Sukses

Lifestyle

10 Kebiasaan yang Membantu Meningkatkan Perasaan Bahagia di Hati

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin hidup bahagia? Bisa dipastikan bahwa semua orang ingin merasakan kebahagiaan yang sempurna di hidupnya. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bahagia. Beragam kebiasaan sehari-hari, kebahagiaan sesungguhnya bisa dicari dan dinikmati. 

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa membantu meningkatkan perasaan bahagia di hati. Kebiasaan ini juga bisa menurunkan risiko stres secara perlahan.

Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih pagi memberimu waktu tambahan untuk mempersiapkan diri tanpa terburu-buru. Memulai hari dengan tenang, akan cukup membantu mengurangi stres. Ini bahkan bisa meningkatkan produktivitas.

Miliki Aktivitas Fisik Cukup

Berolahraga atau beraktivitas fisik setiap hari, bisa meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh. Ini juga dikenal sebagai "hormon kebahagiaan". Terbiasa melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki, akan cukup memberikan dorongan demi dapatkan suasana hati yang lebih baik.

Bersyukur

Pastikan untuk senantiasa bersyukur setiap harinya. Mensyukuri apa yang kamu punya selama ini, tak hanya bikin suasana hati lebih bahagia. Ini juga meningkatkan kesabaran dan semangatmu dalam menjalani hari yang bisa jadi lebih berat esok hari. 

Berteman dengan Orang yang Positif

Lingkungan sosial memiliki dampak besar pada kesejahteraan emosional kita. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang positif, bisa membantu kita meningkatkan mood. Ini juga memungkinkan kita memiliki pemikiran positif, semangat dan bahagia. Sebaliknya, berteman dengan orang yang kerap berpikir negatif, cenderung menularkan hal yang sama.

Meditasi

Praktik meditasi dan kegiatan yang mengarah pada kedamaian batin seperti yoga atau jalan-jalan di alam, akan membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kesadaran diri. Meditasi juga bisa dilakukan dengan lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta melalui ibadah yang lebih giat lagi. 

Mengembangkan Keterampilan Kreatif

Melukis, menulis, atau melakukan kegiatan kreatif lainnya juga bisa meningkatkan kebahagiaan di hati. Ini bisa menjadi outlet ekspresi diri yang membangun perasaan puas.

Berbagi dengan Orang Lain

Meluangkan waktu untuk membantu orang lain atau melakukan tindakan kebaikan, bisa memberikan rasa bahagia yang mendalam. Menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri sendiri, akan memberikan makna yang dalam dalam hidup. Berbagi dengan orang lain dan menciptakan kebahagiaan padanya, akan membantu kita merasakan kabahagiaan yang sama. 

Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga dan Teman

Hubungan yang sehat dengan keluarga dan teman-teman sangat penting bagi kebahagiaan. Menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang yang dicintai, akan memberikan dukungan emosional. Ini meningkatkan rasa bahagia dan damai di hati.

Memelihara Keseimbangan Antara Kerja - Hidup

Menetapkan batas yang sehat antara pekerjaan dan waktu pribadi sangatlah penting. Memiliki waktu untuk bersantai dan menikmati hobi di luar pekerjaan, bisa jadi sangat membantu menjaga keseimbangan. Ini juga meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan dalam diri. 

Menjaga Kesehatan Mental

Merawat kesehatan mental sama pentingnya dengan merawat kesehatan fisik. Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika kamu merasa kesulitan mengatasi masalah emosional atau mental. Salah satu kunci utama perasaan bahagia adalah mental yang sehat. 

Jangan lupa untuk menerapkan kebiasaan di atas jika ingin mendapatkan kebahagiaan hidup yang lebih baik. Bahagia tidaknya kamu, itu semua tergantung pada dirimu sendiri. Kamu yang berhak menentukan hatimu patut bahagia atau sebaliknya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading