Sukses

Lifestyle

5 Alasan Orang Pura-Pura Bahagia Meski Luka Batinnya Membara

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami masa sulit dalam hidup mereka. Dan terkadang, masa sulit ini membuat seseorang merasa benar-benar terluka, kecewa dan tersiksa. Saat mengalami luka membara di hati, setiap orang pun punya cara masing-masing untuk menghadapinya. Ada orang-orang yang rentan mengeluh dan terpuruk dalam kesedihannya. Tapi, tak sedikit orang yang justru pura-pura bahagia dan baik-baik saja meski batinnya tersiksa. 

Pura-pura bahagia meski batinnya tersiksa, bisa menjadi tanda dari berbagai perasaan pun situasi yang kompleks. Siapapun yang melakukannya, pasti punya alasan kuat di baliknya. Ini ada beberapa alasan kenapa seseorang pura-pura bahagia di balik batinnya yang tersiksa. 

Tekanan Sosial

Tekanan sosial dari lingkungan sekitar, seperti keluarga, teman, atau masyarakat, bisa menguatkan tekad seseorang untuk pura-pura bahagia di balik kesedihannya. Tekanan sosial sering kali membuat seseorang merasa perlu untuk pura-pura bahagia. Mereka cenderung tak ingin orang lain khawatir akan keadaannya. Bisa jadi, mereka berpikir untuk tetap menjaga perasaan orang lain walau perasaannya sendiri sedang tak baik-baik saja. 

Perlindungan Diri

Orang yang pura-pura bahagia juga bisa sebagai bentuk perlindungan diri. Sikap ini diharapkan bisa mengalihkan perhatiannya dari situasi yang menyakitkan atau situasi yang sulit. Seseorang mungkin takut untuk menghadapi kenyataan atau emosi mereka sendiri, sehingga mereka memilih untuk menyembunyikan kesedihan mereka di balik senyum palsunya. 

Menghindari Konflik atau Masalah

Alasan seseorang pura-pura bahagia salah satunya untuk menghindari konflik atau masalah dengan orang lain. Mereka mungkin tidak ingin membuat suasana menjadi tegang atau menimbulkan pertanyaan yang tidak nyaman, tentang kondisi emosional atau mental mereka yang tak baik-baik saja. 

Ketakutan akan Penolakan

Ketakutan akan penolakan atau stigma dari orang lain juga bisa menjadi alasan kenapa seseorang pura-pura bahagia. Bisa jadi mereka takut bahwa jika kesedihannya menunjukkan kelemahannya. Mereka cenderung khawatir kesedihannya membuat orang lain mengabaikan, menghakimi, membully bahkan menolak kehadirannya.  

Menjaga Citra Diri

Bagi beberapa orang, menjaga citra diri yang kuat dan positif sangat penting. Mereka merasa bahwa menunjukkan kesedihan atau kelemahan akan merusak citra diri mereka sebagai orang yang kuat atau sukses. Oleh karena itu, mereka memilih untuk pura-pura bahagia meski batinnya tersiksa.

Penting untuk diingat bahwa pura-pura bahagia tidak selalu merupakan tanda keselamatan atau kesejahteraan emosional seseorang. Kadang-kadang, menyembunyikan kesedihan atau kesulitan bisa memperburuk kondisi mental dan emosional seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mencari dukungan dan bantuan jika seseorang merasa kesulitan atau tertekan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading