Sukses

Lifestyle

5 Cara Sederhana Self Healing untuk Memulihkan Diri

Fimela.com, Jakarta Luka batin bisa diakibatkan oleh peristiwa traumatis yang berpengaruh hingga beranjak dewasa. Meski sudah berada dalam fase dewasa, sering kali kondisi tersebut menjadi kendala karena adanya rasa takut yang mendalam, rasa sulit untuk percaya pada orang lain, dan merasa kesal pada hal-hal kecil. 

Luka yang diderita pada waktu lama ini bisa membekas karena pengalaman yang menyakitkan atau perlakuan buruk yang dilakukan oleh orang lain. Keadaan mental seseorang pun bisa terus berpengaruh karena dibutuhkan waktu untuk bisa benar-benar sembuh. Namun, untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk self healing agar bisa pulih. Self healing adalah proses untuk menyembuhkan luka batin yang memengaruhi kondisi emosi atau kesehatan mental seseorang. 

Diketahui dari Very Well Mind dan American Psychological Association, sejumlah cara ini bisa dilakukan untuk menerapkan self healing:

Cara Sederhana untuk Melakukan Self Healing

1. Lebih Banyak Beristirahat

Memulihkan diri bisa dimulai dari cara sederhana, seperti dengan beristirahat. Tubuh manusia membutuhkan tidur yang cukup setiap harinya. Pastikan untuk selalu memperhatikan kebutuhan tersebut dengan memperbaiki jam tidur yang berantakan dan menghindari kebiasaan buruk yang bisa berpengaruh pada kualitas tidur.

Tak jarang, energi pada tubuh bisa dengan mudah terkuras dalam waktu singkat. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan bersikap  baik pada diri sendiri. Jangan paksakan diri dan beristirahatlah sejenak untuk menenangkan diri. 

2. Memahami Perasaan Diri Sendiri dengan Journalling

Hanya dengan menuliskan apa yang dirasakan di dalam jurnal, kamu akan mendapatkan begitu banyak manfaat. Membuat jurnal merupakan cara yang sudah umum dilakukan beberapa orang untuk mengelola stress dan merefleksikan diri. Memahami segala peristiwa rumit yang telah dilewati, bisa membuatmu lebih tenang dan bersyukur karena telah bertahan hingga kini.

Dengan terhubung pada perasaan diri sendiri, kamu pun bisa menerima segala sesuatu yang sudah terjadi. Memang tidak akan mudah dan butuh proses yang panjang, bahkan bisa muncul pergolakan emosi yang tiba-tiba datang. Namun, bercerita dalam tulisan bisa membantumu untuk mengeluarkan emosi tersebut dan berdamai dengan sendirinya. 

3. Melakukan Self Care

Setiap orang mempunyai cara self care dengan versi yang berbeda-beda. Selama perjalanan menyembuhkan diri, menyayangi diri sendiri adalah aspek yang begitu penting. Menyisihkan waktu untuk self care bisa membuatmu merasa lebih damai dan nyaman. Apalagi, kamu akan merasa dicintai dengan caramu sendiri. Carilah strategi untuk mengalihkan pikiran agar jauh dari rasa khawatir dan ketakutan yang muncul tanpa henti. 

4. Meditasi

Mengetahui dari Very Well Mind, meditasi terbukti dapat mendukung penyembuhan. Rutinitas ini biasanya dilakukan sebagian besar orang untuk menghilangkan stres. Memusatkan pada perhatian penuh akan membantu dalam penyembuhan karena tubuh akan lebih rileks dan santai. Teknik meditasi dan mengolah napas juga bisa mengurangi kecemasan dan mencegah depresi. 

5. Meningkatkan Kemampuan dengan Menjalani Hobi

Untuk bisa pulih, menyenangkan diri adalah cara yang perlu diwujudkan. Libatkan diri pada hobi untuk meraih kesenangan tersebut. Mengembangkan kemampuan dengan menjalani hobi juga bisa menjadi cara sempurna untuk merealisasikan self care. Bereksplorasi dengan hobi akan menawarkan banyak efek positif, terutama untuk mengasah kreativitas dan pengembangan diri. 

 

Cara sederhana ini semoga dapat membantu Sahabat Fimela yang tengah berada dalam proses berdamai dengan diri sendiri. Sudah saatnya untuk menerima diri dan melakukan kegiatan positif untuk mencapai self healing

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading