Sukses

Lifestyle

Metode Light Packing, Tips Ampuh Atasi Panik Ketika Berpergian Dadakan

Fimela.com, Jakarta Berpergian bisa menjadi momen yang menyenangkan namun disisi lain dapat menjadi menyebalkan jika tiba-tiba dapat kabar dadakan. Misalnya pada saat situasi dalam pekerjaan yang mengharuskan untuk dinas di kota ataupun negara yang berbeda. Sulit sekali rasanya untuk tidak merasa panik dan bingung dalam menentukan langkah selanjutnya. 

Kamu pastinya tidak mau momen berpergianmu terganggu karena barang bawaanmu berlebih atau bahkan kurang. Terlebih rasa panik dapat membuatmu menjadi overwhelmed sehingga kamu mengepak barang yang salah dan hanya menghabiskan waktu yang sia-sia. 

Coba beralih ke metode mengepak ala light packing atau metode mengepak barang dengan cepat dan mudah. Metode ini lebih rapi dan terstruktu dalam mempersiapkan barang. Kamu bisa terhindar dari biaya check in lebih karena overwheight hingga memudahkan diri dalam berpergian. Berikut tips dan cara melakukan light packing yang disadur dari Indie Traveller. 

4 aturan mengepak barang secara cepat yang wajib kamu pahami

1) Siapkan barang yang harus dibawa bukan yang sekenanya 

Memiliki jadwal untuk berpergian secara mendadak memang dapat membuat seseorang gugup terlebih dalam mengepak barangnya. Agar tidak terlihat overprepared atau mempersiapkan barang bawaan secara berlebihan, sebaiknya kamu siapkan serta bawa barang-barang yang memang kamu rasa seperlunya saja. 

 

2) Kualitas di atas segalanya, bawa saja barang-barang yang efisien dan berguna 

Pikirkan kembali jika kamu ingin membawa barang terlalu berlebih, terutama dalam durasi berpergian yang sebentar saja atau misalnya ketika kamu mengunjungi lokasi ekstrim yang mengharuskan kamu untuk membawa berbagai macam barang pendukung seperti peralatan trekking kamu bisa memanfaatkan sewa di tempat saja. 

3) Pilih pakaian yang nyaman

Jangan salah meskipun kamu melakukan pengepakan barang yang cepat bukan berarti kamu tidak bisa melakukan mix and match untuk penampilanmu. Siasati dengan pakaian dengan warna yang simpel agar kamu bisa melakukan mix and match dan memiliki tampilan penuh percaya diri. 

4) Yang terpenting, jangan lupa buat daftar barang yang dapat memenuhi kebutuhanmu selama berpergian

Biasanya daftar barang-barang yang akan dibawa akan selalu dipenuhi dengan barang-barang yang tidak dibutuhkan. Namun bukan berarti kamu tidak dapat melakukannya, menuliskan daftar barang akan membuatmu tahu sejauh mana kebutuhan barang yang kamu bawa untuk berpergian. 

Cara untuk mengepak barang dengan cara light pack untuk bepergian

1) Ukur seberapa besar tas dengan jumlah barang yang kamu bawa 

Setiap maskapai penerbangan memiliki daya tampung maksimal yang berbeda. Ketika kamu bepergian pastinya sebelum check-in kamu akan melakukan pengukuran koper maupun tas ketika berada di bandara. Sebaiknya kamu ukur mandiri terlebih dahulu sebelum mendapatkan 'kejutan' seperti overweight dan mengharuskan kamu untuk mengepak barang kembali.

2) Pilih tas atau koper yang cocok untuk berpergian 

Tips kedua untuk mengepak barang secara cepat tentukan jenis tas atau koper yang ingin kamu bawa. Jika kamu bawa barang dalam jumlah kecil kamu bisa memilih tas ransel berukuran kecil, koper kecil, hingga tas kabin. Kamu juga dapat menyesuaikan apakah kamu akan membeli bagasi atau sekedar menaruh barang di kabin pesawat. 

3) Mulailah mengemas 

Kamu bisa mengatur dan mengepak barang-barang yang akan kamu bawa. Mulai dari ikuti tips sebelumnya serta bawa beberapa kebutuhan tambahan seperti peralatan untuk mandi, peralatan listrik seperti charger dan powerbank. Ingat selalu untuk memisahkan peralatan listrik apapun dan jangan sesekali menaruhnya di dalam koper maupun tas khusus berisi pakaian sebab tekanan udara di pesawat dapat membuat peralatan listrik meledak. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading