Sukses

Lifestyle

7 Ciri-Ciri Seorang Social Butterfly, Bisa Berteman dengan Banyak Orang!

Fimela.com, Jakarta Secara individu, manusia memiliki karakteristik dan kepribadian yang berbeda. Sahabat Fimela mungkin pernah menjumpai seseorang yang sangat cakap dalam bersosialisasi dan mempunyai banyak teman dimana pun mereka berada. Jangkauan pertemanan yang luas ini sering kali membuat seseorang atau bahkan mungkin dirimu sendiri dapat disebut sebagai social butterfly. 

Seperti julukannya, social butterfly adalah istilah yang merujuk pada individu yang terampil secara sosial, percaya diri, dan cenderung karismatik. Secara umum, seorang social butterfly mudah untuk berinteraksi dan berteman dengan orang lain. 

Melansir dari laman Mind Boy Green, menurut seorang psikolog, social butterfly akan menempatkan prioritas untuk bisa berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, mereka akan secara aktif mencari rencana dan membuat percakapan. Keinginan tersebut juga didasarkan pada adanya ketertarikan pada orang lain sehingga mereka memiliki kepribadian berkarisma yang disukai orang lain. 

1. Ekstrovert dan Penuh Energi

Seorang social butterfly cenderung memiliki kepribadian yang ekstrovert sehingga penuh energi untuk berinteraksi dengan orang lain. Asepk ini termasuk ke dalam ciri utama yang menggambarkan individu dengan social butterfly. Mereka akan mendapat energi dengan berbicara pada orang lain dan berada dalam situasi sosial. Bahkan, mereka tetap dapat mempertahankan antusiasmenya dalam menjalani interaksi beberapa kali sehari. 

Sifat ini membuat social butterfly sering kali merasa bersemangat dan menantikan untuk bertemu dengan orang baru. Maka dari itu, mereka termasuk seseorang yang menyenangkan. 

2. Memiliki Keterampilan Sosial yang Sangat Baik

Munculnya daya tarik untuk bertemu orang baru dan berinteraksi dengan seseorang membuat social butterfly akan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Mereka mengasah keterampilan tersebut dengan aktif sehingga dapat dengan mudah memulai percakapan, mendengarkan, hingga memberikan reaksi secara ekspresif. Saat berbicara dengan orang lain pun, tak jarang muncul keterampilan sosial yang terasa lebih dominan, namun tetap menghargai respon dan batasan orang lain. 

 

3. Pesona yang Berkarisma

Menjadi pembicara yang mahir membuat social butterfly memiliki pesona yang terlihat jelas dan berbeda. Biasanya, mereka akan memiliki pribadi yang karismatik karena sikapnya yang ramah dan hangat saat bersama orang di sekitarnya. Itulah sebabnya, banyak orang akan merasa senang untuk berteman dengan si social butterfly. Jadi, jangan kaget kalau orang yang social butterfly akan punya jadwal yang pada untuk menikmati waktu dengan teman-temannya. Apalagi, mereka bisa turut andil dalam banyak circle pertemanan yang berbeda-beda. 

4. Mudah untuk Beradaptasi

Keinginan untuk memperluas hubungan pertemanan bisa meningkatkan kemampuan beradaptasi mereka dalam berbagai situasi. Mereka dapat menyesuaikan diri untuk merasa nyaman sampai menjalin percakapan dengan siapa saja. Tidak masalah dengan latar belakang atau apa pun minatnya, social butterfly akan tetap berusaha untuk bertransformasi menjadi lawan bicara atau bagian dari suatu kelompok. 

5. Bersemangat dalam Kegiatan Sosial

Social butterfly akan merasa senang untuk mengikuti ragam kegiatan sosial. Munculnya empati tersebut membuat mereka bisa menghubungkan diri dengan orang lain. Alasan tersebut juga yang membuat mereka bisa berpartisipasi dalam banyak kegiatan.

Belum lagi dengan lingkaran pertemanan yang beragam, social butterfly sangat handal dalam memperluas jaringan sehingga punya banyak kegiatan yang bisa menyenangkan diri sendiri. Mulai dari mengatur situasi, menginspirasi orang lain, hingga menghidupkan suasana dalam kegiatan tersebut. 

6. Mudah Didekati

Sikap terbuka yang dimiliki social butterfly akan mempermudah seseorang untuk mendekati mereka. Sikap ini akan mengundang jalinan persahabatan yang tiada habisnya. Ditambah lagi, mereka bisa membuat orang lain cepat merasa nyaman dengan keramahan dan sikap yang tidak menghakimi. Dengan mudah, mereka bisa berbagi cerita, pendapat, hingga mencari obrolan baru. 

7. Menjadi Pendengar yang Aktif

Setiap orang pasti menginginkan untuk dihargai oleh orang lain. Memiliki kemampuan untuk mendengarkan secara aktif dan bersungguh-sungguh bisa membuat orang lain merasa dimengerti dengan baik. Selama percakapan, melibatkan konsentrasi penuh dengan memahami dan merespons apa yang dikatakan adalah suatu hal yang sederhana, tetapi bisa berdampak positif untuk orang lain. Selain itu, mereka juga dapat berempati dengan memandang sesuatu dari sudut pandang orang lain. 

Demikian ciri-ciri yang bisa ditemukan dari seorang social butterfly. Pastinya, di dalam kehidupan tak jarang kepribadian ini bisa ditemui dimana saja. Nah, Sahabat Fimela juga pernah memiliki teman dengan ciri ini atau mungkin kamu termasuk salah satunya? 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading