Sukses

Lifestyle

5 Tanda Sikap Seseorang Lebih Cerdas dari yang Kamu Kira

Fimela.com, Jakarta Ada kalanya seseorang diremehkan atau diabaikan hanya karena terlihat naif, polos atau tidak tahu apa-apa. Padahal ada banyak alasan mengapa seseorang yang cerdas memilih menjadi pendiam dan tidak menunjukkan betapa cerdas dirinya hingga ia diajak diskusi atau berdebat. Sekilas pandang atau first impression bisa saja menipu, kita merasa diri kita sangat pintar hingga menganggap orang lain kurang. Padahal bisa jadi orang yang kita ajak bicara sebenarnya lebih cerdas dan berpengetahuan dari kelihatannya atau dari yang kita duga.

Agar tak meremehkan orang lagi, coba cek sekian tanda berikut ini, ciri seseorang yang cerdas lebih dari yang terlihat dari luar.

1. Tidak banyak bicara

Orang cerdas yang sesungguhnya tidak akan banyak bicara dan sesumbar, ia lebih sering mendengarkan dan menyerap informasi dengan menyimak hal-hal detail yang mungkin dilewatkan orang lain. Ia hanya bicara ketika diperlukan saja. Ia lebih banyak belajar dan melihat apa yang terjadi di sekitarnya, kemudian menilai atau membuat kesimpulan. Terlalu banyak bicara seringkali hanya membuang waktu tapi tidak membuatnya berkembang.

2. Tidak terpatok work and life balance

Satu hal yang menarik dari orang cerdas adalah ia bisa melakukan segala hal dengan baik tanpa banyak mengeluh. Ia tangguh dan tahan banting secara mental, stabil secara emosional, sekaligus logis dan realistis dalam berpikir. Ia dianugerahi ketangkasan menyeimbangkan segala sesuatu tanpa merasa begitu tertekan. Ia mampu mengatasi urusan rumah, masalah pekerjaan, konflik sosial hingga kepentingan pribadi dengan baik. Dan ketika ia juggling dengan semua kepentingan itu, entah bagaimana ia berhasil 100% tanpa hilang keseimbangan.

3. Tidak terikat media sosial

Orang-orang dengan kecerdasan di atas rata-rata menggunakan media sosial, tapi tidak kecanduan dengannya. Ia menggunakan gawai dengan bijak dan tetap menjalani hidup nyata tanpa terbawa arus FOMO. Ia mencari banyak informasi dari media sosial dan menyaring apa yang tidak perlu diikuti. Ia cerdas dalam menilai mana yang perlu diambil dan tidak dari media sosial. Daripada memastikan hidupnya baik dan sempurna di dunia maya, ia lebih fokus memastikan kehidupannya seimbang dan sempurna di dunia nyata.

4. Tidak membuat orang lain terlihat bodoh

Orang cerdas yang sesungguhnya bisa dilihat dari caranya memperlakukan orang lain. Ia tidak membuat orang lain merasa bodoh dan tidak tahu apa pun. Orang cerdas tidak mendiskriminasi orang hanya karena isi otaknya. Ia menghargai siapa pun terlepas dari profesi, status sosial maupun tingkat kecerdasan. Ia tahu, tidak enak dianggap bodoh dan diabaikan, maka ia tak melakukan itu pada orang lain. Justru ia lebih suka dekat dengan orang yang polos tapi baik daripada yang suka pamer dan mudah meremehkan orang.

5. Tidak dramatis

Kehidupan kadang berjalan baik dan buruk di kala tertentu. Ada saatnya kita menghadapi masalah, dan ada saatnya berjalan tenang. Orang cerdas tidak mendramatisir konflik kehidupannya, ia berjalan dengan pikiran stoic sambil tetap menemukan solusi dari segala masalah. Ia berpikir dan merenungkan setiap hal ketika hidupnya tidak baik-baik saja. Ia tidak menghabiskan waktu mengumbar masalah pribadinya karena selain menjaga privasi, ia juga ingin bisa menyelesaikan sendiri apa yang menjadi risikonya. Sikap ini juga menunjukkan bahwa ia dewasa dan bijaksana.

Itu dia sekian tanda seseorang lebih cerdas dari apa yang terlihat, jadi jangan diremehkan ya!

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading