Sukses

Lifestyle

5 Tips untuk Mengatasi Insomnia untuk Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela sering tidak bisa tidur hingga larut malam? Sudah memejamkan mata berkali-kali, tetapi rasanya tetap saja sia-sia. Kebiasaan begadang memang kerap dilakukan oleh banyak orang. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa terdapat gangguan tidur yang bisa menimpa pada siapa pun. Sahabat Fimela mungkin sudah familiar dengan istilah ini. Apalagi kalau bukan insomnia

Insomnia adalah gangguan pada perasaan atau fungsi tubuh yang bisa membuat seseorang sulit tidur atau tidak bisa tidur dengan nyenyak. Kondisi ini juga bisa menyebabkan seseorang terbangun terlalu cepat atau tidak bisa kembali tidur. Mengetahui dari Mayo Clinic, insomnia bisa menguras energi dan suasana hati sehingga menimbulkan rasa lelah ketika bangun tidur. Lebih lanjut, gangguan tidur ini akan berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan.

Ada beberapa faktor yang berkontribusi menjadi penyebab dari kondisi ini, seperti aktivitas otak, kondisi kesehatan mental, banyak pikiran, dan penyesuaian terhadap perubahan hidup dalam waktu singkat. Kebiasaan dan rutinitas pun bisa berpotensi pada kualitas tidur seseorang. Lalu, bagaimana caranya supaya bisa mengatasinya? Simak di bawah ini!

 

Cara Mudah untuk Mengatasi Insomnia

Dirangkum dari WebMd dan Everyday Health, kamu bisa menerapkan cara-cara ini:

1. Pertahankan Jadwal Tidur secara Teratur

Pikiran terkadang bisa secara alami membuat tubuh segera bangun. Dengan menerapkan kebiasaan berupa bangun pada waktu yang sama, maka kamu bisa terhindar dari risiko insomnia. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan jam tidur yang lebih baik. Kebiasaan ini juga dapat melatih tubuh supaya bisa bangun dalam waktu yang konsisten dan teratur. 

2. Kurangi Aktivitas di Tempat Tidur

Cara ampuh yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi aktivitas yang dilakukan di tempat tidur, terutama sebelum tidur. Hindari untuk banyak menonton atau mendengarkan sesuatu. Batasi penggunaan perangkat digital agar mata pun bisa memiliki banyak waktu untuk beristirahat. Dengan melakukan sedikit kegiatan dan membiarkan tubuh untuk langsung beristirahat, maka kamu pun bisa mendapatkan kesempatan untuk mencapai kualitas tidur yang lebih baik. 

3. Hindari untuk Makan atau Minum Tepat Sebelum Tidur

Ketika seseorang makan malam pada larut malam atau ngemil sebelum tidur, maka sistem pencernaan pun bisa aktif dan membuat tubuh tetap terjaga. Ditambah lagi, apabila memiliki riwayat penyakit asam lambung, maka penyakit tersebut bisa saja kambuh di malam hari. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan atau minuman sebelum tidur perlu dihindari supaya tidak menimbulkan efek samping.

 

4. Menciptakan Lingkungan yang Nyaman

Merasa nyaman juga menjadi kunci utama agar bisa memperoleh tidur yang berkualitas. Mengatur lingkungan di sekitar tempat tidur akan membuatmu lebih tenang dan santai. Efek dan suasana di dalam kamar tidur bisa berkontribusi penting untuk menciptakan kondisi tersebut. Seperti dengan pencahayaan, suhu udara, hingga meminimalisir suara dari luar. Pencahayaan bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan setiap orang. Sebagian orang bisa merasa lebih nyaman untuk tertidur lelap saat gelap, sebagian pun bisa tetap tertidur dengan paparan cahaya yang menyala terang. 

5. Menyelesaikan Kekhawatiran Sebelum Tidur

Rasa khawatir dan overthinking begitu mudah untuk menyapa tiap orang sebelum tidur. Kedua aspek tersebut sering kali bisa dirasakan di malam hari. Untuk mencegahnya, maka luangkan waktu untuk mengatasi segala kekhawatiran di hari esok dengan membuat daftar tugas atau pekerjaan yang berlu dilakukan di waktu mendatang. Melalui cara ini, maka kamu bisa lebih terencana dan mengurangi kecemasan yang mudah untuk datang. 

Semoga tips sederhana di atas bisa membantu kamu agar tidak lagi mengalami insomnia. Namun, apabila ingin mencoba cara lain, maka pertimbangkan untuk segera berkonsultasi pada tenaga profesional agar mendapatkan terapi atau obat yang direkomendasikan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur agar lebih baik.

 

Penulis: Syifa Azzahra

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading