Sukses

Lifestyle

6 Cara Berikut Bantu Stimulasikan Otak Agar Kecerdasan Meningkat!

Fimela.com, Jakarta Otak menjadi organ tubuh yang berfungsi sebagai tempat menyimpannya berbagai informasi yang diberikan dan diserap ketika kita sedang belajar. Tidak hanya itu, otak juga menjadi tempat untuk mengarahkan berbagai aktivitas yang dilakukan.

Ketika otak mengalami kelelahan, ia akan mengirimkan sinyal ke tubuh untuk memberi tanda untuk beristirahat. Akan tetapi, semakin banyaknya tantangan serta hal-hal yang harus dikerjakan mulai dari tugas hingga ujian yang menanti membuat tubuh semakin di push dan tentunya akan menyebabkan overwhelmed. 

Maka dari itu, stimulasi otak untuk tingkatkan kecerdasan sangat dibutuhkan. Fungsinya agar tidak membiarkan otak begitu monoton serta memberikan waktu tertentu untuk membuat otak lebih fresh dan dapat bersiap dengan aktivitas lainnya. Tentu saja cara stimulasinya juga mudah karena dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, berikut tips dari Top Universities yang bisa kamu ikuti. 

Berikut adalah stimulasi otak yang mudah dilakukan

1. Rutin berolahraga beberapa kali dalam seminggu

Berolahraga menjadi cara pertama untuk menstimulasi dan meningkatkan kecerdasan otak. Ternyata jika kamu rutin melakukan berbagai olahraga seperti lari, bersepeda, hingga berenang, konektivitas antara sel-sel otak juga akan semakin meningkat. Hal ini akan membuat kestabilan dalam otak terjaga sehingga kamu dapat belajar dan menyimpan informasi lebih banyak lagi. 

Sangat direkomendasikan untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit, serta 5 kali dalam seminggu. Namun jika kamu belum terbiasa untuk berolahraga dan ingin melakukannya, cobalah untuk berolahraga selama beberapa kali dulu sebelum perlahan membangun kebiasaan baru ini. 

2. Berkreasilah sesuka hati

Cara kedua untuk menstimulasi kecerdasan adalah dengan membiarkan diri untuk berkreasi sesuka hati. Misalnya kamu memainkan warna-warna, mungkin terdengar aneh tapi cara ini terbukti efektif karena dapat membuat otak melakukan ‘meditasi’ dengan caranya sendiri. Selain itu kamu juga bisa melakukan kreasi lain seperti mencoba eksperimen makanan baru atau menantang diri dengan olahraga lain. Waktu yang dihabiskan untuk berkreasi ini akan memberikan dampak baik tersendiri bagi fungsi otak. 

3. Bersosialisasi dengan teman-teman lainnya 

Ternyata menstimulasi otak juga dapat dilakukan dengan menggunakan kesempatan bersosialisasi. Peneliti menemukan bahwa mengobrol dan bercengkrama dengan seseorang, selama 10 menit saja dapat meningkatkan kinerja otak yang akan mempengaruhi kecerdasan serta membantumu untuk memiliki memori dan kinerja otak yang lebih baik. 

4. Rutin tidur siang

Ada baiknya kamu mengistirahatkan badan termasuk otak pada jam-jam tertentu termasuk ketika sedang beristirahat. Dengan melakukan tidur siang, selama 30 menit saja stimulasi otak akan terjaga dan akan memberikan tubuh waktu yang cukup untuk memperbaiki serta memulihkan untuk mempersiapkan diri agar dapat menerima informasi lebih banyak lagi. 

5. Coba rutinitas harian yang berbeda 

Berbagai penelitian menemukan bahwa mengubah rutinitas harian juga dapat membantu untuk menstimulasi otak serta meningkatkan produktivitas serta efektivitas dalam belajar maupun bekerja. Kamu bisa mencoba untuk mengubah rute ke kampus, mencoba membeli barang yang baru, dan lain sebagainya. Kamu akan merasakan seperti mendapatkan kejutan baru setiap  harinya dengan rutinitas yang berbeda ini.  

6. Mencoba hal-hal baru 

Hal-hal baru dapat membantu menstimulasi otak, selain untuk kecerdasan, stimulasi otak juga mempengaruhi perkembangan otakmu. Terlebih, kamu juga dapat menyerap dan memahami informasi dengan baik.

Bagaimana dengan mencoba hal-hal seperti mempelajari bahasa baru, belajar bermain alat masuk hingga pergi mengunjungi pameran yang diselenggarakan di museum hingga mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan volunteer. Tentunya dengan mencoba hal ini kamu sudah selangkah untuk menstimulasi otak agar kecerdasanmu terjaga dengan baik. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading