Sukses

Lifestyle

Menjadi Peringkat 1 Destinasi Liburan Favorit, 5 Panduan yang Bisa Kamu Ikuti Jika Ingin Berlibur ke Dubai

Fimela.com, Jakarta Dubai berhasil meraih peringkat pertama di Tripadvisor Travellers' Choice Best of the Best Destinations Awards selama tiga tahun berturut-turut, dan mencetak sejarah sebagai kota pertama yang meraih pencapaian luar biasa ini. Penghargaan ini diperoleh secara eksklusif berdasarkan ulasan jutaan orang dalam komunitas Tripadvisor. Termasuk di antaranya kualitas, kuantitas, dan peringkat Tripadvisor untuk hotel, restoran, dan pengalaman di setiap tempat destinasi selama 12 bulan terakhir. 

Dubai memang menjadi buah bibir bagi kalangan masyarakat, terlebih di berbagai video yang beredar di sosial media yang mengumpas total bagaimana kehidupan Dubai yang super glamor dan serba mewah. Tidak hanya itu saja, pajaknya yang rendah membuat Dubai menjadi salah satu negara impian untuk ditinggali oleh banyak orang. Maka dari itu Dubai menyajikan berbagai fasilitas yang menguntungkan berbagai orang termasuk wisatawan hingga mencapai berbagai pencapaian-pencapaian di atas. 

Pencapaian ini bisa jadi pertanda untuk menjadikan Dubai sebagai destinasi liburan kamu berikutnya! Jika kamu berencana untuk menjelajahi kota yang indah ini, berikut panduan untuk memastikan persiapannya berjalan lancar sebelum perjalanan ke Dubai.

1. Informasi tentang visa

Setelah mengamankan tiket pesawat, biasanya kamu akan langsung bergegas memilih hotel. Jangan lupakan langkah penting, yaitu mendapatkan visa. Ada berbagai pilihan visa tergantung dengan kebutuhan. Namun, secara umum, visa turis sekali masuk sudah cukup untuk kamu yang ingin berkunjung untuk berlibur.

Berikut adalah persyaratan utama untuk memudahkan proses pengajuan visa:

  1. Paspor yang masih berlaku setidaknya enam bulan sebelum kedatanganmu di Dubai.
  2. Tiket perjalanan yang menunjukkan perjalanan pergi dan pulang ke tempat tinggal. pemegangnya saat ini. Untuk visa transit, pastikan Anda tidak melebihi jangka waktu visa.
  3. Menyertakan foto pribadi terbaru (foto visa dengan latar belakang putih berukuran 43mm x 55mm). 
  4. Asuransi kesehatan yang masih berlaku. 
  5. Unggah salinan paspor.

Kamu juga dapat menikmati kemudahan mengurus visa dengan bantuan layanan dari berbagai maskapai penerbangan, termasuk Emirates. Saat mengajukan visa UEA, Anda tidak perlu khawatir paspor kamu akan ditahan, karena negara ini menggunakan sistem e-visa. Sehingga Anda dapat bepergian sambil menunggu visamu disetujui. 

Untuk sebagian besar perjalanan, kamu cukup mendaftar dengan visa sekali masuk yang berlaku selama 30 hari dengan biaya 300 AED atau sekitar Rp1277000. Namun, jika kamu berencana singgah dalam waktu yang lebih singkat, pertimbangkan untuk memilih visa transit 96 jam, dengan harga 50 AED atau sekitar Rp213000.

Jika kamu memilih visa transit, jangan lupa sertakan bukti perjalanan lanjutan, termasuk tiket yang menunjukkan kedatangan dari negara lain dan keberangkatan ke tujuan yang berbeda. Visa ini dapat Anda pertimbangkan jika waktu singgah lebih dari 8 jam. Untuk informasi lebih lengkap dan terkini, kamu dapat mengunjungi situs web GDRFA.

2. Akomodasi

Sembari menunggu visa selesai, ini waktu yang tepat untuk menentukan lokasi menginap di Dubai. Kota ini menyuguhkan lebih dari 700 hotel yang cocok untuk berbagai tipe pelancong. Mulai dari yang mewah hingga pilihan yang lebih terjangkau, semua tersedia!

Jika kamu mencari lokasi yang strategis, Anda dapat mempertimbangkan untuk menginap di kawasan Downtown Dubai. Tempat ini merupakan pusat bagi berbagai atraksi ikonik dan kemegahan arsitektur Dubai, seperti Burj Khalifa, Dubai Mall, dan The Dubai Fountain.

Di Downtown Dubai, kamu akan menemukan banyak hotel mewah – sebagaimana kawasan yang menjadi pusat berbagai landmark. Namun kamu tidak perlu khawatir, ada juga banyak hotel bintang tiga yang terletak di sekitarnya. Kamu dapat menemukan pilihan hotel yang sesuai denganmu.

 

3. Penukaran mata uang

Mata uang resmi di Dubai adalah Dirham (AED). Sebagian besar toko dan restoran di Dubai menerima kartu debit dan kredit internasional Visa maupun Mastercard. Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa kartu internasional yang mengenakan biaya tetap per transaksi. Pastikan kamu bertanya kepada bank pilihan terlebih dahulu, untuk memastikan biaya yang dikenakan. 

Disarankan untuk membawa uang tunai dalam jumlah kecil, karena biasanya digunakan untuk pembelian di pasar tradisional (souk).

4. Hal-hal penting yang harus dibawa! 

Tips Berkemas: Dubai disinari matahari sepanjang tahun. Tapi kamu juga perlu mempersiapkan diri untuk bulan-bulan tertentu. Di musim panas (Juni-Agustus), pilihlah pakaian yang berbahan ringan dan mudah menyerap keringat. Pada bulan-bulan yang lebih dingin (Oktober-Mei), sebaiknya kamu membawa pakaian berlapis tipis untuk malam hari yang cukup dingin. 

Meskipun Dubai dikenal sebagai kota kosmopolitan, namun kamu harus tetap menghormati adat istiadat setempat dengan berpakaian sopan di ruang publik. Pilihlah pakaian longgar yang menutupi bahu dan dada.

Tetap Terhubung di Dubai: Pastikan ponselmu siap untuk petualangan seru di Dubai dengan baterai yang terisi penuh. Jangan lupa juga membawa pengisi daya portabel. Kamu dapat mengunduh aplikasi penting seperti peta dan alat penerjemah luring. Perhatikan juga piranti elektronikmu. Dubai menggunakan listrik 220v 50Hz dengan colokan tipe G.

Koneksi yang Lancar: Pada saat kedatangan, pemegang visa turis akan mendapatkan kartu SIM prabayar gratis dari DU di bagian imigrasi. Kamu juga dapat memilih berbagai paket roaming dan data yang terjangkau dari Etisalat dan Virgin Mobile. Jika kamu lebih memilih untuk menggunakan Wi-Fi, Dubai memiliki berbagai titik Wi-Fi publik yang gratis dan aman tersedia di destinasi populer. Berkat teknologi 5G yang sudah tersedia, kamu dapat tetap terhubung dengan orang-orang terkasih di rumah hanya dengan satu sentuhan saja.

Mulailah perjalananmu di Dubai dengan persiapan yang matang, dan nikmati petualangan yang penuh dengan pengalaman tak terlupakan! Selamat menikmati liburan kamu di Dubai!

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Unlocking the Limitless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading