Sukses

Lifestyle

Tips Menjaga Rumah Tetap Bersih di Tengah Cuaca Tak Menentu, Biar Kesehatan Keluarga Tetap Jadi Nomor Satu

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu kalau perlindungan kesehatan keluarga ternyata bisa dimulai dari dalam rumah sendiri? Ya, terlebih di tengah cuaca tak menentu yang sering terjadi beberapa waktu belakangan ini. Ketika cuaca panas, debu dan kotoran rentan masuk ke dalam rumah yang dapat mempengaruhi kesehatan keluarga. Sementara itu saat musim hujan, jejak sepatu yang meninggalkan kotoran di lantai dan air hujan yang menggenang juga bisa berpengaruh pada kesehatan. 

Sebagai seorang ibu, tentu saja kesehatan keluarga selalu jadi prioritas nomor satu agar kalian tetap bisa menjalani quality time yang ceria bersama. Jadi, penting nih mulai menjaga kebersihan rumah secara tertib, mengingat rumah adalah tempat berkumpul paling nyaman dan hangat bersama orang-orang tercinta. Apa saja yang bisa ibu lakukan untuk memproteksi rumahnya dari risiko kuman dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan keluarga? 

Buat Jadwal Membersihkan Rumah Secara Rutin

Biar debu dan kotoran nggak menumpuk, buatlah jadwal bersih-bersih rumah secara rutin. Biasakan untuk menyapu rumah setiap hari, karena debu dan kotoran yang nggak terlihat bisa menempel dan terus menumpuk jika tidak dibersihkan dengan rutin. 

Kalau memang lagi sibuk banget karena harus membagi waktu antara mengurus keluarga dan pekerjaan, prioritaskan ruangan paling aktif di rumah dan sering digunakan beraktivitas. Misalnya saja ruang keluarga yang menjadi tempat kumpul keluarga, sehingga menjaganya tetap nyaman dan bersih adalah hal yang perlu dilakukan setiap hari. Begitu pun dengan kamar tidur yang menjadi ruang beristirahat di malam hari. 

Jangan lupa juga untuk membersihkan dapur secara rutin karena area ini rentan menjadi sumber kotoran dan kuman jika tidak dibersihkan berkala. Sebagai tempat mengolah makanan, memperhatikan kebersihan dapur juga sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga.

Jangan Lewatkan Tempat Tersembunyi

Kalau ingin menjaga kebersihan rumah yang maksimal, jangan hanya fokus pada permukaan yang terlihat mata saja. Jangan lewatkan juga area tersembunyi yang mungkin jauh dari jangkauan. Misalnya saja celah antara lemari dan dinding, bagian bawah sofa dan tempat tidur, langit-langit, hingga sela-sela jendela rumah. 

Area ini biasanya sering terlupakan, sehingga menjadi tempat menumpuknya debu, kotoran dan kuman. Jika dibiarkan, bisa mempengaruhi kesehatan keluarga tercinta, lho! Jadi, mulai bersihkan secara rutin juga area-area terpencil yang jarang dijamah untuk menciptakan rumah sehat bagi keluarga. 

Kelola Barang Secara Tertib agar Tidak Menumpuk dan Lembap

Punya banyak barang tidak terpakai yang masih dibuang sayang rasanya? Atau mungkin menyimpan banyak tumpukan kardus dan kotak-kotak plastik bekas makanan karena terpikir sewaktu-waktu akan dibutuhkan? Well, jika tidak dikelola dengan baik bisa jadi sarang kuman dan bakteri, lho!

Ya, tumpukan barang yang tidak terpakai yang dibiarkan di sudut rumah bisa menyimpan debu, kotoran, serta menjadi tempat berkembang biaknya kuman dengan subur. Apalagi jika memasuki musim penghujan di mana udara lebih lembap yang juga bisa membuat tumpukan kardus ikutan lembap. Hal ini bisa memicu pertumbuhan kuman dan jamur yang tentunya mempengaruhi kesehatan keluarga. 

Jadi, pastikan kelola barang-barang di rumah dengan tepat. Buang yang tidak diperlukan dan simpan dengan baik barang yang memang masih digunakan. 

Bersihkan Lantai Secara Teratur

Tahu nggak sih kalau lantai jadi area rumah paling mudah kotor? Jejak sepatu yang meninggalkan kotoran, anabul kesayangan yang sering berkeliaran di dalam rumah, maupun debu dan kotoran yang menempel bisa memicu pertumbuhan kuman dan bakteri. Jadi, bersihkan lantai secara rutin, apalagi jika banyak aktivitas keluarga yang dilakukan di lantai, misalnya saja ketika bermain dan berkumpul bersama si kecil. 

Untuk menjaga rumah tetap bersih, andalkan saja Wipol yang 100X lebih efektif bunuh kuman. Jadi, tidak perlu khawatir kuman dan kotoran masuk ke dalam rumah dalam segala cuaca. 

Mau mendapatkan informasi lebih lengkap tentang tips dan trik agar rumah berkilau dan resik? Yuk, follow Instagram @inspirasirumahbersih!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading