Sukses

Lifestyle

Apa Penyebab Cantengan? Simak Cara Mengatasinya di Sini

Fimela.com, Jakarta Cantengan, atau dalam istilah medis dikenal sebagai onychocryptosis, adalah kondisi di mana kuku pendek sedikit tumbuh ke dalam kulit di sekitarnya. Gejala cantengan meliputi kemerahan, pembengkakan, dan rasa nyeri di sekitar kuku yang terkena. Kondisi ini umumnya terjadi pada jari kaki, terutama pada jempol kaki.

Cantengan dapat menimbulkan rasa nyeri, kemerahan, pembengkakan, bahkan infeksi jika tidak ditangani dengan baik. Gejala lainnya dari cantengan adalah keluarnya cairan atau nanah dari area yang terkena dan perubahan warna kuku.

Jika kamu mengalami gejala cantengan, penting untuk segera mencari perawatan medis. Namun kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut penyebab cantengan serta cara mengatasinya yang harus kamu ketahui.

Penyebab Cantengan

  • Memotong kuku yang terlalu pendek dapat menyebabkan kulit di sekitar kuku tumbuh masuk dan menimbulkan iritasi.
  • Menggunakan alat pemotong kuku yang terlalu tajam juga dapat meningkatkan risiko terjadinya cantengan
  • Mengenakan sepatu yang terlalu sempit dapat menciptakan tekanan berlebih pada kuku, memicu pertumbuhan kulit di sekitarnya yang tumbuh masuk.
  • Memencet atau mencabut kulit di sekitar kuku dengan jari dapat merusak jaringan di area tersebut.

Faktor Risiko Seseorang Mengalami Cantengan

  • Cedera pada jari kaki yang tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan cantengan.
  • Bentuk kaki yang tidak normal atau kelainan pada kuku, seperti kuku yang tumbuh ke dalam atau terlalu tebal, dapat menjadi faktor penyebab cantengan.
  • Orang dengan kondisi seperti diabetes atau gangguan sirkulasi memiliki risiko lebih tinggi karena mungkin mengalami masalah dalam penyembuhan luka.

Gejala Cantengan

Gejala cantengan dapat berupa kemerahan, pembengkakan, dan rasa nyeri di sekitar kuku jari kaki yang terkena. Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan infeksi dan bahkan abses di area tersebut

Gejala cantengan juga dapat mencakup pembentukan nanah di sekitar kuku, bergeraknya kuku ke dalam kulit, dan terjadi infeksi bakteri. Biasanya, condong terjadi pada kuku jari kaki, terutama pada ibu jari, tetapi juga bisa terjadi pada kuku tangan.

Pengobatan Cantengan

Pengobatan cantengan dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada tingkat keparahan kondisinya. Pengobatan sederhana meliputi perendaman kaki dalam air hangat dan pembersihan kuku kaki dengan hati-hati. Namun, jika cantengan sudah parah, mungkin diperlukan tindakan medis seperti pembedahan untuk mengangkat bagian kuku yang tumbuh ke dalam kulit. Selain itu, dokter juga mungkin meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi yang mungkin terjadi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading