Sukses

Lifestyle

Goyangkan Tubuh, Kenali Manfaat Dance untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Olahraga tidak harus selalu yang membosankan dan melelahkan. Salah satu jenis olahraga yang paling banyak digemari banyak orang adalah dance atau yang dikenal dengan menari. Olahraga jenis ini dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan disisi lain kamu akan merasakan kesenangan karena musik, serta energi sekitar yang dipancarkan.

Dance adalah salah satu jenis olahraga yang telah ada sejak dulunya. Semakin berkembangnya waktu, dance juga memiliki banyak sekali genre dari Kpop, hip hop, balet, dan banyak lagi. Menari akan menggunakan seluruh bagian tubuhmu, salah satu manfaat yang paling terlihat adalah kefleksibilitasan tubuh. 

Serunya lagi, dance bisa kamu lakukan solo ataupun dengan grup. Bukan hanya itu, menari bisa dikategorikan sebagai salah satu olahraga yang tidak membutuhkan banyak biaya untuk melakukannya. Hal ini dikarenakan sekarang ini sudah banyak beredar video tutorial untuk melakukan berbagai macam genre dance.

Nah, karena dance merupakan salah satu jenis olahraga yang paling mudah untuk digapai. Berikut adalah manfaat dari menari menurut Everydayhealth.com.

 

 

Kesehatan Fisik

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Dance adalah bentuk latihan aerobik yang bagus, yang berarti dapat membantu meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda secara keseluruhan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menari secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 di American Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa orang yang melakukan tarian intensitas sedang memiliki kemungkinan 46 persen lebih kecil untuk terkena penyakit jantung atau meninggal karena penyakit jantung.

Membantu Menurunkan Berat badan

Gerakan melompat dan memutar adalah latihan aerobik yang baik, sedangkan posisi jongkok dan keseimbangan dapat menghidupkan sistem energi anaerobik. Secara umum, semakin up tempo gaya menari, maka semakin banyak pula kalori dan energi yang terbakar.

Menurut Harvard Medical School, menari selama 30 menit dapat membakar antara 90 dan 252 kalori, tergantung pada gaya menari dan berat badan kamu. Jenis pembakaran kalori intensitas tinggi ini dapat membantu mendukung penurunan berat badan jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

Jika kamu ingin memaksimalkan pembakaran kalori, Granger menyarankan untuk mengikuti kelas dance cardio, yang dirancang untuk membakar kalori dan meningkatkan kebugaran fisik.

Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan manfaat menari untuk pembakaran kalori:

  • Pilih gaya menari yang kamu sukai. Jika kamu menikmatinya, kamu akan lebih cenderung melakukannya secara teratur.
  • Mulailah perlahan dan tingkatkan intensitas kamu secara bertahap. Jika kamu tidak terbiasa berolahraga, mulailah dengan kelas tari intensitas sedang. Setelah kamu terbiasa, kamu dapat meningkatkan intensitas kamu.
  • Berlatih secara teratur. Untuk membakar kalori secara efektif, kamu harus menari setidaknya 30 menit per hari, 5 hari seminggu.

Manfaat lainnya

Menurunkan Resiko Penurunan Daya Ingat

Tarian membutuhkan pembelajaran gerakan dan rutinitas, yang dapat membantu merangsang otak. Gerakan-gerakan yang kompleks dan pola yang rumit dapat membantu meningkatkan memori, konsentrasi, dan pemecahan masalah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menemukan bahwa orang yang menari secara teratur memiliki risiko 76 persen lebih rendah terkena demensia daripada mereka yang tidak menari. Studi ini melibatkan 469 orang yang berusia 75 tahun atau lebih.

Penelitian lain menemukan bahwa menari dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada orang dengan demensia ringan.

Berikut adalah beberapa cara spesifik di mana menari dapat bermanfaat bagi fungsi kognitif:

  • Meningkatkan memori: Menari dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek dan jangka panjang.
  • Meningkatkan konsentrasi: Menari dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk fokus dan mempertahankan fokus.
  • Meningkatkan pemecahan masalah: Menari dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk berpikir kreatif dan menyelesaikan masalah.

Menari adalah cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk menjaga fungsi kognitif kamu tetap tajam seiring bertambahnya usia. Ini adalah pilihan yang bagus untuk orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran.

Baik untuk Memperbaiki Kesehatan Mental

Menari dapat memberikan manfaat psikologis yang signifikan, termasuk mengurangi kecemasan, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan kesejahteraan psikologis.

Tarian dapat membantu melepaskan ketegangan dan stres, yang dapat menyebabkan kecemasan. Ini juga dapat membantu meningkatkan rasa kontrol dan kekuatan, yang dapat meningkatkan harga diri. Selain itu, menari dapat membantu meningkatkan koneksi sosial dan perasaan kebersamaan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis.

Terapi gerakan tari (DMT) adalah jenis terapi yang menggunakan gerakan dan tari untuk membantu orang mengatasi masalah emosional. DMT telah terbukti efektif dalam mengobati depresi, kecemasan, dan gangguan mental lainnya.

Berikut adalah beberapa cara spesifik di mana menari dapat bermanfaat bagi kesehatan psikologis:

  • Mengurangi kecemasan: Menari dapat membantu melepaskan ketegangan dan stres,yang dapat menyebabkan kecemasan.
  • Meningkatkan harga diri: Menari dapat membantu meningkatkan rasa kontrol dan kekuatan, yang dapat meningkatkan harga diri.
  • Meningkatkan kesejahteraan psikologis: Menari dapat membantu meningkatkan koneksi sosial dan perasaan kebersamaan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis.

 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading