Sukses

Lifestyle

5 Tradisi Imlek yang Unik dan Populer di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Tahun Baru Imlek atau yang dikenal masyarakat Indonesia dengan sebutan ''Imlek'' merupakan perayaan penting bagi masyarakat keturunan Tionghoa. Perayaan ini dimulai pada hari pertama bulan pertama penanggalan Tionghoa dan diakhiri dengan Cap Go Meh.

Melansir dari artotelgroup.com, Imlek sebenarnya bukanlah nama resmi, karena kata ini diambil dari bahasa Hokkien dan digunakan oleh orang Indonesia. Di negara lain, perayaan ini disebut Guo Nian atau Xin Jia yang artinya melewatkan bulan atau bulan baru.

Ada beragam tradisi yang dilakukan untuk merayakan Tahun Baru Imlek khususnya di Indonesia. Penasaran seperti apamtradisinya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Berkumpul Bersama Keluarga

Sama halnya dengan perayaan Idul Fitri dan Natal, Tahun Baru Imlek juga menjadi momen penting bagi masyarakat Tionghoa untuk mempererat tali persaudaraan. Banyak masyarakat Tionghoa yang menjelang Imlek juga mempunyai tradisi mudik ke kampung halaman untuk mengunjungi kerabat dan merayakan Imlek bersama keluarga di rumah.

2. Doa Khusus

Selain mengunjungi keluarga dan kerabat terdekat, tradisi lain yang dilakukan saat Imlek adalah pergi ke kuil-kuil yang disebut Klenteng atau Vihara. Sama seperti masyarakat lainnya saat merayakan hari istimewanya, warga China juga akan beribadah di kuil tersebut.

Masyarakat biasanya akan mengunjungi pura pada hari ketiga untuk berdoa dan memohon berkah kepada para dewa agar kehidupannya di tahun depan lebih baik dari tahun sebelumnya. Namun, karena situasi pandemi, ada baiknya untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan. Ikuti selalu protokol kesehatan jika ingin beribadah di pura.

3. Angpao

Tradisi yang tidak pernah absen dalam setiap perayaan Imlek ini memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu saat perayaan Imlek. Tradisi bagi-bagi angpao merupakan tradisi dimana masyarakat Tionghoa yang sudah menikah memberikan rezeki kepada anak dan orangtuanya, Di Indonesia kita sebut dengan “Angpao”

Bisa juga pemberian angpao dari atasan kepada bawahannya sebagai tradisi warga Tionghoa menyambut perayaan Imlek.

4. Barongsai

Pertunjukan Barongsai merupakan salah satu tradisi Tahun Baru Imlek yang paling populer di Indonesia. Menjelang Tahun Baru Imlek, biasanya banyak pertunjukan barongsai yang bisa ditemui di tempat-tempat umum seperti mall. Pertunjukan dengan menggunakan kostum unik ini dilakukan oleh dua orang atau lebih, yang akan mengisi kepala dan bagian belakang tubuh singa serta melakukan akrobatik atau tarian.

5. Kembang Api

Identik dengan perayaan besar yaitu tahun baru, petasan dan kembang api tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain menambah kemeriahan perayaan setahun sekali ini, pembakaran petasan dan kembang api tepat di Hari Raya Imlek sudah menjadi tradisi untuk mengusir roh jahat dan kesialan di tahun sebelumnya dengan harapan tahun yang akan datang akan datang. lebih bahagia dan lebih baik.

Nah, itu tadi beberapa tradisi perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia. Tentunya, kita sebagai warna Indonesia harus saling menghormati satu sama lain untuk menciptakan kedaiaman antar umat beragama. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading