Sukses

Lifestyle

5 Tips Menjadi Orang Sukses Menurut Ilmu Psikologi

Fimela.com, Jakarta Tips menjadi orang sukses adalah salah satu topik yang paling banyak dicari. Bagaimana tidak? Hidup dalam kesuksesan merupakan impian semua orang. Akan tetapi, perlu diingat bahwa definisi sukses dapat berbeda-beda pada setiap individu. 

Ada yang ingin sukses dalam berbisnis, sukses sebagai career person hingga sukses dalam berumah tangga. Tak heran jika terdapat banyak pendapat yang berbeda terkait tips untuk menjadi orang sukses. Satu hal yang pasti, faktor kesuksesan itu sendiri tak dapat dipisahkan dari aspek psikologi yang mendorong motivasi untuk meraih goals. 

Lantas, bagaimana ilmu psikologi dapat membantumu dalam meraih kesuksesan? Penjelasan mengenai 5 tips menjadi orang sukses menurut ilmu psikologi dari laman Very Well Mind ini akan menjawab pertanyaanmu!

Konsisten dengan Growth Mindset

Seorang pakar psikologi bernama Carol Dweck berpendapat bahwa seseorang yang sukses pasti “memelihara” growth mindset, bukan fixed mindset. Orang dengan fixed mindset percaya bahwa hal-hal seperti kecerdasan itu bersifat statis alias tidak dapat diubah. Mereka cenderung percaya bahwa kesuksesan bukanlah hasil kerja keras, tetapi berasal dari bakat sejak lahir.

Sebaliknya, orang yang memiliki growth mindset merasa bahwa mereka dapat berubah, tumbuh, dan belajar melalui usaha untuk mencapai kesuksesan. Ketika keadaan berubah menjadi sulit, mereka mencari cara untuk meningkatkan keterampilan.

Mengasah Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional sendiri mengacu pada kemampuan manusia untuk memahami, memanfaatkan, dan bernalar dengan emosi. Orang yang cerdas secara emosional tidak hanya mampu memahami emosinya sendiri, tetapi juga emosi orang lain. Ia akan lebih mudah meraih kesuksesan karena keputusan-keputusan yang dibuatnya tidak hanya mengandalkan emosi sementara.

Mengembangkan Mental yang Tangguh

Ketangguhan mental mengacu pada ketangguhan untuk terus maju dan terus berusaha meski menghadapi rintangan. Seseorang dengan kekuatan mental melihat tantangan sebagai peluang. Mereka juga merasa memiliki kendali atas nasibnya sendiri, yakin dengan kemampuan mereka untuk sukses, dan berkomitmen untuk menyelesaikan apa yang mereka mulai.

Fokus pada Motivasi Diri Sendiri

Apakah yang menjadi motivasimu dalam meraih tujuan? Apakah kamu mengharapkan apresiasi dari orang lain atas tercapainya tujuanmu atau justru motivasi pribadilah yang membuat kamu tetap maju? Apapun itu, ingatlah bahwa jika kamu melakukan sesuatu karena kamu menganggapnya bermakna, maka kamu akan lebih tangguh untuk mewujudkannya.

Tetapkan Tujuan yang Achievable

Tips menjadi orang sukses terakhir adalah tetapkan tujuan yang jelas. Jangan asal menetapkan tujuan, tetapi pastikan bahwa tujuan yang kamu tetapkan merupakan goals yang achievable. Caranya, buat rencana tujuanmu sespesifik mungkin dan menyusun strategi untuk mewujudkannya.

Sahabat Fimela, perlu dipahami bahwa untuk mewujudkan goals, tidak cukup hanya dengan menerapkan 5 tips di atas, ya. Kamu juga harus menjadi pribadi yang pantang menyerah dalam meraih mimpimu menuju kesuksesan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading