Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Baik Hati dan Polos Tapi Gampang Dibohongi

Fimela.com, Jakarta Perlu diketahui bahwa tidak semua kebaikanmu akan dihargai oleh orang lain. Berbuat baik tentu anjuran bagi siapa pun, tapi terkadang kamu juga perlu memilah terhadap siapa bisa berbuat baik, jangan sampai kamu justru dimanfaatkan, ditipu, dibohongi atau bahkan dikhianati, karena terkadang orang berpikir bahwa baik hati dan bodoh itu beda tipis. Kamu bisa menjadi seseorang baik hati kapan pun, tapi ketahui juga apakah kamu tipe orang yang polos dan gampang dibohongi. Ini sekian tanda bahwa orang lain menyalahgunakan kebaikanmu karena kamu polos dan gampang dibohongi.

1. Orang menuntut waktu, tenaga dan energimu

Kamu mungkin menolong seseorang atas dasar rasa empati, tapi tidak semua orang punya niatan baik saat ditolong. Apalagi jika kamu berulang kali menolong orang itu. Ada kemungkinan mereka akan bergantung padamu dan bukannya berterima kasih atas pertolonganmu, tapi justru menuntutmu untuk melakukan apa pun untuk mereka. Hati-hati jika seseorang yang kamu tolong sudah mulai ngelunjak saat ditolong.

2. Tak balik membantu saat kamu kesulitan

Satu bukti bahwa kebaikanmu hanya dimanfaatkan saja adalah ketika kamu banyak menolong seseorang dan ia tak ada untukmu saat tersulitmu. Awalnya kamu pikir ia mungkin sedang sibuk, lelah atau belum bisa ada untukmu, tapi sayangnya ia memang sengaja tidak mau membantu. Orang-orang seperti ini tidak peduli dengan kepentinganmu, mereka hanya mementingkan keinginannya sendiri. Paling menjengkelkannya lagi, mereka akan datang lagi saat butuh bantuan.

3. Ditolong malah minta lebih

Pernah merasa seperti ini? Bisa jadi kamu memberi nasi kotak untuk pengemis di jalanan, tapi ternyata ia minta sekalian dibelikan minum dan jajanan, bahkan dengan kata-kata memaksa dan kasar. Jika dibiarkan sekali, mungkin masih bisa dipahami. Tapi jangan berulang berkali-kali, itu tanda kebaikanmu sedang dimanfaatkan. Sederhananya lagi, kamu mungkin membantu mengangkat barang saat teman pindahan, tapi pada akhirnya mereka 'meminta tolong' padamu untuk mengangkat semua barang sedangkan temanmu itu malah bersantai ngobrol.

4. Tak pernah minta maaf

Ketika temanmu ini melakukan kesalahan, ia tak benar-benar meminta maaf atas kesalahannya, atau justru melakukan kesalahan berulang kali seakan kamu tak pernah sakit hati. Ia hanya mengatakan "maaf aku gak bermaksud begitu" dan kalimat itu berulang kali keluar dari mulutnya. Kamu tahu bahwa ia berbuat salah, tapi terus memaafkannya. Saat itulah kamu perlu menyadari bahwa kamu menjadi orang yang terlalu baik dan polos hingga mudah dibohongi dan dimanfaatkan.

5. Ia menyakitimu tapi tak merasa bersalah

Ingatkah kamu tentang seseorang yang telah melakukan hal yang tak bisa dimaafkan tapi ternyata ia tak pernah merasa bersalah? Bahkan bersikap normal seakan tak terjadi apa pun. Orang seperti ini jelas hanya memanfaatkan kebaikanmu dan tak pernah benar-benar berterima kasih atas pertolonganmu atau kebaikanmu. Jangan terlalu diperhatikan lagi orang macam ini, mereka hanya membuang waktumu. Berbuat baik itu perlu, tapi kamu juga perlu menjaga hati dan harga dirimu.

Itu dia sekian tanda kamu baik hati dan polos tai gampang dibohongi.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading