Sukses

Lifestyle

5 Sikap Orang Cerdas yang Sering Tidak Disukai Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Terkadang orang-orang yang cerdas secara intelektual kurang cerdas secara emosional, sehingga akan cenderung memiliki sikap menjengkelkan dan tidak disukai orang lain. Tidak bisa dipungkiri bahwa seringkali orang-orang cerdas memiliki sikap yang kurang menyenangkan, karena itulah meskipun mereka cerdas luar biasa dalam banyak hal, mereka tidak disegani atau dihormati oleh orang-orang di dekatnya. Lalu sikap seperti apa saja yang membuat orang cerdas sering tidak disukai orang lain? Cek beberapa poinnya.

1. Suka membanggakan pencapaian

Orang-orang cerdas secara intelektual biasanya unggul dalam urusan akademik atau pendidikan. Tidak heran jika mereka sering juara satu di kelasnya atau mudah mencapai sesuatu seakan keberhasilan selalu berada di jalan hidupnya. Karena itulah terkadang orang cerdas suka membanggakan pencapaian dan kesuksesannya. Jika sesekali melakukannya tentu orang akan maklum, tapi jika berlebihan dan berulang kali, tentu tak akan disukai orang lain.

2. Sengaja menggunakan kata-kata sulit

Orang cerdas seringkali memiliki banyak kosakata sulit untuk menjelaskan apa yang ingin ia sampaikan. Terkadang itu memang dibutuhkan agar ia bisa menyampaikan maksud secara jelas dan tidak menimbulkan salah paham. Tapi jika itu digunakan untuk konteks yang tidak sesuai, misalnya ngobrol santai dengan teman-teman, tentu itu jadi agak mengganggu, apalagi jika ia sengaja melakukannya agar terlihat pintar.

3. Mudah merendahkan orang lain

Tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang cerdas secara intelektual tidak selalu cerdas secara emosional sehingga tidak dibekali kedewasaan dan kebijaksanaan. Itu terlihat ketika mereka mudah merendahkan orang lain dan menganggap diri mereka lebih baik dan unggul dari siapa pun. Itu sikap yang menjengkelkan dan rentan membuatnya dibenci banyak orang. Tidak ada orang yang suka diperlakukan buruk, apalagi direndahkan karena IQ-nya.

4. Banyak bicara

Beberapa orang yang cerdas secara IQ tapi tidak secara EQ akan cenderung banyak bicara. Ketika mengetahui banyak hal, orang memang terdorong ingin membagi pengetahuan yang ia dapat dan miliki. Tapi jika seseorang tidak dibekali dengan kebijaksanaan dalam bersikap, maka ia cenderung banyak bicara, bahkan untuk hal-hal yang tidak perlu. Karena ia merasa dirinya pintar, ia bisa membicarakan apa pun yang mungkin tidak diketahui orang lain.

5. Melakukan diskriminasi

Belum cukup bersikap merendahkan dan suka pamer, salah satu sikap yang tidak sukai banyak orang dari orang cerdas adalah caranya mendiskriminasi orang-orang yang ia anggap tidak selevel dengannya. Padahal jika ia memiliki kecerdasna emosional di atas rata-rata, maka secara alami ia akan memiliki kesadaran diri untuk rendah diri karena akan selalu ada orang cerdas di atas yang cerdas. Orang cerdas sesungguhnya akan menghargai orang lain dan tidak membeda-bedakan berdasarkan ras, agama, status sosial, pendidikan dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa sikap orang cerdas yang sering tidak disukai orang lain.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading