Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kebaikan Hatimu Hanya Dimanfaatkan oleh Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup, akan selalu ada kemungkinan kita bertemu dengan orang-orang yang tidak tulus kepada kita, entah dalam urusan pertemanan, percintaan, kerjaan dan semacamnya. Tapi kita terkadang tak bisa begitu saja menghindari mereka atau mencoba tidak bertatap muka ketika tidak sengaja dipertemukan dalam sebuah acara. Sebagai manusia, kita dituntut untuk bisa beradaptasi dan "berpura-pura" sehingga bisa menjaga hubungan baik dengan siapa pun.

Tapi jangan sampai kamu menjadi orang yang terlampau polos dan naif sehingga kebaikanmu selalu dimanfaatkan oleh orang-orang seperti ini. Jika jeli kamu pasti bisa mengenalinya, ini dia tanda-tanda jika orang hanya memanfaatkan kebaikanmu selama ini.

1. Mencari dan mendekatimu saat butuh saja

Orang yang hanya memanfaatkan kebaikanmu akan mudah terlihat dari caranya memperlakukanmu. Mereka hanya akan mendekat dan bersikap baik ketika ada butuhnya saja. Jangan kaget pada orang-orang yang tiba-tiba bersikap baik, ramah disertai banyak pujian padamu, karena bisa jadi mereka punya maksud menginginkan bantuanmu. Setelah keinginan mereka tercapai, mereka tak akan menghubungimu lagi. Bisa jadi mereka tak menghargai kebaikanmu, tapi melihatmu hanya sebagai 'alat'.

2. Merasa lelah batin setelah bertemu mereka

Kamu akan merasa lelah fisik dan mental setelah bertemu orang-orang tertentu? Bisa jadi mereka bukanlah orang-orang yang tulus berteman denganmu. Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang menyenangkan pasti akan memberi rasa tenang, nyaman dan relaksasi pada jiwamu. Kebaikan adalah tentang saling menghormati dan peduli, bukan tentang satu orang yang selalu meninggikan diri sendiri dan mengabaikan yang lainnya.

3. Mereka membuatmu melakukan banyak hal

Orang-orang yang hanya memanfaatkan kebaikanmu seringkali berpura-pura memiliki kesibukan, kemudian meminta tolong padamu untuk melakukan semua urusan dan pekerjaan yang seharusnya menjadi tanggung jawabnya. Mereka senang jika tugasnya selesai, tapi kamu tak akan mendapat apresiasi yang cukup darinya. Ia juga kurang bisa berterima kasih. Kalau pun mengucap terima kasih, itu terasa tidak tulus dan tanpa makna.

4. Mereka tak pernah mengundangmu ke acaranya

Lihat apakah mereka pernah mengundangmu ke acaranya. Jika tidak, bisa jadi mereka memang tidak menganggapmu orang penting dan tak menghargai kebaikanmu selama ini padanya. Ia dekat denganmu karena butuh dirimu atau karena ia tak punya pilihan lain untuk terus bertemu denganmu setiap hari. Ia bisa saja bermulut manis dan baik di depanmu, tapi sebenarnya kamu bukan orang yang ia hargai sebagai orang yang baik padanya.

5. Sering playing victim

Orang yang diberi kebaikan tapi kemudian menusukmu dari belakang seringkali playing victim berulang kali padamu. Terkadang beberapa orang tidak mudah bersikap baik hati kepada orang lain karena mereka bersikap berhati-hati agar tidak diperdaya dan dimanfaatkan. Seringkali orang-orang yang memanfaatkan kebaikanmu akan ngelunjak meminta lebih ketika diperlakukan terlalu baik. Jangan gunakan empatimu kepada orang-orang seperti ini.

Itu dia sekian tanda jika orang hanya memanfaatkan kebaikanmu selama ini.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading