Sukses

Lifestyle

Kenali 8 Ciri Orang dengan Kecerdasan Linguistik yang Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk memahami, memperoleh, dan menggunakan bahasa secara efektif. Kecerdasan linguistik digunakan dalam berbagai cara seperti membaca, menulis, hingga berbicara. Kemampuan ini akan sangat berguna, tidak hanya dalam kehidupan pribadi tetapi juga pada karir di berbagai bidang.

Orang dengan kecerdasan linguistik yang tinggi memiliki bakat untuk belajar dan menggunakan bahasa. Mereka mahir berdiskusi dan menjelaskan baik secara tertulis maupun lisan. Tak hanya memahami kata, orang dengan kecerdasan linguistik yang menonjol mampu merasakan dan merespons nada suara, tempo, ritme, serta bunyi kata.

Mereka memiliki penguasaan bahasa yang alami, termasuk pemilihan kata, pengucapan, dan semantik, serta belajar bahasa dengan mudah. Dilansir dari numberdyslexia.com, seseorang yang menguasai suatu bahasa baik lisan maupun tulisan, mungkin memiliki keterampilan linguistik yang baik, mulai dari kosa kata hingga frasa dan kalimat. Kecerdasan linguistik dapat dikembangkan seperti dengan lebih banyak membaca dan menulis, menjadi pendengar yang baik, serta berlatih komunikasi dengan efisien.

Ciri seseorang dengan kecerdasan linguistik yang tinggi

Dilansir dari numberdyslexia.com, seseorang dengan kecerdasan linguistik yang menonjol cenderung menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut:

Sering menggunakan kata-kata yang indah

Orang dengan kecerdasan linguistik yang tinggi mampu menggunakan kata-kata indah untuk menggambarkan dirinya dengan memanfaatkan tata bahasa dan representasi visual. Oleh karena itu, mereka dapat dengan mudah mengubah ide-ide abstrak menjadi sebuah frasa yang bermakna utuh dan lebih mudah dipahami.

Gemar membaca dan menulis

Selain kemampuan membaca, orang dengan kecerdasan linguistik yang menonjol merupakan penulis yang hebat. Mereka mampu membaca beberapa buku dalam setahun dan menjadikan menulis sebagai sebuah aktivitas untuk mengekspresikan ide-idenya.

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Orang dengan kecerdasan linguistik cenderung terorganisir, objektif, dan mampu membuat pilihan yang cerdas, sehingga mereka dapat memilih terminologi yang luar biasa untuk menyampaikan pesannya. Mereka sering kali menjadi motivator kepada orang-orang di sekitarnya.

Mudah menemukan metafora

Jika memiliki waktu luang, mereka sering memanfaatkannya dengan menafsirkan puisi, menciptakan karya seni, dan bagian sastra lainnya, serta bermain teka-teki, permainan kata, dan membaca buku. Dengan demikian, mereka dapat dengan mudah menemukan metafora di segala teks.

Senang belajar bahasa

Orang dengan kecerdasan linguistik yang menonjol senang menonton atau mendengarkan acara dalam bahasa lain. Mereka bersemangat untuk mempelajari dan menguasai bahasa baru.

Mampu menjelaskan konsep

Orang-orang dengan kecerdasan linguistik yang tinggi mampu memahami berbagai sumber dengan mudah, sehingga dapat menjelaskan konsep dengan jelas, dan menemukan setiap kata atau kalimat penting.

Memiliki minat di bidang seni kreatif

Komunikasi yang berlangsung tidak hanya melalui kata-kata, tetapi juga bisa dalam berbagai bentuk lain seperti gambar, lukisan, dan seni rupa lainnya. Dengan demikian, orang yang cerdas secara linguistik menunjukkan minat dalam berbagai bidang seni kreatif.

Mudah memahami pola

Orang dengan kecerdasan linguistik yang tinggi sering kali mengenali pola dengan mudah. Kecerdasan linguistik dan kognisi berkaitan erat dan saling berhubungan dalam mengembangkan kepribadian seseorang.

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesDesember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading