Sukses

Lifestyle

Rahasia Memutihkan Selangkangan Hitam, Yuk Maksimalkan Penampilan Agar Lebih Pede

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini, permasalahan seputar kulit termasuk selangkangan yang menghitam begitu ramai diperbincangkan di jagad media sosial. Bahkan, banyak orang yang bertanya-tanya apa sih rahasia memutihkan selangkangan yang menghitam. Sebenarnya daerah lipatan seperti selangkangan memang cenderung memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan dengan area tubuh lainnya.

Meskipun jarang terekspos, namun kehadiran selangkangan hitam ini kerap dianggap sebagai gangguan dan bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi yang mengalaminya. Ada juga lho yang merasa nggak percaya diri ketika memiliki masalah kulit satu ini. Maka dari itulah, nggak heran jika banyak yang mencari cara memutihkan selangkangan yang menghitam. 

Nah, sebenarnya memutihkan selangkangan hitam bisa saja dilakukan dengan berbagai cara. Dari penanganan secara medis, penggunaan skincare, hingga pemanfaatan bahan-bahan alami. Biar nggak penasaran, yuk baca informasi berikut ini.

Apakah Selangkangan Hitam Normal?

Selangkangan hitam apakah normal? Pertanyaan ini mungkin saja terlintas di dalam benak kamu,  bukan? Tenang saja, karena warna kulit selangkangan yang menggelap ini sebetulnya normal dan biasa terjadi. Hal ini pun cenderung nggak menimbulkan masalah kesehatan, namun juga tetap nggak boleh disepelekan. 

Penyebab selangkangan hitam pada umumnya terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya seperti pemakaian celana yang ketat, penggunaan pakaian berbahan sintetik, mencukur rambut di area kemaluan, ketidakseimbangan hormon, serta pengaruh penuaan. Selain itu, penyebab dari selangkangan yang menghitam juga bisa berasal dari sel kulit mati yang menumpuk dan nggak dibersihkan dengan baik atau kurangnya kebersihan saat membersihkan area tersebut. Ada pula beberapa kasus di mana selangkangan menghitam saat hamil.

Nggak ketinggalan, obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat berperan dalam menggelapkan kulit selangkangan. Di satu sisi, kamu juga wajib waspada dengan selangkangan hitam dan gatal, karena bisa saja itu terjadi karena terdapatnya kuman di area tersebut. Lalu, selangkangan hitam dan berjamur juga nggak boleh diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui rahasia memutihkan selangkangan yang menghitam.

Cara Memutihkan Selangkangan Hitam

Ada beberapa macam rahasia memutihkan selangkangan menghitam yang bisa kamu coba. Di antaranya ada yang cuma memanfaatkan bahan-bahan rumahan saja dan ada pula yang harus memakan sejumlah biaya cukup besar. Buat kamu yang ingin mengetahuinya, berikut berbagai cara untuk mengatasi selangkangan menghitam yang mengganggu penampilan.

1. Gel Aloe Vera 

Rahasia memutihkan selangkangan menghitam pertama bisa kamu coba dengan mengoleskan gel aloe vera. Pada dasarnya aloe vera bukan cuma bisa diolah sebagai makanan atau minuman saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan kecantikan dan kesehatan kulit. Yup, di dalam bahan alami ini terkandung beberapa kebaikan yang tentunya berkhasiat buat kulit. Salah satunya adalah aloesin yang membantu menghambat pembentukan melanin pada kulit.

Di dalam aloe vera juga terdapat vitamin A, C, dan E yang merupakan antioksidan kuat. Sehingga bahan ini dapat diandalkan untuk menghilangkan selangkangan hitam yang nggak enak dipandang. Nah, untuk cara memutihkan selangkangan hitam dengan memanfaatkan gel aloe vera ternyata juga gampang banget. 

Kamu cuma perlu mengoleskan gel tersebut ke area selangkangan yang menggelap secara merata. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 15 menit agar nutrisinya bisa terserap ke dalam lapisan kulit. Setelah itu, cuci bersih kulit di area selangkangan dengan air dan lalu keringkan menggunakan handuk bersih. 

2. Air Mawar

Perlu kamu ketahui bahwa air mawar pun juga bisa menjadi salah satu rahasia memutihkan selangkangan yang menggelap. Air mawar sendiri memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi pigmentasi pada kulit. Selain itu, bahan ini juga mampu mengangkat kotoran agar kulit di area selangkangan hitam bisa menjadi lebih bersih dan membuatnya jadi tampak semakin cerah.

Buat yang memiliki selangkangan menghitam saat hamil, penggunaan air mawar pun juga umumnya aman dan minim akan risiko. Akan tetapi, untuk memakainya, ada baiknya jika melihat dulu kandungan yang ada di dalam air mawar tersebut dan nggak lupa konsultasikan juga kepada ahli kesehatan. 

Adapun cara memanfaatkan air mawar untuk mencerahkan selangkangan menggelap bisa dilakukan dengan mencampurkannya bersama bubuk kayu cendana. Oleskan secara merata ke permukaan kulit selangkangan yang hitam dan diamkan selama 10-15 menit. Sehabis itu, bersihkan area tersebut dengan air bersih dan jangan lupa dikeringkan. 

3. Krim Pencerah Kulit

Jangan lupakan penggunaan produk skincare sebagai rahasia memutihkan selangkangan menghitam selanjutnya. Produk skincare, seperti krim pencerah kulit bisa kamu andalkan karena produk tersebut sudah beredar di pasaran dan kamu pun dapat dengan mudah membelinya. Namun, untuk mengatasi selangkangan hitam secara aman menggunakan krim pencerah kulit, sebaiknya kamu seleksi lagi dengan memerhatikan kandungan yang berada di dalamnya.

Pasalnya, penyebab selangkangan hitam ini bisa saja terjadi karena pemakaian produk skincare yang nggak cocok atau yang menimbulkan efek samping tertentu. Biar nggak salah pilih, krim pencerah kulit yang mampu memberikan efek mencerahkan biasanya memiliki kandungan Alpha hydroxy acids (AHA) di dalamnya. AHA dapat berguna untuk merangsang pengelupasan kulit (peeling), mengangkat sel-sel kulit mati, dan menghambat produksi melanin sehingga kulit bisa tampak lebih cerah dan mulus.

Selain itu, krim pencerah kulit yang baik pun biasanya mengandung arbutin, vitamin A, C, E, kojic acid, maupun hyaluronic acid. Adapun krim pencerah kulit yang perlu wajib diwaspadai, yaitu yang memiliki kandungan berbahaya seperti hidrokinon, merkuri, hingga asam retinoat.

4. Lakukan Body Scrubbing

Rahasia memutihkan selangkangan yang bisa dilakukan berikutnya melibatkan proses body scrubbing. Perawatan selangkangan yang hitam satu ini bisa dilakukan di rumah saja tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Selain itu, khasiatnya untuk mencerahkan selangkangan hitam pun akan dapat dirasakan jika disertai dengan penggunaan yang rutin.

Memakai scrub nyatanya bukan cuma bisa bikin kulit selangkangan jadi lebih lembut, tetapi juga membantu mencerahkannya dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang jadi penyebab kekusaman. Nah, bagi kamu yang ingin mengatasi selangkangan menggelap, maka ada dua alternatif yang dapat dicoba. Di antaranya body scrub dalam produk skincare dan satunya lagi berupa terbuat dari bahan-bahan alami seperti beras, gula, dan kopi. 

Satu hal yang perlu diingat, jika memiliki masalah selangkangan menghitam saat hamil dan ingin menggunakan body scrubbing ini, pastikan lagi untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter biar bisa meminimalisir efek samping.

5. Gunakan Glycolic Acid

Untuk para pemerhati kecantikan, pasti sudah nggak asing lagi bukan dengan kandungan glycolic acid? Yup, bahan ini memang memiliki segudang khasiat buat kecantikan dan kesehatan kulit. Jadi, jangan heran jika salah satu rahasia memutihkan selangkangan hitam juga melibatkan bahan satu ini.

Perawatan selangkangan yang hitam dengan glycolic acid dipercaya ampuh dan efektif. Apalagi karena glycolic acid ini dapat membantu proses pengangkatan sel-sel kulit dan kotoran lainnya di pori-pori kulit, termasuk di area selangkangan. Selain mencerahkan, kandungan ini juga mampu mengembalikan kelembapan kulit, sehingga membuatnya jadi lebih halus. Oleh karena itu, kamu harus rutin memakai skincare ini biar hasilnya lebih maksimal.

6. Perawatan Kulit dengan Laser

Jika ingin mengatasi selangkangan hitam dengan lebih efektif dan cepat, maka perawatan kulit menggunakan laser bisa jadi solusi yang tepat. Perawatan selangkangan yang hitam ini bekerja dengan memanfaatkan energi panas untuk mengurangi hiperpigmentasi di sekitar daerah selangkangan. 

Jika penyebab selangkangan hitam karena bawaan gen atau kelainan tertentu, perawatan kulit dengan laser ini pun bisa dipercaya untuk menanganinya. Meski begitu, cara mencerahkan selangkangan dengan metode seperti ini perlu diawasi oleh dokter ahli sehingga tindakan yang diberikan bisa tepat dan nggak berlebihan. Selain itu, setelah melakukan perawatan laser, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari. Misalnya saja pemakaian pakaian yang terlalu ketat hingga dilarang menggerakan tubuh secara berlebihan dalam jangka waktu tertentu.

7. Chemical Peeling Treatment 

Perawatan selangkangan yang hitam dapat pula diwujudkan dengan melakukan chemical peeling treatment. Cara memutihkan selangkangan hitam ini pada dasarnya bekerja dengan menggunakan cairan acid dengan konsentrasi tertentu untuk mengikis sel-sel kulit mati. Walau begitu, sebagai ‘obat’ selangkangan menghitam yang efektif, pemanfaatan cara ini juga tetap memerlukan kehati-hatian. Terlebih lagi, buat kamu yang memiliki kulit sensitif.

8. Manfaatkan Irisan Kentang

Selangkangan hitam yang mengganggu ternyata bisa kamu pudarkan dengan memanfaatkan irisan kentang. Di dalam kentang sendiri terdapat kandungan yang dipercaya dapat mencerahkan kulit menggelap, misalnya saja seperti enzim catecholase. 

Nah, buat yang ingin merasakan khasiat kentang untuk kulit, kamu bisa kok melakukannya dengan mudah. Cukup iris kentang dengan ukuran yang tipis. Setelah itu, gosokan irisan tersebut ke selangkangan yang hitam selama 15 menit. Lalu, bilas area tersebut hingga bersih menggunakan air dan jangan lupa keringkan.

9. Pakai Kunyit

Selain pakai kentang, cara memutihkan selangkangan hitam juga bisa dilakukan dengan memakai kunyit. Bahan rempah ini sudah dipercaya sejak lama sebagai obat selangkangan menghitam dan pencerah kulit di area lainnya. Untuk memakai kunyit, kamu hanya perlu mencampurkan bubuk kunyit dan perasan air jeruk lemon atau nipis. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke permukaan kulit selangkangan yang menggelap. Diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air. Lakukan cara ini secara rutin setiap 2 kali seminggu untuk dapatkan hasil yang maksimal.

10. Hilangkan Selangkangan Hitam dengan Susu

Perawatan selangkangan yang hitam terakhir bisa diwujudkan dengan memanfaatkan susu. Khasiat susu untuk kulit memang sudah nggak perlu diragukan lagi. Dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, susu bukan cuma bisa diandalkan buat melembapkan dan melembutkan kulit saja, melainkan juga mencerahkannya.

Cara memutihkan selangkangan hitam ini dapat dilakukan dengan mencampurkan susu segar dan madu asli. Setelah menghasilkan campuran yang bertekstur lembut, oleskan secara merata ke permukaan kulit selangkangan yang hitam dan gosok perlahan-lahan. Sesudah itu, diamkan kira-kira selama 30 menit dan bilas hingga bersih. 

Well, itulah tadi beberapa rahasia memutihkan selangkangan menggelap yang bisa kamu coba. Mencerahkan kulit selangkangan yang menghitam pada dasarnya memang memerlukan kesabaran dan konsistensi yang besar. Akan tetapi, dengan mengikuti langkah-langkah perawatan seperti di atas, kamu pun akan dapat mencapai hasil yang diinginkan dan menjadikan kulit selangkangan yang lebih cerah dan sehat. Jangan lupa dicoba, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading