Sukses

Lifestyle

Kreatif dan Intuitif, Berikut Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu dengan Tipe Otak Kanan!

Fimela.com, Jakarta Otak manusia adalah organ yang kompleks dan ia mengatur seluruh tubuh manusia, mulai dari gerakan-gerakan fisik hingga pikiran manusia. Terdiri dari milyaran saraf, otak manusia berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk merespons stimulus-stimulus yang masuk.

Otak terdiri dari dua bagian, yaitu otak bagian kiri dan bagian kanan. Masing-masing bagian otak bertanggung jawab atas hal yang berbeda. Keduanya saling terhubung dan saling melengkapi satu sama lain untuk membentuk fungsi otak yang maksimal.

Pada tahun 1981, Roger Sperry dianugerahkan Piala Nobel atas penelitiannya tentang teori otak kanan dan otak kiri. Ia menyatakan bahwa bagian kiri dari otak manusia lebih bertanggung jawab atas kemampuan berbahasa dan logika. Sementara itu, bagian kanan otak manusia bertanggung jawab atas emosi, kreatifitas, dan motivasi.

Karakteristik otak bagian kanan

Dilansir dari Mindvalley, berikut adalah karakteristik dari orang yang dominan otak bagian kanan:

  1. Kreatif
  2. Emosional
  3. Kemampuan visual yang tinggi
  4. Intuisi
  5. Imajninatif
  6. Kecerdasan emosional yang baik

Terdapat beberapa keuntungan dari dominansi otak bagian kanan, seperti orang-orang tipe otak kanan lebih cenderung melihat the bigger picture terhadap sesuatu untuk memahami apa yang sebetulnya terjadi. Selain itu, orang dengan tipe otak kanan juga mahir dalam visualisasi dan inovasi. Para tipe otak kanan lebih senang untuk membuat keputusan berdasarkan perasaan dan hal itu mengizinkan mereka untuk melahirkan berbagai inovasi. Tidak hanya dalam urusan pekerjaan, para tipe otak kanan juga dikenal dengan hubungan intrapersonalnya yang baik. Mereka dapat memahami orang lain secara emosional, sehingga hubungan yang baik dapat terbentuk dengan mudah.

Pekerjaan yang cocok dengan tipe otak kanan

Dilansir dari Flexjobs.com, pekerjaan yang cocok dengan para tipe otak kanan adalah pekerjaan yang berada di industri kreatif. Walaupun tidak selalu berkaitan dengan kreatif, tetapi seringkali para tipe kanan lebih dominan di sisi kreativitas jika dibandingkan dengan para tipe otak kiri.  

Psikolog

Pekerjaan yang berhubungan dengan kesehatan jiwa manusia membutuhkan kecerdasan emosional yang tinggi, begitu pula dengan empati. Para tipe otak kanan memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain. Psikolog bertugas untuk membantu klien-kliennya mengatur emosinya agar dapat menjalani hidup dengan baik. Dengan kemampuan emosional dan empati yang baik, para tipe otak kanan dapat mendampingi kliennya dengan baik.

Graphic Designer

Pekerjaan ini melibatkan warna, logo, bentuk, hingga tekstur untuk membuat identitas dari sebuah merek. Kemampuan untuk memadumadankan warna dengan bentuk atau bentuk dengan tekstur membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi. Para tipe otak kanan yang dominan dengan otak kreatifnya sangat cocok untuk bekerja di bidang seperti ini.

Animator

Pekerjaan ini juga membutuhkan kemampuan visual dan kreatif yang baik. Karya-karya seperti games, video, atau bahkan film membutuhkan dua kemampuan tersebut. Para tipe otak kanan cocok untuk bekerja sebagai animator dan membuat hubungan emosional antara penonton dengan karya yang dihasilkan.

Arsitek

Arsitek bertugas untuk merancang bangunan atau ruang-ruang lainnya. Proyek yang dikerjakan oleh seorang arsitek bisa beragam dalam skala maupun jenis bangunan yang akan dirancang. Dengan kemampuan visual dan kreatif yang baik, para tipe otak kanan cocok dengan peran arsitek yang membutuhkan kedua kemampuan tersebut, juga para tipe otak kanan bisa memahami kebutuhan emosional yang diinginkan oleh kliennya melalui rancangan bangunan.

 

Penulis: Karina Alya.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading