Sukses

Lifestyle

7 Tips agar Dirimu Tidak Menjadi Bahan Gosip di Tempat Kerja

Fimela.com, Jakarta Gosip di kantor memicu budaya kerja yang tidak sehat dan lingkungan kerja yang kurang mendukung. Menahan diri dari gosip di kantor menunjukkan sikap profesional. Meskipun menghindari gosip mungkin sulit, mengembangkan sikap profesional tetap penting. Nah, agar terhindar dari bahan gosip atau terlibat gosip dengan rekan kerja, berikut beberapa tips yang bisa membantumu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memimpin dengan Memberi Contoh

Cobalah untuk menciptakan budaya kerja yang lebih positif dan progresif. Memimpin dengan memberi contoh akan membantu rekan kerja mengikutimu. Tunjukkan etos kerja, integritas, dan profesionalisme itu cukup membantu.

2. Jangan Menjadi Bagian dari Situasi yang Memicu

Batasi partisipasimu dalam situasi yang memicu gosip. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk ngobrol dengan rekan kerja saat istirahat makan siang. Cobalah bersikap profesional dan hindari gosip di waktu luang tentang supervisor dan manajer.

3. Menghormati Batasan

Beri tahu kolega bahwa kamu percaya pada etika kerja, integritas, dan profesionalisme. Menetapkan batasan di tempat kerja penting untuk menghindari gosip kantor. Ini menciptakan budaya kerja yang mendukung.

4. Cobalah untuk Membuat Percakapan Menjadi Lebih Positif

Jangan mencoba ikut serta dalam gosip ketika rekan kerja mencoba mengetahui masukanmu mengenai masalah apa pun. Sebaliknya, cobalah mengalihkan pembicaraan ke topik yang lebih berhubungan dengan pekerjaan ketika gosip dimulai.

5. Jadilah Lebih Profesional

Jaga agar percakapan lebih profesional di tempat kerja. Jangan mencoba untuk membesar-besarkan kehidupan pribadimu atau mengomentari gosip apa pun yang sedang terjadi.

6. Lebih Fokus pada Daftar Tugas daripada Drama

Lebih berkonsentrasi pada pekerjaan dapat menyelamatkanmu dari drama di tempat kerja. Jika kamu kebetulan mendengar gosip, cobalah menghindarinya dengan menunjukkan sedikit ketertarikan dan tidak berpartisipasi di dalamnya. Sebaliknya, ungkapkan prioritas pekerjaanmu.

7. Cobalah Menghindari Penggosip

Cobalah menghindari gosip dan penggosip. Mengubah topik pembicaraan dengan sopan, atau sekadar mendengarkannya dan tidak memberikan masukan apa pun dapat membantumu menghindari politik kantor.

Meski terkadang sulit untuk terhindar jadi bahan gosip, ketika kamu bersikap profesional tentu ini akan membantumu jauh dari kata bahan gosip di kantor. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading