Sukses

Lifestyle

Workshop Seru Scented Candle bersama Manuelle.id di Fimela Day 2023 Hari Ke-2, Cerita Inspiratif Bangun Bisnis Sendiri setelah Kena Layoff

Fimela.com, Jakarta Fimela Day 2023 It's Her Day masuk hari kedua. Banyak acara menarik bisa kamu temukan di sini.

Hari ini, Sabtu (25/11/2023), di Fimela Day 2023 hari kedua, para pengunjung dan Sahabat FIMELA diajak untuk turut dalam workshop membuat lilin aromatik bersama Manuelle.id. Tim FIMELA berkesempatan untuk berbincang bersama Amel, salah satu founder dari Manuelle.id.

Amel bercerita bahwa bisnis membuat lilin aromatik ini dimulai di tahun 2020, setelah dirinya terkena layoff. Menarik, karena selain karena layoff, ternyata Amel juga sebelumnya sangat menyukai lilin aromatik.

"Aku itu suka banget sama lilin aromatik. Tapi dulu kan selalu beli, nggak kepikiran untuk bikin sendiri. Lalu, saat COVID masuk Indonesia, perusahaan tempatku bekerja terkena dampak dan aku salah satu yang di-layoff," cerita Amel.

Memulai bisnis sendiri membutuhkan keberanian untuk memulai

Tak lama setelah layoff, Amel berpikir untuk membangun bisnisnya sendirI. Sebelumnya, Amel senang melakukan banyak hal, hingga ia dikenal sebagai pribadi yang kreatif oleh teman-temannya.

"Aku tuh dari dulu senang ngelakuin banyak hal. Pernah ngapa-ngapain, jual hijab pernah, hair do pernah, tapi untuk bisnis, aku berpikir untuk melakukan hal yang aku suka, yaitu lilin ini."

Bagi Amel, jika dirinya tak pernah mau dan berani untuk memulai, ia tidak akan pernah tahu bahwa ia bisa membangun bisnisnya sendiri, setelah sekian lama bekerja kantoran. Menurut Amel, kunci untuk membangun bisnis sendiri adalah berani keluar dari zona nyaman.

"Yang penting adalah berani keluar dari zona nyaman. Aku kan juga nggak pernah kepikiran akan kena layoff dan nggak punya pilihan. Mau daftar kerja lagi juga susah, karena lagi COVID, jadi muter otak mau ngapain nih sekarang. Tapi kalau nggak dimulai, aku nggak tahu kan kalau ternyata aku bisa."

Tantangan yang dirasakan Amel selama menjalankan bisnisnya sendiri

Bukan berarti Amel tak pernah merasakan tantangan selama menjalankan bisnisnya sendiri. Seringkali, ia merasa ada di titik rendah di mana ia ingin berhenti.

"Tapi untungnya, aku itu orangnya juga gampang flip gitu. Jadi, kalau lagi ada di titik rendah, aku biasanya kasih waktu untuk diriku sendiri berdiam diri, tapi besoknya udah harus jalan lagi, bangkit lagi, hadapin aja dulu."

Bagi Sahabat FIMELA, Amel menyarankan agar berani untuk memulai dan mulailah dengan hal-hal yang disukai. Apakah sekarang kamu juga sedang berpikiran untuk memulai sesuatu, Sahabat FIMELA?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading