Sukses

Lifestyle

7 Sikap Orang Cerdas yang Menyebalkan di Mata Banyak Orang

Fimela.com, Jakarta Ketika seseorang memiliki otak lebih pintar dari orang lain di sekitarnya, seringkali kita akan melihat banyk perbedaan pada sikapnya. Tentu ada orang-orang cerdas yang bijaksana dan bisa menyikapi kecerdasannya secara dewasa, tapi seringkali kita juga melihat banyak orang cerdas yang menyebalkan karena memiliki sikap yang kurang menyenangkan. Tentu beberapa dari kita mungkin bisa menyebutkannya. Ini beberapa sikap orang cerdas yang menyebalkan di mata banyak orang.

1. Sombong

Salah satu sikap yang paling dibenci banyak orang dari orang cerdas adalah sombong. Karena sadar dirinya pintar dan tahu banyak hal, mereka merasa paling unggul dan beberapa langkah lebih depan dibanding orang lain sehingga bisa meremehkan orang lain. Sikap sombong ini yang menyebalkan karena tidak ada orang yang suka diremehkan dan dianggap kecil. Ketika orang pintar menunjukkan kecongkakan itu, sebenarnya ia menunjukkan bahwa dirinya tak memiliki EQ yang tinggi. Ia juga cenderung tidak disegani dan tidak dihormati orang lain.

2. Terlalu kompetitif

Orang pintar cenderung menunjukkan sikap kompetitif yang kuat. Mereka yang ambisius akan merasa kepuasan saat menang cenderung haus pengakuan dari orang lain bahwa dirinya pintar, itu juga secara alami akan mengembangkan sikap bersaing yang kuat. Ia cenderung melihat orang lain sebagai lawan atau saingan. Tentu sangat baik memiliki sikap kompetitif karena itulah yang membuatnya banyak belajar dan berkembang, tapi itu menjadi sangat menyebalkan karena ia jadi menghalalkan segala cara hanya untuk terlihat pintar atau menang.

3. Suka menggurui

Karena merasa dirinya lebih tahu segalanya, tanpa diminta seringkali mereka akan menggurui, mengkritik dan bahkan menjatuhkan orang lain karena kekurangan atau kesalahan mereka. Orang-orang cerdas yang suka menggurui inilah yang menyebalkan. Ia merasa dirinya yang paling baik dan bisa melakukan segalanya secara sempurna sehingga mudah menggurui. Bahkan jika saran dan nasehatnya bermaksud baik, tapi ketika sikapnya sok pintar dan seakan paling benar, siapa pun pasti tidak akan respect padanya.

4. Pelit berbagi ilmu

Sikap pelit juga sering ditunjukkan orang-orang cerdas karena berpikir, jika ia berbagi ilmu kepada orang lain maka mereka bisa mengunggulinya. Ia melihat itu sebagai ancaman dan bahaya karena ia tidak mau dirugikan oleh pengetahuan yang ia bagi ke orang lain. Itu adalah hasil pemikirannya, dan orang lain sebaiknya berusaha tahu dengan cara dan kemampuannya sendiri. Sikap pelit ilmu inilah yang sering dibenci banyak orang terutama saat masih duduk di bangku sekolah. Pada akhirnya orang-orang cerdas ini tak punya banyak teman.

5. Kurang peka terhadap lingkungan

Salah satu ciri orang cerdas yang menyebalkan adalah egois dan tidak peka terhadap sekitarnya. Mereka hanya mementingkan diri sendiri, mengejar ambisi dan targetnya serta tidak peduli apa pun yang terjadi, selama ia bisa meraih kesuksesan atas usahanya sendiri. Mereka akan cenderung acuh dan kurang bisa berempati karena terlalu logis dalam menilai sesuatu. Orang-orang inilah yang hanya cerdas secara akal (IQ) tapi tidak cerdas emosional (EQ).

6. Terlalu penyendiri

Meskipun membutuhkan waktu untuk sendiri bukan hal yang salah, tapi sayangnya tidak semua orang bisa memahami kebiasaan ini. Orang sering menganggapnya sebagai sikap sombong, angkuh dan egois karena orang cerdas memilih menjadi penyendiri, memberi jarak, sekat atau asik sendiri. Orang cerdas umumnya butuh waktu sendirian untuk memproses informasi di dalam otaknya, ketika ini terjadi ia akan memangkan distraksi dari luar agar bisa lebih fokus dengan pikirannya. Tapi menjadi terlalu memberi jarak juga kurang memberi kesan positif.

7. Suka menyalahkan orang lain

Suka menyalahkan atau mengambinghitamkan orang lain juga dianggap sangat menyebalkan. Orang cerdas biasanya pandai bicara dan berargumen sehingga ia bisa menemukan banyak alasan mengapa kegagalan yang ia alami merupakan kesalahan orang lain. Karena merasa paling pintar, tahu segalanya, ia jadi mudah melemparkan kesalahan pada orang lain. Bahkan jika itu benar, kesalahan apa pun sebaiknya disikapi dengan bijaksana, introspektif dan dewasa.

Itu dia beberapa sikap orang cerdas yang ternyata menyebalkan di mata banyak orang.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading