Sukses

Lifestyle

8 Tokoh yang Memperjuangkan Penolakan Penindasan Perempuan di Dunia Politik, Siapa Saja?

Fimela.com, Jakarta Upaya penolakan terhadap penindasan terhadap wanita merupakan bagian penting dari gerakan Hak Asasi Manusia (HAM). Dalam berbagai konteks, seruan untuk melawan segala bentuk penindasan dan perlindungan hak serta wanita menjadi sorotan utama

Di Indonesia, budaya patriarki masih meresap kuat dalam masyarakat, yang menyebabkan kaum wanita seringkali mendapatkan perlakuan tidak adil dalam berbagai aspek kehidupan. Penolakan terhadap penindasan wanita juga tercermin dalam upaya pendampingan hukum terhadap kasus kekerasan terhadap perempuan dan bentuk-bentuk penindasan lainnya.

Di bawah ini, adalah 8 tokoh wanita yang memperjuangkan penolakan penindasan di dunia politik, siapa saja ya?

1. Sejourner Truth

Sejourner Truth lahir pada tahun 1979 dan wafat di tahun 1883. Sejourner Truth adalah seorang abolisionis yang tanpa rasa takut memperjuangkan kesetaraan gender dan ras. Meskipun ia dilahirkan dalam perbudakan, Truth melarikan diri menuju kebebasan bersama putrinya yang masih kecil ketika ia berusia 29 tahun.

Pada tahun 1828, ia menjadi wanita kulit hitam pertama yang memenangkan pertarungan hak asuh melawan pria kulit putih, dan mampu memulihkan putranya dari perbudakan. Pada Ohio Women's Rights Convention tahun 1851, Truth menyampaikan pidato berjudul "Ain't I a Woman?" yang menggugah hati dan diceritakan secara luas selama era Perang Saudara.

Truth merekrut pasukan Kulit Hitam untuk Union Army dan berusaha mendapatkan hibah tanah untuk mantan budak setelah penghapusan. Pada tahun 1860-an, ia sering mempromosikan desegregasi dan memprotes rasisme pada khalayak publuk di Washington DC. Usahanya diakui oleh Presiden Abraham Lincoln, yang mengundangnya ke Gedung Putih pada tahun 1864.

2. Frida Kahlo

Frida Kahlo lahir di Coyoacàn, Meksiko pada tahun 1907. Untuk menunjukkan dukungan kuatnya terhadap Revolusi Meksiko, Frida kemudian mengklaim tanggal lahirnya tiga tahun kemudian, sehingga orang akan "menghubungkannya" dengan revolusi. 

Seniman tersebut menggunakan karyanya untuk menggambarkan topik-topik tabu seperti aborsi, keguguran, kelahiran, dan menyusui, dan lain-lain. Kahlo pernah berkata, "Saya tidak pernah melukis mimpi. Saya melukis realitas saya sendiri," memberikan gambaran yang jujur ​​tentang seperti apa kehidupan, terutama bagi perempuan. 

3. Raden Adjeng Kartini

Raden Adjeng Kartini atau lebih sering disebut Kartini, lahir pada 21 April 1879. Kartini merupakan seorang pejuang kemerdekaan Indonesia dan kedudukan kaumnya pada saat itu, terutama wanita Jawa.

Kartini memimpin perjuangan untuk kesetaraan hak antara pria dan wanita, terutama dalam bidang pendidikan, sejak tahun 1908. Perjuangan beliau telah membuka jalan bagi kesetaraan gender di Indonesia, yang terus diperjuangkan oleh aktivis gender dan organisasi wanita hingga saat ini.

Kartini telah menentang diskriminasi, dan mendorong wanira untuk berkarya tanpa terkungkung oleh stereotip gender. Perjuangannya memberikan makna kuat bagi wanita modern, seperti mendapatkan kesetaraan dalam hak pendidikan, kesempatan untuk berkarya, dan mendorong percaya diri wanita dalam berkarir

4. Simone de Beauvoir

Lahir di Paris pada tahun 1908, Simone de Beauvoir adalah seorang filsuf dan penulis Perancis yang blak-blakan.

Karyanya yang paling berpengaruh, "The Second Sex" ditulis pada tahun 1949 dan membahas seputar feminisme modern. Dalam buku tersebut, dia mengartikulasikan serangan yang bijaksana terhadap gagasan bahwa perempuan memiliki peran pasif, dan mengkritik patriarki. Namun, buku tersebut dilarang oleh Vatikan dan hal itu tidak menghentikan Beauvoir untuk terus memperjuangkan kesetaraan. 

Pada tahun 1970, Beauvoir membantu meluncurkan "French Women's Liberation Movement" dengan menandatangani Manifesto 343, yang mendukung hak aborsi. Beauvoir berpartisipasi dalam demonstrasi sepanjang tahun 1970-an, serta terus menulis dan memberi pengajaran tentang situasi wanita di masa tersebut.

5. Dolores Huerta

Dolores Huerta adalah pemimpin dan aktivis buruh Meksiko-Amerika, dan merupakan pendiri "United Farm Workers of America" yang lahir pada tahun 1930. Huerta memainkan peranan penting dalam organisasi pemogokan anggur Delano tahun 1965.

Ia berjuang, dan masih memperjuangkan, hak-hak pekerja, hak-hak imigran, dan hak-hak perempuan. Huerta telah dianugerahi banyak penghargaan sepanjang karirnya di bidang aktivisme, dan pada tahun 2012 menerima Penghargaan "Eleanor Roosevelt" untuk Hak Asasi Manusia.

6. Gloria Steinem

Seorang aktivis sosial dan jurnalis, Gloria Steinem adalah pemimpin terkemuka gerakan feminis pada tahun 1960-an dan 1970-an, dan terus memainkan peran penting dalam perjuangan feminis hingga saat ini. Seorang feminis radikal yang menggambarkan dirinya sendiri, Steinem membantu meluncurkan "Ms." majalah pada tahun 1970-an, publikasi pertama yang berfokus pada feminis saat itu.  

Steinem bukannya tanpa kontroversi: Dia menghadapi kritik luas dari komunitas LGBTQ pada akhir tahun 1970-an karena ketidaksetujuannya terhadap operasi penggantian kelamin pemain tenis terkenal, Renee Richards. Steinem kemudian mengklarifikasi bahwa pernyataannya muncul pada saat masih sedikit orang yang mengetahui pengalaman transgender.

7. Ida B. Wells

Ida B. Wells adalah seorang jurnalis dan pendidik Afrika-Amerika yang juga merupakan pemimpin awal hak-hak sipil. Wells adalah salah satu anggota pendiri National Association for the Advancement of Colored People (NAACP).

Mirip dengan Sojourner Truth, Wells dilahirkan dalam perbudakan. Kemudian dibebaskan melalui Proklamasi Emansipasi, ia kehilangan sebagian besar keluarganya karena penyakit kuning ketika ia baru berusia 16 tahun.

Wells menghabiskan sebagian besar hidupnya bekerja sebagai guru dan reporter investigasi, mendokumentasikan hukuman mati tanpa pengadilan dan kekerasan rasial di Amerika Serikat pada akhir tahun 1800-an dan awal tahun 1900-an. Ia bahkan bepergian ke luar negeri , memberi tahu orang lain tentang apa yang terjadi di Amerika Serikat, meskipun Wells sering dijauhi atau diabaikan. 

8. Roxane Gay

Roxane Gay adalah seorang penulis, profesor, dan editor Haiti-Amerika. Pada tahun 2014, ia menerbitkan buku terlaris New York Times "Bad Feminist", kumpulan esai tentang gender, seksualitas, ras, dan politik. Katanya, "Itu hanya menunjukkan bagaimana rasanya menjalani dunia sebagai seorang wanita".

Pada tahun 2017, Gay merilis buku "Hunger" sebuah eksplorasi tentang pendidikan dan hubungannya dengan segala hal mulai dari berat badan, citra tubuh, hingga makanan. Sebagian besar karya Gay dimaksudkan untuk mendekonstruksi tema-tema yang merugikan dan meminggirkan feminisme arus utama. Gay juga merupakan pendukung besar dalam menentang budaya pemerkosaan dan memberdayakan perempuan yang telah mengalami pengalaman menyakitkan.

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading