Sukses

Lifestyle

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Jangan Sampai Salah Pilih

Fimela.com, Jakarta Bangku perkuliahan tidak hanya sebagai tempat untuk mencari ilmu pengetahuan. Tapi, juga bisa menjadi sarana meraih pekerjaan impian. Memilih jurusan kuliah tidak bisa asal pilih. Jurusan di bangku perkuliahan dapat mempengaruhi masa depan Sahabat Fimela loh!

Banyak mahasiswa yang merasa tertekan karena merasa salah memilih jurusan. Sehingga tidak maksimal dalam berkuliah di jurusan tersebut. Sebelum menentukan jurusan kuliah, yuk simak 5 tips memilih jurusan kuliah yang tepat dilansir dari Forbes (21/2).

1. Kenali Minat dan Ketertarikan

Berkuliah di sebuah jurusan, berarti akan mempelajari topik yang hampir sama selama berkuliah. Cari tahu jurusan apa yang topik pembelajarannya akan selalu membuat bersemangat dan tertarik. Sehingga dapat maksimal dalam menjalaninya. Sebelum itu, cari terlebih dahulu topik yang akan dibahas di jurusan-jurusan yang ditawarkan. Kemudian pilih yang sesuai dengan minat.

2. Kenali Kemampuan dan Potensi Diri

Selain minat, kemampuan dan potensi diri juga perlu dipertimbangkan. Tidak hanya tertarik, tapi berkuliah di suatu jurusan juga perlu untuk diimbangi dengan kemampuan yang dibutuhkan. Sehingga mampu menjalani perkuliahan dengan maksimal di jurusan impian. Mengenali kemampuan dan potensi diri juga dapat menjadi jembatan mengenali prospek kerja impian.

3. Rencana Masa Depan

Coba bayangkan apa yang ingin Sahabat Fimela lakukan 5-10 tahun ke depan. Atau mungkin posisi apa yang ingin dicapai. Apa yang ingin dilakukan di masa depan juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih jurusan kuliah. Pilihlah jurusan yang prospek masa depannya sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

4. Pekerjaan Impian

Tidak bisa dipungkiri, selain untuk mencari ilmu, berkuliah juga menjadi sarana untuk mencapai pekerjaaan impian. Mengenali pekerjaan impian penting sebelum memilih jurusan kuliah. Karena setiap jurusan memiliki prospek kerja yang ditawarkan pada lulusannya kelak.

5. Pertimbangan Guru, Orang Tua, atau Orang Terdekat

Saat memilih jurusan kuliah, kadang Sahabat Fimela dibuat bingung dengan pilihan sendiri. Oleh sebab itu, perlu dilakukan konsultasi dengan guru konselor, orang tua, atau orang terdekat yang mengenalmu. Jangan menutup diri dari saran dan pertimbangan orang lain. Karena mungkin orang lain dapat melihatmu dengan lebih objektif.

Itu tadi 5 tips dalam memilih jurusan kuliah. Jurusan kuliah yang dipilih akan berkaitan erat dengan masa depan. Jadi jangan sampai salah pilih jurusan dan menyesal ke depannya ya Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading