Sukses

Lifestyle

Menyambut Malam Nisfu Syaban dan Amalan yang Bisa Ditingkatkan

Fimela.com, Jakarta Malam nisfu syaban menjadi salah satu malam terbaik dan paling istimewa bagi umat muslim. Malam ini sendiri merupakan malam pertengahan bulan syaban atau malam tanggal 15 bulan syaban. Menurut kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024, malam nisfu syaban jatuh pada malam ini yakni hari sabtu 24 Februari, malam 25 Februari 2024 mulai selepas maghrib. 

Malam ini menjadi malam yang sangat istimewa karena Allah SWT akan mengampuni segala dosa-dosa hambanya. Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh dan berbuat kebajikan. Selain meningkatkan amalan wajib, umat muslim dianjurkan untuk meningkatkan amalan sunah di malam ini. 

Berikut ada beberapa amalan saleh yang bisa ditingkatkan di malam nisfu syaban.

Perbanyak doa

Umat muslim sebaiknya memperbanyak berdoa kepada Allah SWT. Doa-doa yang dilantunkan dengan penuh keikhlasan dan harapan besar, berpeluang tinggi untuk dikabulkan. Malam nisfu syaban adalah salah satu waktu terbaik untuk memanjatkan doa. 

Adapun doa di malam nisfu syaban sebagai berikut. 

اَللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ   اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِيْ، وَاكْتُبْنِيْ عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ "يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ" وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَــالَمِيْنَ

Bacaan: Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu ‘alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in‘âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma’manal khâ’ifîn. Allâhumma in kunta katabtanî ‘indaka fî ummil kitâbi syaqiyyan aw mahrûman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullâhumma fî ummil kitâbi syaqâwatî wa hirmânî waqtitâra rizqî, waktubnî ‘indaka sa‘îdan marzûqan muwaffaqan lil khairât. Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitâbikal munzal ‘alâ lisâni nabiyyikal mursal, “yamhullâhu mâ yasyâ’u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitâb” wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil ‘alamîn.

Artinya: Wahai Tuhanku yang maha pemberi, Engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.”

“Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufik untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad saw dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah swt."

Perbanyak Syahadat

Memperbanyak syahadat sangat dianjurkan untuk dilakukan di malam nisfu syaban. Sejatinya tak hanya di malam ini saja, tapi juga di setiap waktu. 

Perbanyak Istighfar

Amalan selanjutnya adalah perbanyak istighfar. Dengan istighfar kepada Allah, ini akan memungkinkan siapapun diampuni dosa-dosanya. Dengan memperbanyak istighfar, ini akan membuat siapapun merasa lebih tenang, bahagia dan ikhlas menerima segala hal dalam hidupnya. Ini juga meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Sang Pencipta. 

Tingkatkan Amalan Sunah

Ada banyak amalan sunah yang bisa dilakukan di malam nisfu syaban. Mulai dari memperbanyak salah sunah termasuk salat malam, membaca al-quran, berdzikir dan sejenisnya. Semakin banyak amalan sunah yang dilakukan, akan semakin banyak pahala yang bisa didapat di malam nisfu syaban. 

Itulah sekilas mengenai malam nisfu syaban dan amalan yang bisa ditingkatkan umat muslim. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut malam nisfu syaban yang menandakan semakin dekatnya kita dengan bulan Ramadan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading