Sukses

Lifestyle

Spons Bersih dan Harum, 5 Tips untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Spons

Fimela.com, Jakarta Spons adalah salah satu alat kebersihan yang paling penting dimiliki di rumah. Hal ini dikarenakan spons merupakan salah satu alat yang sering digunakan untuk membersihkan banyak hal, seperti piring, lantai, dan permukaan lainnya. Namun, spons juga rentan menjadi tempat bersarangnya bakteri dan bau tak sedap.

Berdasarkan situs Rd.com, bau tak sedap yang dikeluarkan oleh spons dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti sisa makanan, lemak, dan juga kotoran lainnya yang menempel pada spons. Bukan hanya baunya yang menyengat, tetapi spos yang bau juga dapat mempengaruhi kesehatan manusia.

Menurut NyTimes.com, spons yang bau umumnya tidak memberikan dampak yang signifikan untuk kesehatan. Spons yang kotor dan bau bisa bikin orang yang daya tahan tubuhnya lemah jadi mudah sakit, seperti infeksi. Mengutip pernyataan dari Markus Egert, ahli mikrobiologi di Universitas Furtwangen di Jerman dari New York Times menyarankan bahwa jika spons mulai bau dan rusak, sangat disarankan untuk langsung membuang spons.

Nah, jika Sahabat FIMELA baru saja membeli spons dan hanya menggunakannya sebanyak dua kali dan mulai mengeluarkan bau. Kalian harus mencoba lima tips ini dalam membersihkan spons. Berikut adalah lima tips sederhana untuk membersihkan spons menurut Bloomingfulpeach.com.

 

 

Basmi dengan Produk

Semprotan Anti-bakteri 

Setelah selesai mencuci piring, semprotkan seluruh permukaan spons dengan cairan pembersih antibakteri. Kemudian, remas spons selama dua hingga tiga menit agar cairan pembersih meresap ke seluruh permukaan spons. Setelah itu, masukkan spons ke dalam nampan pengering spons. Jangan bilas spons.

Hand Sanitizer 

Sebelum menggunakan cara ini, bersihkan terlebih dahulu spon dengan air mengalir. Setelah sudah masukan ¼ gelas hand sanitizer lalu rendam. Remas spons selama 3 sampai 5 menit. Kemudian bilas dengan air mengalir dan langsung keringkan.

 

Cuka

Rendam spons dalam larutan cuka selama 10 menit. Jika sudah direndam selama 10 menit, rendam lagi ke dalam campuran air panas (1 gelas) dan ¼ gelas soda kue. Tunggu selama 10 menit. Terakhir bilas menggunakan air hangat

 

 

Bisa juga dengan Bantuan Lainnya

Microwave

Tips ini hanya boleh kamu lakukan jika kamu memiliki spons dengan bahan 100% selulosa. Hal ini karena spons yang memiliki bahan di luar ini akan menyebabkan percikan api di dalam microwave. 

Cara melakukannya adalah dengan memasukan spons kedalam mangkuk berisikan air, kemudian masukan kedalam microwave selama 3 menit. Jika kamu tidak mau bakteri dari spons tersebar disarankan untuk melapisinya dengan plastik tahan panas karena kantung ini dapat membuat bakteri tidak tersebar.

Untuk lebih lengkap:

  1. Masukkan 2 sendok makan cuka suling putih dan ½ cangkir air ke dalam mangkuk tahan microwave.
  2. Atur microwave pada suhu tinggi selama 4 menit.
  3. Tutup pintu microwave selama 15 menit.
  4. Biarkan cuka kukus menyerap baunya.
  5. Setelah 15 menit, bersihkan seluruh bagian dalam microwave dengan tisu bersih.

Sinar matahari

Tahukah Anda bahwa sinar UV matahari dapat membunuh bakteri? Untuk menghilangkan bau spons dengan cara ini, pastikan cuaca cerah dan spons Anda memiliki cukup kelembapan agar sinar matahari dapat memanaskan air di dalamnya.

Setelah mencuci piring, bilas spons sampai bersih. Letakkan spons di jendela yang terkena sinar matahari dan biarkan matahari bekerja dengan memanaskan spons. Cara ini paling efektif jika Anda dapat menopang spons pada sisinya atau pada selembar piring kertas bersih. Jika salah satu sisinya sudah kering, ganti piring kertas atau tisu dan letakkan sisi yang kering menghadap ke bawah untuk mencegah kontaminasi silang.

Cara ini adalah cara yang aman dan efektif untuk menghilangkan bau spons. Ini juga merupakan cara yang lebih ramah lingkungan daripada menggunakan pemutih atau bahan kimia lainnya.

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading