Sukses

Lifestyle

Psikologi adalah Ilmu Tentang Observasi Perilaku Manusia, Ketahui Ragam Jenis Terapinya

Akhir-akhir ini masalah kesehatan mental sering menjadi bahan perbincangan. Ditambah dengan situasi pandemi, pasti yang dikhawatirkan tidak hanya kesehatan tubuh tetapi juga kesehatan mental. Urusan kesehatan mental merupakan istilah yang ada dalam ilmu psikologi.

Psikologi adalah segala yang berkaitan dengan manusia. Pikiran, perasaan, mental, dan tingkah lakunya. Menurut para ahli, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.

Praktis psikologi adalah memahami segala alasan dari tingkah laku manusia. Tak heran jika psikologi pasti berkaitan dengan mental dan pikiran. Mental dan pikiran inilah yang nantinya bisa membentuk kesejahteraan atau kehancuran bagi manusia.

Bidang kesehatan menyebut psikologi kesehatan sebagai solusi berbagai masalah psikologi. Mulai dari masalah psikis, mental, depresi, stres, frustasi, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas tentang psikologi. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Ilmu Psikologi Menurut Para Ahli

Dalam memahami ilmu psikologi, kamu bisa melihat definisinya dari sejumlah ahli, beberapa diantaranya ialah:

Bruno

Pengertian Psikologi adalah dibagi dalam tiga bagian, yaitu: Pertama, psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai “roh”. Kedua, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “kehidupan mental”. Ketiga, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.

Mussen

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia. Ilmunya tidak terbatas pada manusianya saja, tetapi juga pada perilaku yang dapat diamati. Mussen berpendapat seperti tokoh behaviorisme lainnya, yaitu Albert Bandura.

Orgel

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang disiplin ilmu pengetahuan yang bersifat empirik yang berdasarkan atas observasi dan penelitian eksperimental. Pokok pembahasannya adalah pada tingkah laku manusia.

Norman Munn

Psikologi adalah “ilmu mengenai perilaku”, tetapi hal yang menarik pengertian “perilaku” yang telah mengalami perkembangan sehingga sekarang ikut menangani hal yang pada masa lampau disebut pengalaman.

Hal-hal pribadi seperti proses-proses (subjektif) seperti berpikir, sekarang berhubungan dengan “perilaku dalam”.

Mayer Richard

Menurut Mayer psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang analisis proses mental pada manusia serta struktur daya ingat, atau bisa dikatakan sebuah “memori” untuk memahami perilaku atau tingkah laku manusia.

Seputar Psikologi

Menurut penjelasan para ahli, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia. Tentang tindakan manusia menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Ilmu ini berfokus pada manusia dan segala yang dilakukan oleh manusia.

Jika ditelisik lebih dalam lagi, psikologi adalah upaya mempelajari segala alasan dibalik tindakan manusia. Secara tidak langsung psikologi berkaitan pula dengan mental dan pikiran manusia, tidak hanya tingkah lakunya.

Praktis dari ilmu psikologi adalah berguna bagi kesejahteraan manusia. Mampu menguasai psikologi akan membuat manusia bertingkah laku sesuai dengan nalar dan pikiran yang benar. Dampaknya akan menyejahterakan karena segala solusi permasalahan hidup bisa didapat dengan alur berpikir dan tindakan yang tepat.

Salah satu aspek ilmu psikologi yang sangat berguna di dunia kesehatan adalah psikologi kesehatan. Psikologi kesehatan inilah yang selama ini digunakan untuk mengatasi segala persoalan psikologi. Mulai dari masalah psikis, mental, stres, frustasi, depresi, dan masih banyak lagi.

Ragam Jenis Terapi Psikologi

Biasanya psikolog memiliki jenis terapi tertentu yang digunakan untuk menangani klien atau pasiennya. Beberapa jenis terapinya ialah:

Seni

Dalam terapi seni, orang didorong untuk mengekspresikan diri secara kreatif dalam bentuk menggambar, melukis, membuat kolase, memahat dan media lainnya. Selama sesi terapi seni, yang sering digunakan untuk anak-anak asien dan terapis akan membuat karya seni untuk dibuat.

Terapis akan sering mengamati (tanpa penilaian) orang yang ia ciptakan. Setelah seni selesai, ahli terapi seni akan menganalisis warna, tekstur, dll, untuk nada emosional.

Terapi seni juga sering mencakup bentuk terapi kesehatan mental tradisional, seperti terapi bicara, dan proses menciptakan seni itu sendiri dikatakan memiliki banyak manfaat, terutama untuk anak-anak, termasuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan interpersonal dan strategi.

Psikoedukasi

Psikoedukasi mengacu pada proses memberikan pendidikan dan informasi kepada mereka yang mencari atau menerima layanan kesehatan mental, seperti orang yang didiagnosis dengan kondisi kesehatan mental dan anggota keluarga mereka.

Menurut Good Therapy, psikoedukasi adalah penting, karena banyak orang yang memiliki kondisi kesehatan mental tahu sedikit atau tidak sama sekali tentang kondisi mereka telah didiagnosis, apa yang mungkin mereka harapkan dari terapi atau efek positif dan negatif dari obat apa pun yang mungkin mereka miliki.

Psikoedukasi dapat berupa beberapa bentuk, termasuk kelas formal, kelompok pendukung atau terapis yang menjelaskan kepada pasien bagaimana masalah kesehatan mental mereka dapat mempengaruhi kehidupan mereka.

Perilaku Kognitif

Terapi perilaku kognitif adalah jenis perawatan psikoterapi yang membantu pasien memahami pikiran dan perasaan yang memengaruhi perilaku. Terapi ini umumnya digunakan untuk mengobati berbagai gangguan, termasuk fobia, kecanduan, depresi, dan kecemasan.

Tujuan terapi perilaku kognitif adalah untuk mengajarkan pasien bahwa sementara mereka tidak dapat mengendalikan setiap aspek dunia di sekitar mereka, mereka dapat mengendalikan bagaimana mereka menafsirkan dan menangani hal-hal di lingkungan mereka.

Terapi ini dapat dilakukan bersama terapis ahli secara personal maupun berkelompok. Terapi bisa dilakukan langsung secara tatap muka maupun melalui telepon atau panggilan video.

Keluarga

Terapi ini dikenal sebagai konseling pernikahan atau konseling keluarga. Anda akan mempelajari perilaku anggota keluarga serta melihat bagaimana pengaruhnya terhadap hubungan, baik itu dengan anggota keluarga lain atau secara keseluruhan.

Pada terapi ini, Anda akan menjalani sesi privat bersama terapis selama beberapa kali. Setelah itu, baru Anda dan pasangan, atau anggota keluarga lainnya menjalani sesi bersama.

Terapi ini dinilai efektif untuk mengatasi konflik antar pasangan ataupun dengan  anggota keluarga yang lain. Menurut sebuah studi, 70 persen pasangan yang memiliki konflik dan mengikuti terapi ini berhasil menyelesaikan masalahnya.

Interpersonal

Psikoterapi interpersonal biasanya digunakan untuk mengobati gangguan suasana hati, dengan tujuan utama adalah untuk meningkatkan hubungan seseorang dan interaksi sosial untuk membantu mengurangi tekanan yang dialami.

Terapi Interpersonal yang dianggap sebagai bentuk terapi yang lebih baru, juga telah terbukti efektif untuk orang yang mengalami kesusahan dari peristiwa kehidupan tertentu, seperti bergerak, bercerai, kematian orang yang dicintai atau pensiun.

Terapi interpersonal biasanya berlangsung 12 hingga 16 minggu. Sesi mungkin melibatkan interaksi bermain peran yang terjadi di luar untuk melihat bagaimana seseorang dapat menangani berbagai hal secara berbeda atau lebih efektif. Sesi kelompok juga umum di IPT, karena orang dapat mempraktikkan keterampilan interpersonal mereka di lingkungan yang aman dan asuh.

Hipnoterapi

Hipnoterapi sering digunakan bersama dengan bentuk lain dari terapi kesehatan mental dan biasanya digunakan untuk membantu seseorang menangani perilaku tertentu, seperti merokok, susah tidur, fobia, dan disfungsi seksual. Hipnoterapi bekerja dengan cara menghambat bagian otak.

Dalam sesi hipnoterapi yang khas, seseorang menutup mata mereka dan dibantu untuk rileks. Penghipnotis kemudian memberikan saran dan membimbing imajinasi orang tersebut. Hipnosis juga dapat mengurangi stres dan kecemasan dengan mengaktifkan respons relaksasi sistem saraf parasimpatis.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading