihkan dapur.

Mari hadapi saja, memasak adalah salah satu pekerjaan yang bisa dikatakan paling kotor, tetapi menyenangkan. Pertama, kita harus memotong dan menyiapkan makanan, selanjutnya kita masak, dan terakhir kita harus membereskan semuanya. Apalagi jika itu membersihkan minyak yang menempel di dinding karena cipratan minyak atau minyak yang tertumpah. Itu Terkadang membuat kita menambah pekerjaan terutama saat membersihkan dapur.

Meskipun sudah dibersihkan sekuat tenaga, terkadang minyak tersebut tidak mau hilang. Apalagi ketika kamu memasak masakan yang membutuhkan banyak minyak seperti gorengan, rendang, telur balado, dan lain-lain. Memang hasil makanannya enak, tetapi dapur terlihat kucel karena cipratan minyak.

Tidak perlu khawatir, FIMELA telah mengumpulkan 3 hack yang bisa kamu lakukan terutama saat membersihkan dapur yang banyak terciprat minyak.

Campuran cuka dan air

Yang kamu butuhkan adalah ⅓ gelas cuka dan ⅔ air. Kemudian campurkan dan aduk rata. Jika sudah, masukan spons khusus untuk membersihkan dapur. Gosok-gosok secara perlahan di dinding yang ingin dibersihkan secara perlahan.

Kemudian bila menggunakan air biasa. Wala, sesederhana itu untuk membuat dapur kinclong.

3 bahan utama

3 bahan utama yang kamu butuhkan adalah cuka putih, baking soda, dan sabun cuci piring.

Peralatan dan bahan pendukung lainnya adalah seperti:

  • Kertas tisu,       
  • Air hangat,      
  • Serbet Bersih,      
  • Spons,    
  • Handuk bersih,    
  • Baskom,    

Instruksi:

  1. Langsung hapus cipratan minyak atau noda dari permukaan dapur menggunakan tisu dapur.                                     
  2. Rendam kain lap dalam air hangat dan usap perlahan cipratan minyak sampai mengendur.                                  
  3. Gabungkan cairan pencuci piring sebanyak satu atau dua tetes dengan air hangat dalam sebuah wadah. Celupkan spons ke dalam campuran tersebut.                             
  4. Peras spons, kemudian tekan dan tahan hingga membebaskan minyak, setelah itu gosok permukaan dengan gerakan memutar secara perlahan.                                      
  5. Untuk noda minyak yang sulit dihilangkan, gabungkan 1 cangkir air hangat dan 1 cangkir soda kue dalam sebuah mangkuk, aduk hingga membentuk pasta. Aplikasikan pasta ini ke noda minyak dan biarkan mengering.                                
  6. Angkat pasta dengan menggunakan kain lap yang bersih dan lembut. Jika cipratan minyak dan noda masih terlihat, campurkan cuka dan air hangat dalam proporsi yang sama dalam botol semprot. Semprotkan campuran ini pada noda minyak, biarkan selama 5 menit, dan bersihkan.                       
  7. Rendam kain lap dalam air hangat dan bersihkan permukaannya dengan lembut. Kemudian, keringkan permukaannya dengan handuk yang bersih.

Garam

Bukan hanya untuk memberikan rasa, garam juga berguna untuk membersihkan dapur! loh!

Bahan yang dibutuhkan adalah garam, cairan boraks atau cuka putih, dan rubbing alcohol.

Peralatan yang kamu butuhkan adalah seperti.

  • Botol spray,           
  • Spons,              
  • Mangkok

Cara melakukannya adalah dengan.

  1. Hanya dengan menaburkan sejumlah garam di atas noda minyak dan lemak, kemudian biarkan garam menyerap seluruh minyak.               
  2. Setelah itu, semprotkan larutan boraks atau cuka ke area tersebut, lalu bersihkan menggunakan spons atau lap yang lembab.                       
  3. Alternatifnya, kamu dapat mencampurkan garam dengan alkohol dalam perbandingan 1:4 dan mengaplikasikannya merata pada noda minyak dan lemak.

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading