Sukses

Lifestyle

8 Jenis Daun Penurun Kolesterol Sekitar Rumah yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita tidak menyadari bahwa sebenarnya banyak sekali tanaman di sekitar kita yang bisa memberi berguna sebagai obat sehingga mampu memberi manfaat kesehatan untuk tubuh, beberapa di antaranya untuk menurunkan kolesterol dan darah tinggi. Tanaman-tanaman obat itu tumbuh dengan subur tapi jarang dimanfaatkan, apalagi seringkali yang dibutuhkan hanya daunnya. Karena itulah kita perlu mengenal tanaman apa saja yang bisa digunakan sebagai minuman herbal untuk menjaga kesehatan.

1. Daun beluntas

Daun beluntas mengandung antioksidan tinggi seperti flavonoid, klorogenat, asam kafeat, dan quercetin, sehingga air seduhannya sangat baik dalam menurunkan kolesterol. Sifat antiradang, antibakteri, antikanker, dan pereda nyeri alami pada daun beluntas juga efektif meredakan pegal linu dan meningkatkan imun tubuh.

2. Daun sirih

Daun sirih sudah dijadikan bahan jamu sejak dulu karena memiliki khasiat bagus untuk kesehatan reproduksi perempuan. Kandungan vitamin A, kalium, Vitamin B1, B2, dan asam nikotinat serta antioksidan fenolik yang bersifat anti bakteri, antimutagenik, antioksidan, dan anti proliferatif sangat baik dalam menurunkan kolesterol, darah tinggi bahlan mencegah kanker.

3. Daun pegagan

Daun pegagan atau Centella Asiatica sering sekali dimanfaatkan dalam bidang kecantikan, tapi sebenarnya sudah lama dimanfaatkan sebagai obat alami tubuh. Air rebusannya bisa turunkan gula darah, kolesterol, hipertensi, demam dan meningkatkan imunitas tubuh karena mengandung alkaloid, saponin, tanin, flavonoid, steroid, dan triterpenoid.

4. Daun alpukat

Daun alpukat memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti flavonoid, alkaloid, saponin, dan tanin serta senyawa-senyawa kimia lainnya yang mampu membantu mencegah batu ginjal, menurunkan kolesterol, darah tinggi, gula darah dan bahkan nyeri akibat asam urat. Daun alpukat bahkan mengandung serotonin dan limonene yang dapat menenangkan pikiran.

5. Daun rambutan

Daun rambutan memiliki kandungan vitamin C, flavonoid, saponin, tannin, dan polfenol sehingga efektif membantu menurunkan kolesterol, darah tinggi, gula darah dan meredakan nyeri karena asam urat atau rematik. Minum air seduhan atau rebusannya juga mampu meningkatkan fungsi tubuh dan melancarkan peredaran darah.

6. Daun murbei

Daun murbei seringkali tak dianggap penting sebagai tanaman obat, tapi sesungguhnya punya khasiat menurunkan kolesterol, darah tinggi dan gula darah karena tinggi akan vitamin C, seng, kalium, alkaloid, flavonoid, saponin, dan tannin. Senyawa seperti kaempferol dan oxyresveratrol juga dapat melindungi saraf serta memberikan efek kuratif pada stroke.

7. Daun pandan

Daun pandan sering sekali dimanfaatkan sebagai bahan jamu dan rempah masakan. Tapi sebenarnya pandan memiliki kandungan alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, vitamin A, serat, kalsium, dan zat besi sehingga mampu menurunkan kolesterol, gula darah, nyeri sendi, darah tinggi, dan memberi efek relaksasi alami serta mencegah batu ginjal.

8. Daun binahong

Daun binahong pernah populer di masanya sebagai obat herbal karena kandungan flavonoid, minyak atsiri, saponin, terpenoid dan alkaloid yang mampu menurunkan kolesterol, darah tinggi, asam urat, gula darah dan pegal linu. Daun binahong juga bersifat antibakteri sehingga sangat baik mempertahankan kekebalan tubuh terhada penyakit.

Itu sekian daun penurun kolesterol sekitar rumah yang jarang disadari.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading