Sukses

Lifestyle

Penyebab Kucing Kencing Darah yang Bikin Panik

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara manusia. Selain karena tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan, juga karena perawatan kucing termasuk cukup mudah.

Ada banyak ras kucing, seperti kucing persia atau kucing anggora. Sebagian orang memilih memelihara kucing berdasarkan rasnya. Namun ada pula yang memelihara kucing liar yang biasa ditemukan di pinggir jalan.

Namun kucing ras maupun kucing jalanan tetap sama-sama harus dirawat dengan sepenuh hati dan diperhatikan kesehatannya. Contohnya seperti kucing yang kencing darah.

Ternyata kondisi ini dialami oleh kucing bukan tanpa sebab. Berikut beberapa penyebab kucing kencing darah yang harus diwaspadai oleh para pemilik kucing.

Penyebab Kucing Kencing Darah

1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan penyebab umum kucing kencing berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang memasuki dan menginfeksi saluran kemih.

Pertumbuhan bakteri dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan. Infeksi saluran kemih inilah yang bisa membuat kucing Anda kencing berdarah.

2. Adanya batu/kristal pada saluran kemih

Batu atau kristal yang terbentuk pada saluran kemih dapat menimbulkan sumbatan dan bahkan perlukaan.

Pembentukan batu atau kristal ini terjadi karena kucing kekurangan asupan air minum serta terlalu banyak mendapatkan asupan mineral kalsium.

3. Trauma atau cedera

Kucing peliharaan yang sering beraktivitas di luar rumah lebih berisiko mengalami trauma atau cedera fisik, misalnya akibat berkelahi dengan kucing lain atau tertabrak kendaraan.

Cedera tersebut mungkin menimbulkan kerusakan pada jaringan sensitif dalam saluran kemih. Hal inilah yang pada akhirnya dapat menyebabkan kucing pipis berdarah.

4. Tumor

Tumor jinak maupun ganas pada saluran kemih atau organ-organ di sekitarnya dapat menyebabkan kucing Anda mengalami kencing berdarah.

 

Penyebab Lainnya

5. Gangguan pembekuan darah

Masalah pembekuan darah, seperti hemofilia pada kucing dapat mengakibatkan perdarahan pada berbagai bagian tubuh, termasuk di dalam sistem saluran kemih. 

Akibatnya, darah bisa bocor ke dalam urine kucing meski tidak ditemukan adanya trauma atau penyakit yang mendasarinya.

6. Paparan racun atau obat-obatan

Perdarahan pada saluran kemih juga bisa disebabkan oleh paparan racun. Hal ini dapat terjadi jika kucing memakan langsung racun atau bangkai tikus yang mati akibat racun.

Dikutip dari MSD Veterinary Manuals, kucing yang menelan obat-obatan manusia, seperti pil KB dan asam asetilsalisilat (Aspirin), juga berisiko mengalami perdarahan.

7. Sindrom Pandora

Sindrom Pandora adalah istilah yang kerap digunakan untuk menggambarkan masalah saluran kemih pada kucing yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti.

Menurut para ahli, kondisi yang juga disebut feline idiopathic cystitis (FIC) ini disebabkan kelainan pada sistem organ dan pengaruh stres pada kucing.

Jika kucingmu mengalami kondisi ini, segera periksakan ke dokter hewan agar kondisi kesehatannya bisa segera tertangani dengan baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading