Sukses

Lifestyle

Tips Menyimpan Peralatan Dapur Berkayu Agar Terhindar dari Jamur

Fimela.com, Jakarta Dalam memasak atau membuat makanan di dapur seringkali ada 'drama kecil' yang membuat mood menjadi anjlok dan bete ketika sedang BM atau punya keinginan untuk memasak. Faktor utamanya adalah tentu saja peralatan dapur yang mulai mengeluarkan bau tidak sedap atau timbulnya jamur pada permukaan. 

Tidak hanya berbahan alumunium saja, jamur juga sering menempel pada peralatan dapur yang berbahan kayu. Biasanya hal ini disebabkan karena kurang bersihnya peralatan ketika sedang di cuci. Selain itu, penyimpanannya yang salah seperti membiarkan peralatan berada di ruangan yang lembab dan memiliki suhu yang tinggi juga menjadi alasan lain mengapa jamur bisa muncul. 

Maka dari itu, kamu harus segera mengatasi jamur yang muncul pada permukaan peralatan dapur agar bisa terus berkreasi dalam memasak. Berikut tips atasi jamur serta cara menyimpan peralatan dapur berkayu yang disadur melalui the Spruce Eats dan the Spoon Crank untuk kamu Sahabat FIMELA. 

 

Tips atasi jamur pada peralatan dapur berkayu

Tidak jarang jika kita menemukan bercak aneh pada peralatan dapur. Mungkin kamu berpikir itu merupakan bekas masakan biasa. Namun jika kamu mencium bau aneh dari peralatan dapur, bisa jadi itu merupakan ulah dari makhluk kecil bernama jamur. 

Berikut cara mengatasi jamur pada peralatan dapur berkayu 

  • Kamu dapat mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan setara.
  • Kemudian celupkan ke dalam lap bersih.
  • Keluarkan dari campuran air dan cuka tadi. 
  • Dan lap secara pelan pada bagian peralatan yang berjamur.
  • Biarkan peralatan kering dan cuci bersih sebelum digunakan kembali. 

Cara untuk merawat dan menyimpan peralatan dapur berbahan kayu agar tidak ada jamur pada permukaannya

1) Cuci peralatan tanpa menggunakan mesin pencuci atau hand wash 

Cara terbaik untuk merawat peralatan kayu adalah dengan mencucinya secara hand by hand atau menggunakan tangan. Mengapa tidak menggunakan mesin pencuci piring seperti dish washer? Penggunaan sabun dengan kandungan kimia yang tinggi dapat merusak kualitas alami dari peralatan kayu tersebut. 

2) Keringkan peralatan dengan cara yang tepat 

Setelah mencuci peralatan berkayu hingga bersih, kamu dapat mengeringkannya dengan lap kering. Hindari mengeringkan peralatan kayu dengan pengering karena hanya akan membuat permukaan peralatan memburuk dan mudah rusak. 

3) Oleskan minyak pada peralatan kayu agar peralatan tidak kering dan mudah retak

Biasanya minyak seperti food grade mineral oil, minyak untuk lilin, maupun minyak seperti minyak biji rami dan minyak tung dapat digunakan untuk peralatan kayu. Caranya mudah, kamu hanya perlu menuang minyak dalam jumlah kecil ke lap bersih kemudian oleskan pada permukaan peralatan kayu. Diamkan selama beberapa jam atau semalaman agar hasil maksimal. Jangan gunakan minyak zaitun maupun minyak sayur lainnya sebab hanya akan membuat peralatan dapur kayumu mengeluarkan bau tidak sedap. 

4) Hindari merendam peralatan kayu di dalam air dalam waktu yang lama 

Tidak jarang pada saat kita sedang mencuci peralatan dapur kita sering merendamnya dalam waktu yang lama. Berbeda dengan peralatan lain, peralatan dapur berbahan kayu sebaiknya tidak direndam terlalu lama karena akan menghilangkan tekstur alaminya yang membantu untuk melindungi permukaan peralatan kayunya. Jika peralatanmu ada noda sebaiknya segera angkat saja.

5) Simpan peralatan kayumu dengan benar

Simpan peralatan kayu di tempat yang kering, sejuk dan terhindar dari ruang yang terlalu lembab. Jika peralatan dapur kayumu terpapar suhu yang begitu tinggi, peralatanmu akan pecah hingga kehilangan bentuk awal. Jauhkan peralatan kayu dari sumber panas seperti kompor, oven, hingga sinar matahari. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading