Sukses

Lifestyle

6 Hack Belajar Cepat dengan Metode Mnemonic, Solusi Efektif untuk Persiapan Ujian

Fimela.com, Jakarta Mnemonic adalah alat untuk membantu seseorang mengingat informasi kompleks dengan mengaitkannya dengan lagu, frasa, sajak, atau gambar yang mudah diingat. Teknik ini membantu Sahabat Fimela mengasosiasikan informasi baru dengan sesuatu yang familiar, sehingga lebih mudah diingat.

Mnemonic bekerja dengan menerjemahkan informasi yang kompleks dan abstrak, biasanya sulit untuk dihafal, ke dalam bentuk yang lebih sederhana sehingga seseorang dapat menghafal dan mengingatnya dengan lebih mudah. Tujuan dari teknik mnemonic adalah membuat fakta-fakta abstrak menjadi konkret sehingga melekat di otak manusia.

Mnemonic berguna dalam mengoptimalkan waktu belajar dan mencapai tujuan pembelajaran lebih mudah dengan waktu yang lebih cepat. Nah, inilah 6 teknik yang bisa dijadikan hack belajar cepat dengan metode mnemonic.

1. Akrostik

Akrostik adalah penggunaan setiap huruf pertama atau suku kata pertama yang digabungkan menjadi suatu kalimat. Akrostik tidak harus selalu menggunakan huruf pertama dan juga tidak selalu menghasilkan singkatan dalam bentuk kata atau frasa. Akrostik juga menggunakan huruf kunci untuk membuat konsep abstrak menjadi lebih konkrit sehingga lebih mudah diingat.

Contoh: pemakaian akrostik adalah warna pelangi MEJIKUHIBINIU (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu).

2. Akronim

Akronim berarti membuat kependekan atau singkatan dari suatu kelompok kata atau kalimat menjadi kata baru yang lebih mudah. Dengan akronim, berarti membentuk kata yang memerlukan imajinasi.

Contoh: jenis-jenis pengungkit (Jika yang di tengah Titik Tumpu, maka itu Tuas Jenis 1. Jika yang ditengah Titik Beban, maka itu Tuas Jenis 2, dan jika yang di tengah Titik Kuasa, maka itu Jenis 3. Semua itu dapat diingat dengan akronim T1B2K3).

3. Teknik loci

Loci merupakan teknik mnemonic yang dilakukan dengan cara mengasosiasikan benda-benda di lokasi yang dikenal dengan hal-hal yang ingin seseorang ingat.

Contoh: untuk memicu ingatan anak agar mudah mengingat urut-urutan alat pencernaan manusia mulai awal sampai akhir, kita bisa mengasosiasikan dengan ruangan kelas. Apa saja yang terjadi di mulut kita asosiasikan dengan memasuki ruang kelas 1; di kerongkongan kita asosiasikan masuk ruang kelas 2; di lambung kita asosiasikan ruang kelas 3, dan seterusnya sampai terakhir di anus kita asosiasikan masuk ruang kelas 6.

4. Rima dan lagu

Sebagai orangtua terkadang geleng-geleng kepala ketika melihat anak yang diminta mengingat pelajaran sulitnya minta ampun. Namun, begitu menyanyikan lagu menjadi lancar. Itu karena ada nada dari apa yang ia hafal. Rima dan lagu merupakan salah satu teknik mnemonic yang sangat baik digunakan. Warna nada dan lagu akan membantu memaksimalkan proses ingatan, dan masuk ke dalam memori audio seseorang.

Misalnya untuk menghafal nama-nama hari atau alfabet, biasa menggunakan lagu “Twinkle,Twinkle, Little Star.” Selain itu kita juga bisa mengubah isi materi yang kita ajar menjadi bait-bait yang dinyanyikan dengan nada lagu tertentu.

5. Chungking (pemotongan)

Teknik chunking sangat tepat digunakan untuk mengingat angka atau bilangan. Jangankan anak, orang dewasa pun kesulitan mengingat angka yang jumlahnya banyak, seperti nomor telepon. Ini wajar, karena memori otak manusia memiliki kapasitas yang begitu terbatas. Nah disinilah perlunya dilakukan pemotongan terhadap deretan angka-angka itu.

Misalnya untuk menghafal angka 085655746808, lebih mudah bila dipotong menjadi 085-655-74-68-08.

6. Sitem kata penanda

Sistem kata penanda berarti dengan mengaitkan atau menghubungkan satu kata dengan kata lain melalui sebuah aksi atau gambaran menggunakan objek nyata. Sistem kata penanda sangat baik utnuk membantu mengingat rumus-rumus matematika, fisika, atau kimia. Bahkan jika kata penanda itu dibuat unik, meski kurang nyambung, justru akan lebih mempermudah proses mengingat dan menahannya dalam waktu lama.

Misalnya menghafal unsur periodik kimia, Be–Mg–Ca–Sr–Ba–Ra

Beli Mangga Campur Sirup Banyak Rasa

Bebek Mangan Cacing Seret Banget Rasane

Beli Mangga Cari Sirsak Bawa Rambutan

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading