Sukses

Lifestyle

Ketahui Cara Mudah Mengolah Rebung Biar Nggak Bau dan Pahit, Yuk Cobain

Fimela.com, Jakarta Cara mengolah rebung biar nggak bau dan pahit ternyata mudah banget, lho. Rebung sendiri merupakan tunas muda bambu yang sering diolah menjadi masakan enak dan nikmat. Meskipun memiliki cita rasa yang terbilang unik dan khas, tapi makanan satu ini begitu digemari dan diminati oleh banyak orang. 

Akan tetapi, salah satu tantangan terbesar dalam mengolah rebung ini adalah aroma pesing atau kurang sedap yang dimiliki. Selain itu, pengolahan yang kurang tepat pun terkadang dapat membuat rebung terasa pahit dan kurang enak disantap. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk memasak rebung biar nggak bau ataupun pahit. Simak dulu yuk berikut ini.

1. Pilih Rebung yang Masih Segar

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin mengolah rebung adalah pemilihan bahan yang tepat. Pilih rebung mentah yang masih segar dan berkualitas baik. Rebung yang bagus bisa kamu rasakan dari teksturnya yang masih empuk (bukan lembek) dan serat-seratnya masih belum terlihat. Selain itu, cari yang bagian pangkalnya masih berwarna hijau, karena itu menandakan bahwa rebung yang dibeli masih muda dan bagus. 

2. Rebus Rebung Hingga Empuk dan Buang Airnya

Cara mengolah rebung biar nggak bau apek dan pahit bisa dilakukan dengan merebusnya hingga empuk. Setelah dirasa tekstur dari rebung sudah lebih empuk, buang air rebusannya. Air bekas rebusan ini wajib dibuang karena di dalamnya mengandung zat beracun sianida yang berbahaya jika digunakan kembali. Setelah direbus, cuci rebung sampai bersih di aliran air dan kamu bisa lanjut mengolahnya menjadi hidangan kesukaan.

3. Rendam di Air Garam Selama 30 Menit

Menghilangkan aroma nggak sedap dan rasa pahit dari rebung pun bisa dilakukan dengan merendamnya di air garam selama 30 menit. Setelah selesai direndam, cuci kembali rebung menggunakan air biasa. Barulah, selepas itu kamu bisa kembali memasak rebung dengan cara dikukus, direbus, ataupun metode lainnya sesuai selera. 

4. Rendam dalam Larutan Kapur Sirih

Aroma bau langu dan rasa pahit yang berasal dari rebung dapat dihilangkan pula dengan merendamnya di dalam larutan air kapur sirih. Metode ini pun bisa kamu coba jika ingin mendapatkan tekstur rebung yang sempurna saat diolah menjadi menu lezat nantinya. Untuk melakukan tips ini, kamu cuma perlu menyiapkan kapur sirih sedikit saja dan lalu campurkan ke dalam air bersih. Selanjutnya, rendam rebung ke dalam larutan tersebut selama beberapa menit dan bilas kembali menggunakan air.

Resep Sayur Rebung Kuah Pedas

Bahan-bahan:

350 gram rebung, potong korek api

2 papan pete, belah 2

1/2 papan tempe, potong dadu

8 buah cabai rawit

2 lembar daun jeruk

500 ml air

1 bungkus santan instan kecil

2 sdm gula pasir

1/2 sdt kaldu bubuk

Garam secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

4 siung bawang merah

2 siung bawang putih

2 buah cabai merah

15 buah cabai rawit

3 buah kemiri

1 ruas laos

1 ruas kunyit

Cara membuat:

  • Rendam rebung menggunakan garam dan cuci bersih dengan air sebanyak 2 kali. Rebus selama 10 menit, tiriskan dan lalu sisihkan di wadah terpisah.
  • Haluskan bumbu halus. Tumis bumbu halus hingga harum tambahkan daun jeruk.
  • Masukkan rebung, tempe, pete, dan air. Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk. Masak hingga air mendidih dan tekstur rebung, tempe, dan pete jadi lebih lunak. Lalu, koreksi rasa.
  • Terakhir masukkan potongan cabai rawit dan santan instan. Aduk rata, diamkan sampai mendidih dan lakukan koreksi rasa sekali lagi.
  • Sajikan selagi masih hangat.

Nah, untuk mendapatkan cita rasa yang lebih istimewa dalam membuat sayur rebung kuah pedas, tentunya kamu wajib memilih santan yang berkualitas. Cari dan pilih santan instan yang terbuat dari perasan kelapa pilihan dan diproses dengan teknologi yang higienis. So, jangan lupa ya dicoba beberapa tips dan resep mengolah rebung di atas. Selamat berkreasi!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading